Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
20 Rekomendasi Makanan Khas Sukabumi yang Enak dan Lezat
27 Februari 2021
makanan khas sukabumi

Sebagai salah satu daerah yang ada di Jawa Barat, Sukabumi memiliki kekayaan kuliner khas Sunda yang lezat dan wajib dicicipi. 

Bagi Anda yang sedang berlibur di daerah ini, maka sebaiknya mencoba 20 makanan khas Sukabumi yang menggugah selera. Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Tutug Oncom 

Tutug Oncom menjadi salah satu kuliner primadona Sukabumi. Bagaimana tidak, sebab makanan ini hanya bisa ditemukan di daerah ini saja. Seporsi Nasi Tutug Oncom terdiri dari nasi, ayam, lalapan, dan sambal khas Jawa Barat. 

2. Geco 

Selain Tutug Oncom, kuliner unik yang bisa Anda coba di Sukabumi yaitu Geco atau Tauge Tauco. Seperti namanya makan ini disajikan bersama dengan tauge, saus khas tauco, irisan lontong, tahu, dan krupuk. 

Bagi Anda yang ingin mencicipi sajian ini, maka tidak usah khawatir. Geco banyak dijual oleh pegang kaki lima sebagai menu sarapan pagi. Selain itu, Anda bisa menyantapnya secara fresh langsung di tempat atau dibungkus sesuai selera yang diinginkan. 

3. Nasi Uduk Ungu

Kuliner khas Sukabumi yang wajib Anda coba selanjutnya yaitu Nasi Uduk Ungu. Keunikan hidangan ini bisa dilihat dari warna nasinya yang berwarna ungu. Warna khas ini berasal dari buah bit yang digunakan sebagai bahan pewarna alami.

Satu porsi Nasi Uduk Ungu Ini terdiri dari beberapa lauk pauk yang lezat. Misalnya saja, ayam goreng, telur dadar, tahu, tempe, lalapan, sambal, dan taburan bawang goreng. 

4. Bubur Ayam Bu Nut 

Bubur Ayam Bu Nut menjadi makanan yang direkomendasikan untuk dicoba ketika berada di Sukabumi. Rasa khas bubur ayam ini terdapat dari siraman kuah kentalnya. 

Ciri khas lainnya adalah Bubur Ayam ini disajikan dengan tambahan jeroan ayam, emping dan bawang goreng. 

5. Loer Daging 

Hidangan khas selanjutnya yang harus Anda coba yaitu Loer Daging. Makanan ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan tekstur semur, tetapi memakai daging dari bagian pipi sapi. 

Cita rasa yang dihasilkan kuliner khas dari Sukabumi ini yaitu pedas dan manis. Kuliner ini diolah dengan berbagai macam rempah rempah khas yang begitu menggoyang lidah. 

Baca juga: 30 Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Terkenal Rasanya

6. Pepes Ikan

Pepes Ikan menjadi kuliner selanjutnya yang harus Anda cicipi ketika di Sukabumi. Pepes ikan yang ada di daerah ini diolah dengan cara khusus, sehingga duri ikan menjadi lunak. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi direpotkan untuk menyantapnya. 

7. Sate Aci 

Sate Aci terbuat dari tepung kanji atau aci yang dibentuk sedemikian rupa, lalu ditusuk dengan batang lidi. 

Setelah itu, kuliner ini dibakar di atas arang hingga matang. Untuk penyajiannya, sate ini disiram dengan bumbu kacang dan kecap.

Bagi Anda yang ingin mencoba salah satu kuliner yang masuk dalam daftar 20 makanan khas Sukabumi, tidak usah khawatir akan kesusahan menemukannya. Sebab, hampir di seluruh wilayah Sukabumi ada banyak penjual yang menjajakan Sate Aci. 

8. Nasi Bakar

Makanan yang satu ini merupakan suguhan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Kemudian, sebelum disajikan akan melalui proses bakaran terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat kuliner khas Sukabumi digandrungi banyak orang.  

Ketika ingin menyantapnya, Anda harus membuka satu persatu bungkusnya terlebih dahulu. Biasanya, Nasi Bakar akan disajikan dengan ati ampela, ayam suwir, dan teri. Sebagai pelengkapnya, nasi bakar diberi taburan bawang goreng. 

9. Bandros 

Bandros terbuat dari bahan dasar tepung terigu, mentega, gula, telur, dan kelapa parut. Cita rasanya lembut dan juga gurih. 

Menariknya, Anda tidak hanya bisa memesan rasa original saja, ada juga varian lezat lainnya, seperti strawberry, keju, dan vanilla. 

10. Kuliner Odeon

Kuliner unik selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika di Sukabumi yaitu Odeon. 

Makanan ini sejenis bubur yang disajikan dengan siraman kuah khas, kentang, sayuran, kerupuk pangsit dan sambal 

11. Surabi Sukabumi 

Apabila Anda sedang mencari menu untuk sarapan yang hangat hangat, maka sebaiknya memilih Surabi. 

Sebagai satu kuliner yang masuk daftar makanan khas Sukabumi, tersedia berbagai macam jenis Serabi yang bisa dicicipi. Yang paling khas dari varian rasa Surabi yaitu Oncom dan Durian. 

12. Mochi

Kue Mochi menjadi kudapan manis yang harus dicicipi ketika berada di Sukabumi. Cita rasanya begitu khas dan kenyal karena terbuat dari tepung ketan, tepung tapioka, gula, serta kacang tanah. 

13. Sekoteng Singapore 

Bagi Anda yang ingin mencoba sajian untuk menghangatkan tubuh ketika di Sukabumi, maka jangan sampai lewatkan Sekoteng Singapura. 

Menu ini terbuat dari kuah jahe dengan isian kacang hijau, kolang kaling, pacar cina, dan beberapa jenis kacang kacangan. 

Baca juga: 7 Tempat Bermain Anak di Bandung Untuk Wisata Edukasi Seru

14. Kue Jahe

Tidak hanya minuman saja yang bisa diolah dengan bahan jahe, melainkan makanan pun juga dapat dijumpai. 

Di Sukabumi Anda bisa mencicipi camilan lezat bernama kue jahe. Kudapan ini memiliki komposisi rasa unik yaitu manis, gurih, dan pedas. 

15. Mie Goreng Sukabumi

Tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner legendaris Sukabumi. Mie Goreng Sukabumi ini menjadi salah satu tempat makan yang sudah buka sejak tahun 70 an. Rasanya tetap nikmat dan lezat karena resepnya digunakan secara turun menurun. 

16. Bolu Pisang

Di Sukabumi, pisang juga diolah menjadi kuliner yang membuat Anda ketagihan. Salah satu kue khas yang masuk dalam daftar 20 makanan khas Sukabumi yaitu Bolu Pisang. Cita rasanya manis dan gurih dengan taburan toping di atasnya. 

17. Roti Priangan 

Roti Priangan menjadi kuliner yang paling banyak diburu oleh wisatawan dari luar daerah. Sebab, makanan ini sudah ada sejak tahun 70an dan rasanya masih tetap sama di setiap gigitannya. 

18. Pisang Coklat Cakra 

Menu selanjutnya yang wajib dicicipi yaitu Pisang Coklat Cakra. Kudapan manis ini hadir dalam beberapa pilihan rasa, seperti coklat keju, strawberry, kacang, dan lain sebagainya. Coklat yang begitu lumer di mulut, dijamin membuat Anda ketagihan mencobanya. 

19. Ciuk 

Bagi Anda yang bukan orang Sunda tentu akan bertanya tanya dengan makanan Ciuk. Makanan ini juga sering disebut dengan cilung atau aci bawang karena pembuatannya dari tepung kanji. 

Cita rasanya gurih dan serupa dengan gorengan. Ciuk akan disajikan selagi hangat hangat setelah digoreng. Hal inilah yang membuat Ciuk cocok dijadikan santapan ketika sore hari atau sedang hujan. 

20. Coklat Unaichoco

Jika Anda ingin membawa kuliner khas Sukabumi menjadi oleh oleh, maka sebaiknya membeli coklat Unaichoco. Coklat ini menjadi salah satu 20 makanan khas Sukabumi yang paling nikmat dan legit ketika disantap karena diolah dengan teknik khusus. 

Itulah beberapa informasi mengenai sajian lezat dan khas yang ada di daerah Sukabumi. Ada berbagai macam kuliner yang bisa Anda cicipi, mulai dari makanan utama, kudapan manis, hingga camilan gurih ketika berada di kota ini. 

Baca juga: Paling Populer! Ini 30 Menu Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor