Logo Daihatsu
Menu

3 Fungsi Sekring Mobil, Jenis, dan Cara Kerjanya

Otomotif

2022-11-22

fungsi sekring mobil, jenis, dan cara kerjanya

Fungsi utama sekring pada mobil sangatlah krusial terutama pada sistem kelistrikan mobil. Komponen ini bertanggung jawab mencegah risiko kerusakan komponen-komponen yang berada pada sistem kelistrikan mobil terutama saat korsleting.

Meski sekring memiliki fungsi yang penting, tidak semua orang memahami komponen ini secara mendalam. Agar Anda lebih memahaminya, perhatikan ulasan mengenai jenis sekring, fungsi dan cara kerjanya.

Fungsi Sekring pada Mobil

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sekring mobil memiliki peran penting terhadap sistem kelistrikan mobil terutama soal keamanan.

Berikut beberapa fungsi utama dari sekring mobil antara lain :

  1. Memutus hubungan arus listrik ketika sistem kelistrikan mobil mengalami hubungan arus pendek. Baik yang disebabkan oleh kelebihan arus listrik atau faktor lainnya.
  2. Komponen yang berfungsi sebagai pengamanan sistem kelistrikan mobil sehingga semua komponen di dalamnya selalu aman.
  3. Mencegah risiko terjadinya kebakaran pada sistem kelistrikan mobil ketika terjadi korsleting.

Baca Juga : Penyebab Sekring Mobil Meleleh

Jenis-Jenis Sekring Mobil

Di dalam mobil, sekring terbagi atas beberapa jenis dan pada setiap jenisnya memiliki pengaruh terhadap fungsi yang akan diberikan. Agar Anda tidak penasaran, perhatikan jenis-jenis sekring mobil berikut.

1. Glass Cartridge

Sekring jenis ini memiliki bentuk seperti tabung dengan ujung logam dan berdinding kaca transparan. Pada ujung sekring tersebut terdapat muatan arus dan kode sekring khusus yang berfungsi sebagai informasi ketika ingin melakukan penggantian sekring. Jenis sekring ini sering digunakan oleh mobil-mobil tua karena diklaim lebih tahan banting dan awet.

2. Blade

Sekring jenis ini mirip dengan kepala charger HP, dengan bodi plastik dan ujung logam. Bodi dari sekring ini terdiri dari aneka warna yang berfungsi sebagai petunjuk kapasitas arus listrik yang dibutuhkan.

Pemakaian sekring jenis ini biasanya digunakan oleh mobil keluaran tahun terbaru. Cara menggunakannya sama seperti saat Anda sedang men-charge HP.

3. Model batu

Sekring jenis ini berbentuk tabung layaknya sekring jenis glass cartridge. Namun, pada jenis ini tidak berdinding kaca transparan dan terbuat dari plastik. Jenis sekring ini bisa Anda temui pada mobil-mobil mewah buatan Eropa seperti BMW dan Mercedes Benz.

4. Model Fusible Link

Sekring jenis ini memiliki bentuk yang cukup unik yaitu berbentuk seperti kabel dengan strip logam. Kedua strip logam tersebut disolder secara bersamaan agar saat terjadi korsleting listrik bagian tersebut cepat meleleh.

Bentuk yang unik tersebut sengaja dirancang untuk meminimalkan risiko kerusakan komponen di dalam sistem kelistrikan mobil ketika korsleting.

5. Model Yazaki

Model fusible link merupakan cikal bakal terciptanya sekring jenis Yazaki atau BFT (Battery Fuse Terminal). Pada sekring jenis ini, desain yang dimiliki terbilang lebih sempurna. Desain tersebut dirancang agar sekring dapat melindungi aki mobil lebih baik lagi. 

Baca Juga : Tips Memasang Sekring Agar Modifikasi Audio Mobil Makin Aman

Cara Kerja Sekring Mobil

Setelah Anda mengetahui fungsi dan jenis sekring mobil, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara kerjanya. Berikut cara kerja sekring mobil yang perlu Anda ketahui.

Tegangan arus listrik pada sistem kelistrikan mobil bergantung pada generasi mobil yang digunakan. Pada mobil tua biasanya memiliki tegangan arus listrik sebesar 6 Volt. Sedangkan pada mobil-mobil mobil tegangan arus listrik yang dimiliki sebesar 12-24 Volt. 

Letak pemasangan sekring pada mobil dikelompokkan berdasarkan rangkaiannya, misal rangkaian pada sistem pengapian, rangkaian lampu mobil, dan sebagainya.

Sekring memiliki cara kerja layaknya sensor otomatis pada mobil. Apabila muatan arus listrik bermasalah atau terlalu tinggi maka otomatis arus tersebut akan dipotong oleh sekring. Hasilnya komponen kelistrikan dalam mobil tidak akan rusak dan terbakar. 

Mengingat fungsi sekring yang begitu krusial, Anda perlu mengecek komponen ini secara rutin. Agar performa mobil selalu optimal, lakukan perawatan mobil secara menyeluruh di dealer Daihatsu terdekat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengulas Cara Kerja Rem Hidrolik pada Kendaraan dan Komponennya

2020-11-23

Sebuah moda transportasi pasti hampa rasanya jika tidak dilengkapi dengan rem. Dalam dunia otomotif, rem dikenal sebagai komponen penting kendaraan yang berfungsi untuk

thumbnail

Kelebihan Cuci Mobil Premium Dibandingkan Cuci Mobil Biasa

2022-05-27

Salah satu opsi perawatan ekstra pada mobil yaitu cuci mobil premium atau premium car wash. Ini biasanya disediakan oleh workshop car detailing yang tentunya mema

thumbnail

Inilah Cara Kerja Airbag Mobil Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

2020-12-15

Mengetahui cara kerja airbag mobil adalah hal yang akan membuat Sahabat menyadari betapa berartinya airbag pada mobil. Utamanya, bagi keselamatan Sahabat selaku pemilik

thumbnail

Serba-Serbi Ban Tubeless, Mulai dari Fungsi, Kelebihan, hingga Rekomendasi Produknya

2021-02-01

Salah satu jenis ban yang lazim dipakai pada mobil adalah ban tubeless. Ban satu ini punya ciri khas berupa lapisan fluid sealant yang ada di bagian dalamnya. Lapisan te