Logo Daihatsu
Menu

3 Penyebab Aki Mobil Cepat Panas

Otomotif

2021-01-14

penyebab aki mobil panas

Aki mobil berfungsi untuk menyimpan arus listrik yang nantinya digunakan untuk menyuplai sistem starter, pengapian, dan sistem kelistrikan mobil. Komponen aki ini juga bisa mengalami masalah, contohnya aki mobil mudah panas dan membuatnya menggelembung. Apa penyebab aki mobil panas? Berikut penjelasannya.

1. Short Antar Plat di Dalam Aki

Salah satu penyebab aki mobil menjadi panas yaitu terjadinya hubungan short antar plat di dalam aki itu sendiri. Setiap sel aki pada mobil memiliki 2 lempeng elektroda, yaitu positif dan negatif, di dalamnya. 

Di antara lempeng lempeng ini ada isolator, di mana fungsinya yaitu sebagai pemisah antara plat yang satu dengan plat lainnya. Apabila aki digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka plat plat yang ada di dalamnya akan mengalami perubahan pada bentuknya. 

Plat plat ini menjadi melengkung, kemudian air aki juga akan menimbulkan deposit serta endapan. Plat yang melengkung dan endapan tersebut bisa membuat accu menjadi short atau terjadinya hubungan singkat.

Penyebab aki mobil panas terjadi karena short, yang membuat air aki menjadi mendidih. Sehingga body aki mobil menjadi terasa panas ketika disentuh. 

Keadaan aki yang terlampau panas tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena bisa membuatnya menggelembung dan rusak sehingga mobil akan bermasalah ketika distarter.

Baca juga: Kendaraan Tidak Mau Menyala, Berikut Cara Memperbaiki Bendik Stater Mobil

2. Menggunakan Air Aki yang Tidak Sesuai

Penyebab utama dari short yaitu penggunaan air aki yang tidak sesuai akan mempercepat tingkat kerusakan elemen di dalam aki itu sendiri. Misalnya Anda menggunakan air mineral biasa untuk menambahkan air aki yang hampir habis. 

Tentu hal ini tidak sesuai, sehingga menyebabkan reaksi kimia yang seharusnya tidak terjadi seperti short yang merupakan penyebab aki mobil panas. Sebab tingkat keasaman serta berat jenis di dalam air aki menjadi berubah.

3. Pengisian Listrik Berlebihan

Penyebab lainnya yang mengakibatkan aki menjadi panas yaitu over change (pengisian listrik yang berlebihan). Over change biasanya banyak terjadi karena IC regulator dalam alternator mengalami masalah. 

Umumnya tegangan pengisian aki normal antara 12,7 volt hingga 14 volt. Namun bila IC regulator bermasalah, pengisian bisa di bawah atau di atas angka tersebut.

Apabila pengisian tegangan di bawah 12 volt, maka efeknya yaitu aki mobil kehabisan daya listrik atau cepat tekor. 

Sebaliknya apabila pengisian abnormal di atas 14 volt, maka akan muncul lebih banyak gelembung udara, serta meningkatnya tekanan dan suhu panas di dalam aki. Ini menjadi salah satu penyebab aki mobil panas yang banyak terjadi.

Anda tidak boleh membiarkan kondisi kondisi di atas terus terjadi, sebab akan berpengaruh pada usia aki itu sendiri. Jika aki sudah menggelembung, rusak, atau soak, alhasil akan merepotkan Anda. 

Sebab aki yang soak bisa merembet ke banyak komponen lainnya, misalnya kontrol elektronik sistem, ECM, dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengetahui Kerusakan Aki Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

PPKM Lagi, Selalu Cek dan Rawat Komponen Mobil Berikut Ini

2021-08-31

Di kala pandemi saat ini sudah pasti dianjurkan untuk tetap di rumah saja. Dengan begitu mobil Anda tentu tidak terpakai sementara. Namun Anda harus memastikan bahwa kom

thumbnail

Info Tarif Tol Cisumdawu, Cileunyi-Dawuan Ini Besarannya!

2023-11-21

Tahukah Anda bahwa tarif Tol Cisumdawu saat ini sudah tidak lagi gratis. Sebab sejak 8 Agustus 2023 kemarin pihak Pemerintah sudah menerapkan tarif pada tol tersebut

thumbnail

6 Cara Mengisi Air Aki Kering Pada Mobil, Ternyata Mudah!

2022-11-15

Apakah air pada mobil Anda memiliki penurunan volume tetapi Anda tidak mempunyai waktu untuk pergi ke bengkel serta mengisi air aki? Bila masalah tersebut terjadi, s

thumbnail

Jangan Panik, Simak 3 Penyebab dan Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

2021-01-14

Permasalahan kerusakan pada koil mobil bisa dikarenakan banyak sebab. Meski kerusakan ini kerap sekali terjadi, nyatanya Anda perlu pengetahuan lebih akan cara perbaikan