Logo Daihatsu
Menu

4 Penyebab Oli Mobil Rembes, Cara Mengatasi & Biayanya

Otomotif

2023-05-08

Penyebab Oli Mobil Rembes, Cara Mengatasi & Biayanya

Mengetahui apa saja penyebab oli mobil rembes, cara mengatasi dan biaya perbaikannya sangatlah dianjurkan. Sebab oli berfungsi untuk mendinginkan mesin dan sebagai pelumas komponen-komponen mesin mobil. Dengan begitu komponen mesin menjadi lebih awet, karena mengurangi besarnya gesekan antar komponen mesin. Tidak usah lama-lama, yuk ketahui informasi mengenai oli mobil rembes secara lengkap seperti berikut.

Penyebab Oli Mobil Rembes

Oli mobil rembes tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut faktor selengkapnya.

1. Seal oli sudah getas

Penyebab pertama oli mobil rembes dikarenakan bagian seal atau penutup oli mobil sudah mulai getas dan sobek. Kondisi ini biasanya terjadi akibat faktor usia atau bisa terjadi karena pemasangan yang kurang tepat. 

2. Seal kompresor sudah aus

Selain seal oli, seal kompresor yang sudah aus juga menjadi penyebab oli mobil merembes. Gesekan antar komponen menjadi penyebab utama seal kompresor mudah aus. Selain itu, faktor usia pemakaian juga dapat menyebabkan komponen ini juga aus.

3. Baut penutup rusak

Penyebab selanjutnya, bisa disebabkan oleh rusaknya baut penutup. Kondisi ini dapat menyebabkan baut menjadi terlalu kencang, miring, berkarat, hingga terlalu longgar. 

4. Packing (bak oli) mengeras

Penyebab oli mobil rembes selanjutnya, bisa disebabkan oleh bagian packing yang sudah mengeras karena faktor usia. Seperti diketahui komponen ini berfungsi sebagai pencegah kebocoran oli. Komponen ini juga bisa disebut sebagai pembatas antara bagian blok silinder dan kepala silinder. Jika komponen ini rusak, maka bisa dipastikan oli mobil akan berkurang dan merembes ke bagian komponen mesin.

Baca Juga : Baca Juga : Penyebab Oli Mesin Mobil Berwarna Putih Susu, Yuk Simak!

Cara Mengatasi Oli yang Merembes

Ketika Anda mengalami oli mobil merembes, Anda tidak perlu panik, karena di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasinya yang tepat. Berikut cara selengkapnya. 

1. Mengencangkan baut yang longgar

Cara pertama, Anda bisa mengecek kondisi baut apakah longgar atau tidak. Jika longgar, Anda bisa mengencangkan baut tersebut. Selanjutnya, Anda perlu memastikan kondisi baut terpasang dengan pas dan tidak miring.

2. Periksa bagian ring mobil

Cara kedua, Anda bisa memeriksa bagian ring mobil apakah sudah terpasang dengan baik atau tidak. Komponen ini biasanya terpasang pada bagian baut carter. Komponen ini berperan mencegah adanya kebocoran oli.

3. Ganti segera packing yang rusak

Jika kondisi packing (bak oli) mobil sudah mengeras, itu tandanya komponen ini sudah aus dan perlu diganti. Untuk proses penggantian komponen ini, Anda perlu pengawasan dari mekanik ahli agar tidak menambah kerusakan.

4. Gunakan cairan sealant oli mesin

Cara selanjutnya, Anda bisa menggunakan cairan sealant oli mesin untuk mencegah kebocoran oli. Anda bisa menggunakan cairan ini sebagai kondisioner untuk bagian packing dan segel. Anda juga bisa menggunakan cairan ini sebagai penutup. 

5. Gunakan seal tape

Cara selanjutnya, Anda bisa menggunakan seal tape untuk mencegah oli mobil merembes. Cara ini terbilang sangat ekonomis, Anda hanya perlu mencungkil seal oli yang rusak, kemudian pasang seal tape. Sebelum memasangnya, Anda perlu memastikan volume oli apakah sudah sesuai standar atau tidak. Jika belum, Anda bisa mengisinya. 

6. Gunakan lem

Cara selanjutnya, Anda bisa gunakan lem untuk mengatasi oli yang merembes. Caranya cukup mudah, gunakan seal tape untuk membungkus ulir yang tertera pada baut. Kemudian gunakan lem sealer pada katup mesin untuk mencegah kebocoran oli. Anda juga bisa menggunakan lem besi pada bagian yang bocor.

Baca Juga : Berapa Tingkat Kekentalan Oli Mobil yang Baik? Ini Cara Mengetahuinya

Biaya Perbaikan Oli Mobil Merembes

Untuk biaya jasa perbaikan oli mobil merembes sendiri di patok di kisaran  Rp150.000 hingga  Rp450.000. Harga tersebut berlaku untuk mobil pabrikan Jepang, sedangkan untuk pabrikan Eropa maka harganya jauh lebih mahal.

Jika kerusakan mobil Anda terbilang ringan, Anda hanya perlu menggunakan sealant untuk mencegah kebocoran oli. Produk ini biasanya dijual dengan harga mulai dari  Rp300.000-Rp500.000. Namun, jika kerusakannya parah, seperti packing rusak. Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan sebesar  Rp300.000 hingga  Rp3.000.000 tergantung kualitas packing yang Anda pilih. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Merawat Velg Mobil Agar Tetap Mengkilap

2021-02-18

Mobil merupakan kendaraan yang dibutuhkan banyak orang untuk berpergian baik dalam kota maupun ke luar kota. Oleh karena itu, tentunya memiliki mobil adalah keinginan ha

thumbnail

Perbedaan Minyak Rem Mobil dan Motor

2021-01-06

Minyak rem adalah komponen yang bertugas untuk melumasi sistem pengereman seperti cakram dan kampas rem. Minyak rem ini bekerja s

thumbnail

Jenis-Jenis Mobil Daihatsu Lama, Yuk Lihat Daftarnya

2023-10-10

Beberapa tahun terakhir ini, minat terhadap mobil keluaran tahun lama atau mobil jadul semakin meningkat. Bahkan, penggemar mobil jadul ini sudah merambah ke kaum mi