Logo Daihatsu
Menu

4 Rekomendasi Merek AC Mobil Terbaik

Otomotif

2021-01-04

merk ac mobil

Air Conditioner atau yang lebih dikenal dengan sebutan AC merupakan alat untuk mengubah udara panas menjadi udara dingin melalui freon. Keberadaan AC tak cuma dibutuhkan pada ruangan, tapi juga pada mobil. 

AC mobil bisa jadi satu solusi untuk membuat berkendara jadi lebih nyaman. Apalagi di Indonesia yang memiliki suhu tropis yang pada siang hari cukup terik dan lembap. Dengan adanya AC, maka berkendara sejauh apapun akan terasa lebih sejuk. 

Begitu juga pada saat hujan deras, cuaca dingin dan malam hari. Menyalakan AC mobil bisa mengurangi kabut yang biasa terjadi di kaca bagian depan. Berkendara pun jadi lebih aman tanpa adanya pengembunan di dalam kabin. 

Melihat fungsi AC di atas, rasanya keberadaan AC mobil saat ini menjadi komponen wajib pada sebuah kendaraan. Nah, bagi Sahabat yang ACnya sedang bermasalah dan harus diganti dengan yang baru, berikut beberapa rekomendasi AC mobil terbaik yang bisa dipilih. 

1. AC mobil Denso 

Merek AC mobil satu ini cukup populer di Indonesia. Denso terkenal memiliki kualitas terbaik dan harga yang merakyat. Kelebihan AC mobil Denso ini adalah memiliki double side kompresor yang mampu menghasilkan tekanan lebih kuat ketimbang merek lainnya. 

Berbagai produk keluarannya juga sangat beragam, mulai dari kompresor hingga evaporator. Inilah yang membuat perawatan AC mobil Denso terbilang mudah karena pemilik mobil tak perlu repot mencari suku cadang yang cocok untuk AC mobil mereka. Komponen AC mobil Denso juga terkenal lebih awet, kinerjanya optimal dan stabil. Mobil-mobil keluaran Daihatsu, Toyota dan Suzuki banyak yang kompatibel menggunakan AC mobil merek Denso ini. 

2. AC mobil Sanden 

Sanden juga termasuk merek AC yang tak kalah populer dari Denso. Berbagai komponen dan ketersediaan suku cadangnya cukup mudah ditemukan. Kepopuleran ini membuat banyak partisi yang hadir di pasaran bukan original alias Kw. Oleh karena itu pemilik mobil harus lebih jeli dalam memilih partisi AC mobil yang satu ini jika ada kerusakan. 

Daya tahan dan keawetan material AC mobil Sanden menjadi salah satu keunggulannya. Tidak sedikit opini dari pengguna mobil buatan Honda yang menyebut kualitas AC mobil Sanden 11-12 dengan merek Denso. Tapi kalau soal biaya, harga AC mobil Sanden lebih terjangkau. 

3. AC Mobil Valeo 

AC mobil satu ini paling banyak digunakan pada mobil-mobil buatan Eropa. Namun beberapa mobil buatan Jepang seperti Nissan dan Mitsubishi juga menggunakan AC satu ini. 

Kelebihan AC merek Valeo memiliki varian produk yang cukup banyak. Seperti kompresor, evaporator, kondensor, expansion valve sampai switch. Kualitas dan keawetan material Valeo digadang-gadang tak jauh dari Denso, soal harga AC mobil produksi Thailand ini pun dibanderol lebih murah dari Denso, tapi tergantung jenis mobilnya. 

4. AC mobil Seiko Seiki

Merek ini cukup sering ditemui pada mobil built up Jepang. Namun, beberapa mobil yang dirakit di Indonesia juga menggunakan AC Seiko Seiki ini, misalnya pada varian mobil Suzuki. 

Kualitasnya juga dikenal awet dan bagus. Namun sayang, soal harga AC mobil merek Seiko Seiki terbilang lebih mahal dari merek lainnya, untuk ketersediaan suku cadang juga terbatas. 

Itulah beberapa rekomendasi merek AC mobil terbaik yang sudah dirangkum. Namun perlu diingat, kebiasaan membuka jendela mobil saat AC menyala hingga mematikan mesin mobil tanpa menekan tombol switch off AC juga bisa memperpendek usia AC mobil. Jadi, sebagus dan semahal apapun merek AC-nya, perilaku pengemudi yang paling menentukan apakah AC mobil bisa awet atau tidak. 

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Fungsi Lampu Hazard dan Cara Menggunakannya

2020-11-09

Jumlah kendaraan pribadi terus bertambah setiap tahunnya, namun masih banyak pengendara yang tidak memahami makna setiap simbol pada kendaraannya sendiri. 

thumbnail

Beginilah Fungsi dan Cara Kerja Alternator Mobil

2021-01-14

Sebagian besar pemilik mobil pastinya telah mengetahui bila di dalam kendaraannya terdapat beberapa komponen engine yang memiliki tugas masing masing. 

thumbnail

Cara Membuat Bemper Mobil Sendiri

2020-12-03

Jika Sahabat ingin memiliki mobil dengan bemper sesuai selera, melakukan cara membuat

thumbnail

Manfaat Memanaskan Mesin Mobil

2022-05-20

Memanaskan mesin mobil secara rutin