Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Cara Memperbaiki Karet Wiper yang Keras Menjadi Lentur
26 September 2023
5 Cara Memperbaiki Karet Wiper yang Keras Menjadi Lentur

Wiper pada mobil memiliki fungsi yang sangat krusial terhadap kenyamanan dan keselamatan pengemudi. Sebab, komponen ini berfungsi menyeka kaca mobil ketika hujan turun sehingga tidak mengganggu visibilitas pengemudi. Namun, seiring berjalannya waktu, fungsi wiper dapat berkurang karena karet wiper sudah mengeras dan getas. Lantas bagaimana cara memperbaiki karet wiper yang keras agar lentur kembali? Yuk ketahui cara selengkapnya dengan memperhatikan penjelasan berikut ini.

Cara Memperbaiki Karet Wiper yang Keras menjadi Lentur

Ketika karet wiper mobil Anda sudah mengeras, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar karet tersebut menjadi lentur kembali. Berikut cara memperbaikinya. 

1. Gunakan air cuka

Cara pertama, Anda bisa menggunakan air cuka untuk melenturkan karet wiper yang keras. Caranya sangat mudah sekali, Anda hanya perlu merendam wiper ke dalam air cuka. Pastikan Anda menggunakan air cuka murni tanpa penambahan air. Selanjutnya, Anda perlu menggosok karet wiper secara perlahan ketika karet tersebut sudah bereaksi dengan cairan cuka. Rendam kembali, karet wiper apabila masih keras. Kemudian gosok ulang hingga karet wiper lentur.

2. Gunakan baby oil atau minyak zaitun

Cara kedua, Anda bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan baby oil atau minyak zaitun ke bagian karet wiper yang sudah mengeras. Pastikan, Anda membersihkan permukaan karet wiper sebelum proses pengolesan. Anda bisa menyeka karet wiper yang keras dengan menggunakan air hangat dan kain lap.

3. Gunakan lilin

Cara ketiga, Anda bisa menggunakan lilin. Caranya, Anda perlu membersihkan permukaan karet wiper dari segala kotoran. Anda bisa menggunakan air hangat, dan lap kering. Setelah bersih dan kering, Anda bisa mengoleskan lilin di permukaan karet wiper yang keras agar lembut. Diamkan beberapa saat, kemudian lap kembali karet wiper hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin, tanpa harus menunggu kondisi karet wiper mengeras. 

4. Gunakan amplas

Cara keempat, Anda bisa menggunakan amplas. Caranya mudah, pertama Anda perlu membersihkan permukaan karet wiper dari kotoran dengan air hangat dan lap. Setelah bersih, Anda bisa menggosok permukaan karet wiper yang sudah mengeras dengan amplas. Gosok secara perlahan dan hati-hati agar karet wiper tidak aus. Cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan terlalu sering.

Baca Juga : Cara Mematikan Wiper Mobil dan Simbol yang Dimilikinya

5. Bawa mobil ke bengkel

Selain menggosok dengan amplas, sebenarnya ada cara lain yang bisa Anda lakukan seperti melakukan pemotongan ulang karet wiper. Namun, cara ini penuh risiko karena dapat mempengaruhi fungsi wiper ketika menyeka kaca mobil. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu melakukan penggantian karet wiper yang keras dengan yang baru. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membawa mobil Anda ke bengkel untuk servis. 

Bicara mengenai servis, sebaiknya Anda bawa mobil Anda ke bengkel profesional seperti bengkel Daihatsu. Sebab, pemasangan karet wiper tidak bisa dilakukan sembarangan. Pemasangan karet wiper yang asal-asalan dapat menyebabkan tangkai penggerak wiper patah. Hal tersebut tentunya, dapat mengganggu kinerja wiper sehingga wiper tidak dapat menyeka kaca mobil dengan baik. Akibatnya visibilitas berkendara terganggu ketika hujan tiba. 

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kerusakan karet wiper mobil yang keras. Pastikan, Anda melakukan perawatan mobil secara rutin dan berkala, agar segala permasalahan mengenai mobil Anda dapat dicegah dan diatasi dengan baik. 

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku