Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat, Yuk Kenali Penyebabnya!

Otomotif

2022-12-16

5 Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat, Yuk Kenali Penyebabnya!

Sebagai pemilik mobil manual, pasti Anda pernah merasakan transmisi berpindah sendiri atau yang sering disebut dengan gigi loncat. Gigi loncat merupakan transmisi yang berpindah dengan sendirinya ke posisi netral. Bila Anda pernah merasakannya, ini berarti menjadi masalah yang harus diatasi. Sebenarnya, cara mengatasi gigi transmisi loncat ini tidak sesulit seperti yang dibayangkan. 

Pada dasarnya, gigi loncat bisa membahayakan keselamatan pengendara. Namun, dengan mengetahui penyebab gigi loncat, Anda dapat mengatasinya dengan mudah serta melakukan pencegahan.

Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

Berikut berbagai penyebab serta langkah mengatasi gigi loncat, antara lain:

1. Terjadi kerusakan sinkromes

Penyebab gigi loncat yang pertama adalah rusaknya bagian sinkromes. Jika sparepart ini mengalami kerusakan, mesin akan aus dan terjadi goresan di dalam sinkromes. Perlu diketahui, sinkromes sendiri adalah spare part mobil manual yang memiliki peran agar putaran gigi sama. 

Jika sinkromes mengalami kerusakan yang ringan, perbaikan dapat dilakukan, tetapi jika kerusakan sinkromes ini cukup parah, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah mengganti sinkromes. 

2. Setelan kopling tidak tepat

Umumnya, masalah gigi loncat ini juga bisa terjadi disebabkan karena setelan kopling kurang sesuai. Hal tersebut dapat membuat transmisi menyangkut serta sulit masuk. Cara mengatasi gigi transmisi loncat yang disebabkan karena masalah ini bisa dengan mengatur pijakan kopling dengan cara melakukan perbaikan kedalaman kopling. 

Baca Juga : Fungsi Gigi 1 2 3 4 5 Mobil Manual & Perbedaannya

3. Melemahnya bagian clutch cover kopling

Penyebab lain gigi transmisi loncat adalah clutch cover kopling yang melemah. Sparepart ini pada dasarnya memiliki peran sebagai komponen di dalam sistem kopling dan menjadi penjepit kampas kopling. 

Agar dapat mengatasi hal tersebut, Anda hanya perlu membawa mobil ke bengkel resmi. Jika kerusakan clutch cover kopling ringan, nantinya perbaikan akan dilakukan, tetapi jika kerusakannya parah, mekanik umumnya akan menggantinya dengan sparepart baru. 

4. Ring mengalami keausan

Aus pada bagian blocking ring juga bisa membuat gigi transmisi loncat sendiri. Contohnya, transmisi gigi dua ke gigi netral dengan sendirinya. Hal ini dapat membuat pengendara kesulitan mengoperasikan tuas transmisi. Cara mengatasi gigi transmisi loncat yang disebabkan karena masalah ini bisa dengan melakukan penggantian komponen. 

5. Gigi gir aus

Ausnya gigi gir akan membuat gigi transmisi loncat. Tidak hanya itu, transmisi yang tidak sejajar dan longgar, juga bisa menjadi penyebabnya. Oleh sebab itu, pastikan selalu memeriksa komponen transmisi sehingga fungsinya dapat berjalan dengan maksimal.

Selain itu komponen atau sparepart yang sudah mengalami kerusakan dapat diganti dengan sparepart yang baru, sehingga masalah ini tidak terjadi lagi. 

Cara mengatasi gigi transmisi loncat memang harus disesuaikan dengan penyebabnya. Umumnya, masalah gigi transmisi loncat ini tidak bisa diselesaikan sendiri dan harus diselesaikan oleh mekanik yang berpengalaman. 

Baca Juga : RPM yang Tepat untuk Pindah Gigi, Bisa untuk Mengirit BBM!

Agar masalah gigi transmisi loncat ini dapat diselesaikan dengan baik, Anda dapat membawanya ke bengkel resmi Daihatsu. Di sana, mobil akan dilakukan pengecekan dengan teliti, sehingga penyebab gigi transmisi loncat dapat diketahui dan segera diatasi. Selain itu, Anda juga tidak perlu takut antri berlama-lama, karena dapat melakukan booking service, sehingga hanya perlu datang sesuai dengan jadwal service. 

Untuk masalah layanan, Anda juga tidak perlu meragukannya, seluruh teknisi bengkel resmi Daihatsu merupakan teknisi berpengalaman, sparepart yang digunakan juga merupakan sparepart asli. Jadi, tunggu apalagi? Atasi masalah kendaraan Anda di bengkel resmi Daihatsu. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apakah Oil Sludge Bisa Terjadi pada Mobil Matic?

2022-01-10

Oil sludge merupakan istilah untuk menyebut lumpur oli atau kotoran yang berasal dari hasil oksidasi maupun pencemaran pada oli mesin. Hal ini mungkin saja terjadi pada semua jenis kendaraan, terma

thumbnail

Rongga Grill Mobil: Fungsi, Cara Merawat, hingga Berbagai Desain Kerennya

2021-03-17

Grill mobil adalah bagian yang biasa disebut sebagai jantung identitas suatu mobil. Hal ini dikarenakan letak grill mobil yang berada di depan dan tengah sehingga langsu

thumbnail

Bagaimana Cara Kerja Sistem Pengisian Tegangan Baterai Mobil?

2020-11-27

Tidak bisa dipungkiri jika mobil bak sebuah alat yang penuh dengan komponen kompleks di dalamnya, seperti contohnya sistem pengisian. Peranti yang berfungsi mengisi tega

thumbnail

Performa Makin Oke, Ini 3 Tips Memilih Oli yang Bagus untuk Mobil Matic

2020-11-22

Memilih oli yang bagus untuk mobil matic merupakan satu langkah tepat dalam merawat mobil kesayangan. Kalau salah dalam memilihnya, tentu saja bisa mengakibatkan kerusakan pada mobil.Hal uta