Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Macet dengan Mudah dan Cepat

Otomotif

2023-01-02

Cara Mengatasi Kaca Mobil Macet dengan Mudah dan Cepat

Kaca mobil macet merupakan permasalahan klasik yang kerap terjadi pada pengguna mobil. Kondisi tersebut dapat memicu banyaknya debu dan suhu udara dari luar yang masuk ke dalam mobil. Hal tersebut dapat membuat AC mudah kotor, dan membuat suhu dalam mobil menjadi gerah sehingga mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara mengatasi kaca mobil macet sejak dini. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut. 

Cara Mengatasi Kaca Mobil Macet dengan Mudah dan Cepat

Ada beberapa cara yang bisa Anda contoh untuk mengatasi kaca mobil macet dengan mudah dan cepat. Berikut cara selengkapnya.

1. Membersihkan bagian karet rel kaca

Cara mengatasi kaca mobil macet yang pertama yaitu, Anda bisa membersihkan bagian karet rel kaca atau kaca mobil dengan menggunakan kain bersih. Anda juga perlu menggunakan kuas kecil ketika membersihkan bagian karet rel.

Hal tersebut perlu Anda lakukan agar seluruh kotoran yang menempel dapat dibersihkan secara menyeluruh. Dengan begitu, power widow dapat digerakkan kembali seperti sedia kala sehingga kaca mobil tidak macet.

2. Semprot kaca film mobil dengan silicon spray

Cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik selanjutnya, Anda bisa menyemprotkan silicon spray pada bagian kaca film mobil yang sudah kotor atau baret. Silicon spray diklaim mampu membersihkan kotoran-kotoran yang masuk di sela-sela karet rel.

Selain itu, silicon spray juga dapat membuat penampilan kaca film mobil Anda mulus tanpa baret. Kondisi tersebut dapat membuat pergerakan power window menjadi lancar ketika dinaikkan atau diturunkan.

3. Gunakan semprotan angin bertekanan tinggi

Apabila kedua cara mengatasi kaca mobil macet di atas kurang maksimal, Anda bisa menggunakan semprotan angin yang memiliki tekanan udara yang tinggi.

Dengan begitu, kotoran-kotoran yang menempel pada bagian kaca mobil dapat dihilangkan dengan cepat. Cara ini cukup efektif untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di lokasi yang sulit terjangkau.

Baca Juga : Cara Mengatasi Power Window Macet

4. Menjaga elastisitas karet rel kaca mobil

Karet rel kaca mobil bisa saja menjadi getas dan kurang elastis seiring dengan usia pemakaian mobil. Kondisi karet yang kurang elastis tersebut dapat membuat kaca mobil macet sehingga berpotensi terciprat air hujan, dan kabin mobil mudah kotor. Jika karet rel kaca sudah getas, sebaiknya segera lakukan penggantian dengan komponen yang baru.

5. Mengunjungi bengkel profesional

Cara mengatasi kaca mobil macet yang terakhir, Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Daihatsu untuk mengatasi masalah tersebut, dan masalah mobil lainnya. Melakukan perawatan secara rutin ke bengkel profesional, dapat membuat performa mobil Anda maksimal. Selain itu, kenyamanan dan keamanan Anda ketika bermanuver dapat selalu terjaga. 

Penyebab Kaca Mobil Macet

Agar kondisi kaca mobil Anda tidak macet. Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kaca mobil Anda macet. Berikut penyebab selengkapnya. 

  1. Adanya kerusakan fungsi tombol pada bagian power window.
  2. Adanya korsleting listrik pada bagian power window.
  3. Gerigi pada motor power window sudah mulai aus.
  4. Adanya kerusakan pada saklar power window.
  5. Jarang membersihkan kaca mobil yang sudah kotor atau baret.
  6. Banyaknya kotoran dan debu yang menempel pada bagian rel karet kaca.
  7. Sering menggunakan power widow secara berlebihan.
  8. Usia pemakaian power widow, dan karet rel kaca yang cukup lama.

Sekarang, Anda sudah mengetahui apa saja faktor penyebab kaca mobil macet. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu lebih giat lagi untuk membersihkan komponen tersebut. Semoga cara di atas bermanfaat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tips Mengemudi Mobil di Jalan Sempit

2021-02-25

Tips mengemudi mobil di jalan sempit adalah tips banyak dicari oleh pengemudi pemula. Terlebih ketika akan melewati jalan alternatif yang kondisi jalannya tidak semulus

thumbnail

Fungsi dan Komponen dari Minyak Rem

2020-12-04

Minyak rem punya peran yang penting buat mobil Sahaat, lho. Tanpa minyak ini, rem nggak bakal berfungsi sebagaimana mestinya. Bayangin, bisa-bisa mobil Sahabat nggak bis

thumbnail

Cara Membersihkan Plafon Mobil Yang Kotor Dengan Mudah Dan Cepat

2021-08-06

Pernahkah Anda memperhatikan kebersihan plafon mobil yang dikendarai setiap hari? Jika tidak, mulai sekarang Anda harus mulai mengetahui cara membersihkan plafon mobil y

thumbnail

Mobil Jaman Sekarang vs Mobil Jaman Dulu, Ini Teknologi Terbarunya

2023-10-30

Mobil jaman sekarang memang lebih unggul dibandingkan mobil jaman dulu. Baik dari segi desain, hingga segi fitur. Evolusi yang signifikan tersebut terjadi akibat per