Logo Daihatsu
Menu

Begini Cara Memperbaiki Kaca Mobil yang Tidak Bisa Naik

Otomotif

2020-10-29

cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik

Kaca mobil bukanlah sekedar aksesoris belaka, karena komponen tersebut memiliki peran penting yang tidak boleh disepelekan. 

Namun pemilik kendaraan mana yang tidak jengkel ketika mendapati kaca mobil tersendat? Kondisi ini akan sangat berbahaya terutama ketika musim hujan tiba. 

1. Shampoo 

Cara jitu mengembalikan kinerja kaca jendela mobil yang macet adalah memanfaatkan shampoo. Solusi cerdas satu ini dapat diterapkan ketika bagian rel kaca ditemukan benda asing seperti kerikil kecil, serpihan daun kering, batang tanaman, dan benda asing lainnya. Sebab benda asing tersebut membuat pergerakan kaca tersendat.

2. Memanfaatkan Minyak Goreng 

Siapa yang akan menyangka bahwa minyak goreng dapat menjadi bahan agar kaca jendela mobil tidak lagi macet. Cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik satu ini bisa menjadi alternatif terbaik, karena diklaim ampuh menuntaskan masalah tersebut tanpa mengeluarkan dana tinggi. 

Cara aplikasinya pun terbilang cukup mudah, dimana Anda hanya perlu menusuk kemasan minyaknya menggunakan ujung jarum pentul lalu lumasi karet jendela dan bagian reel kaca. 

Tuangkan secara perlahan agar minyak tidak meluber ke bagian mobil lainnya, karena sifat minyak yang licin ditakutkan membahayakan penumpang kendaraan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

3. Cairan Semir Ban 

Salah satu cara mengatasi kaca mobil macet adalah memanfaatkan cairan semir ban. Sebab semir satu ini memiliki sifat licin yang diklaim mampu melancarkan pergerakan kaca. Semprotkan cairan semir pada sela-sela lubang kaca bagian atas dan bawah.

Biarkan hingga cairan semirnya masuk ke dalam celah karet kaca, lalu tekan tombol power window untuk melakukan pengecekan apakah cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik ini sudah berhasil dilakukan. 

4. Silicon Spray 

Anda juga bisa membersihkan bagian karet jendela mobil menggunakan silicon spray sebagai alternatif terbaik. Agar kaca mobil tetap bersih dan jernih, pastikan untuk menyempotnya di area run door glass saja. 

Selain berfungsi untuk membersihkan rel jendela, penyemprotan silicon spray membuat karet jendela bertahan lama. 

Baca juga: Musim Hujan Tiba, Pastikan Kaca Mobil Tetap Jernih dengan Tips Ini

5. Bersihkan Karet dari Debu 

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang siap membawa penumpangnya ke tempat tujuannya. Dengan kata lain, kemungkinan untuk terpapar debu dan kotoran selama berada di perjalanan cukup tinggi. 

Bahkan saat kendaraan hanya tersimpan di dalam bagasi saja menjadi sarang debu, sehingga Anda harus rutin membersihkannya.

Meski butiran debu terlihat mungil, siapa sangka ternyata bisa menjadi salah satu penyebab kaca kendaraan tidak dapat berfungsi. Sebab debu yang merekat pada sela karet jendela membuatnya  tidak kuat menggerakkan kaca kendaraan. 

Baca juga: Perhatikan Tiga Bagian Ini dalam Merawat Jendela Mobil

Sebagai pemilik mobil, Anda memiliki tanggung jawab untuk merawatnya secara rutin agar tidak terjadi kerusakan. 

Meski sudah melakukan perawatan rutin tentu ada saja kerusakan kecil yang terjadi, salah satunya kaca jendela yang secara mendadak mogok berfungsi. 

Ketika kondisi tersebut terjadi, silahkan tangani dengan menggunakan sederet tips pada ulasan di atas. 

 

Artikel lain tentang “kaca mobil”

 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Rekomendasi Jual Beli Mobil untuk Sahabat yang Sedang Mencari Mobil Idaman

2020-12-22

Situs jual beli mobil adalah tempat yang harus Sahabat kunjungi, bila hendak membeli mobil idaman. Situs jual mobil sendiri kini sudah banyak tersebar. Dari banyaknya si

thumbnail

Tips Membuat Garasi Mobil

2021-02-22

Garasi mobil merupakan tempat yang wajib Sahabat siapkan sebelum Sahabat membeli mobil. Jangan sampai memakan jalan umum untuk menempatkan mobil Sahabat. Hal ini akan me

thumbnail

Ketahui Kekentalan Oli Power Steering yang Bagus, Simak di Sini!

2023-11-17

Kekentalan oli power steering sangat berperan penting terhadap kenyamanan berkendara karena memudahkan kendali kemudi mobil. Oleh karena itu, setiap pemilik mobil wa

thumbnail

Sejarah Penemu Mobil Pertama di Dunia dan Perkembangannya di Indonesia

2020-12-07

Mobil kini menjadi salah satu kendaraan yang sangat dibutuhkan, karena fungsinya yang serbaguna dan tergolong lebih aman bila dibandingkan dengan kendaraan roda dua.&nbs