Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Menghidupkan Mobil Manual yang Benar dan Aman

Otomotif

2021-01-06

cara menghidupkan mobil

Mengemudikan mobil bertransmisi manual memang lebih sulit dari mobil matic. Akan tetapi jika Anda sudah lihai mengenai sistem manual, mengemudikan mobil dengan transmisi manual akan terasa menyenangkan. 

Namun sebelum memulai mengemudi, ada baiknya untuk mengetahui cara menghidupkan mobil yang benar. 

1. Pastikan Gigi Mobil Keadaan Netral

Bagi Anda yang belum terbiasa untuk mengemudikan mobil manual, maka penting untuk memperhatikan gigi mobil. Sebelum menghidupkan mesin, Anda perlu memastikan bahwa gigi mobil dalam keadaan netral. 

Hal tersebut dilakukan agar nanti ketika mobil distarter tidak sampai berjalan maju atau mundur. Kondisi tersebut tentu akan sangat membahayakan.

Apabila Anda menemui gigi mobil dalam keadaan yang tidak menunjukan tanda N, maka pindahkan perseneling ke tanda netral. 

Setelah memastikan gigi mobil dalam keadaan netral, Anda bisa memasukkan kontak mobil ke dalam lubang kunci. Jangan hidupkan mesin dahulu, karena masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menghidupkannya.

Baca juga: 7 Tips Memanaskan Mobil Jarang Dipakai Agar Tidak Rusak

2. Periksa Audio dan AC Mobil

Setelah memasukkan kontak mobil, perhatikanlah fitur audio dan AC mobil. Cara menghidupkan mobil yang benar adalah memastikan kedua sistem tersebut dalam keadaan mati. 

Dengan demikian, sistem kelistrikan akan fokus dan bekerja secara optimal ketika mesin dihidupkan. Terutama jika Anda mengemudikan mobil yang ACCU nya sudah usang. 

3. Mengenal Kopling, Gas, dan Rem

Sebagai informasi, pada mobil manual terdapat tiga pedal berupa kopling, gas, dan rem. Anda perlu mengetahui fungsi dari masing masing pedal tersebut. Perhatikan di posisi mana pedal pedal tersebut berada.

Perlu Anda ketahui, pedal yang berada di sisi kiri merupakan kopling. Kopling sendiri berfungsi untuk memisahkan mesin dari roda ketika memindahkan gigi.

Pedal yang berada di tengah merupakan rem mobil. Sedangkan pedal yang berada di sisi kanan merupakan gas untuk mengemudikan mobil. 

Kedua pedal tersebut dioperasikan dengan menggunakan kaki kanan. Namun, posisi tersebut tidak berubah meskipun Anda menggunakan kendaraan kemudi kiri atau kanan karena cara menghidupkan mobil tersebut juga tetap sama.

Baca juga: Mengenal Aneka Jenis Sistem Rem Mobil

4. Nyalakan Starter Mobil

Setelah memastikan semua komponen dalam mobil transmisi manual aman, kini saatnya untuk memutar kunci untuk menghidupkan mesin mobil

Jika Anda menetralkan mobil dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi netral, maka Anda bisa memutar kunci tanpa harus menginjak pedal kopling. 

Akan tetapi, jika Anda menetralkan persneling hanya dengan menginjak pedal kopling saja, maka perlu menginjak dan menahan pedal kopling saat memutar kunci. 

Apabila Anda tidak melakukan hal tersebut, maka mobil dapat menyentak maju. Kondisi demikian dapat membuat mesin mobil mengalami kerusakan.

5. Injak Pedal Kopling Perlahan

Seusai menghidupkan mesin, Anda dapat memasukkan gigi percepatan sebelum mobil mulai bergerak. Sembari memindahkan gigi, injak dalam dalam pedal kopling agar tak terjadi hentakan saat akan dikemudikan. 

Tahan dan injaklah kaki pada pedal kopling dan gerakkan tuas transmisi sebagai cara menghidupkan mobil. 

Dengan memperhatikan beberapa cara untuk menghidupkan mesin mobil, maka secara tidak langsung Anda dapat merawat dan menjaga keawetan mesin mobil. 

Terutama bagian kelistrikan mobil yang sering kali mengalami kerusakan. Meski kelihatannya cukup sepele, menghidupkan mesin mobil membutuhkan cara yang tepat dan tidak sembarangan.

Baca juga: Cara Menyetir Mobil Manual Bagi Pemula Agar Cepat Lancar


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Noken As pada Mobil, Komponen dan Cara Kerjanya

2023-10-04

Di dalam sistem kerja mesin, ada beragam komponen penting yang membantu kinerja sistem tersebut, termasuk noken as. Komponen ini dalam dunia otomotif sendiri dikenal

thumbnail

Cuci Mobil Pagi dan Malam, Lebih Disarankan

2022-05-27

Mencuci mobil menjadi sebuah keharusan untuk Anda pemilik kendaraan roda empat. Mencuci mobil sudah termasuk ke dalam perawatan kendaraan yang hukumnya wajib. Sebagian o

thumbnail

Penyebab Oli Mesin Mobil Berwarna Putih Susu, Yuk Simak!

2022-11-24

Apakah Anda sudah pernah melihat oli mesin mobil berubah warna menjadi putih susu? Ketika melihat warna oli mesin mobil menjadi putih, pasti Anda akan langsung berta

thumbnail

Kapan Harus Ganti Engine Mounting? Berikut Jawabannya!

2021-02-05

Seperti halnya komponen mobil lainnya, engine mounting juga harus rutin diganti. Jika tidak, hal itu bisa mempengaruhi performa dari mobil itu sendiri. Lantas, kapan har