Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Jembatan Unik di Dunia dengan Desain Keren
13 November 2020
jembatan unik di dunia

Arsitek selalu memiliki filosofi tersendiri terhadap bangunan yang mereka bangun. Tak seperti bangunan tempat tinggal, terkadang konsep bangunan untuk jembatan selalu monoton seperti itu-itu saja karena yang penting, jembatan berfungsi utama sebagai perantara penyeberangan.

Akan tetapi, terdapat lima bentuk jembatan unik di dunia nih, Sahabat. Saking uniknya, ada jembatan yang dijadikan sebagai tempat foto prewedding loh. Jembatan di negara mana saja? Simak penjelasan berikut ini ya!

Jembatan Emas, Vietnam

Jembatan dengan desain unik pertama datang dari negara di Asia Tenggara, yaitu Vietnam. Di bahasa Vietnam, Jembatan Emas disebut Cau Vang, terdapat di Bukit Ba Na. Jembatan ini memiliki konsep seakan bergantung di awan dan disangga oleh sepasang tangan. Dicat dengan warna keseluruhan emas, kecuali bagian tangan raksasa yang menyangganya, jembatan ini sangat terkenal di Vietnam hingga dunia.

Menggunakan konsep seunik ini, Jembatan Emas tercatat memiliki kunjungan hingga hampir tiga juga pengunjung per tahunnya. Bahkan, tidak jarang jembatan ini digunakan sebagai lokasi untuk foto prewedding loh.

Jembatan Royal Gorge, Colorado

Royal Gorge terletak di Canon City, Colorado, Amerika. Jembatan yang sudah dibangun sejak tahun 1929 ini menghubungkan jalur atas Pegunungan Royal Gorge. Dibangun selama enam bulan, Royal Gorge menghabiskan dana sebesar $350.000. Tidak seperti jembatan pada umumnya, pemerintah Colorado tidak meniatkan pembangunan Jembatan Royal Gorge untuk fungsi lalu lintas, tetapi untuk tujuan pariwisata. Sejak dibangun hingga tahun 2001, Jembatan Royal Gorge menyabet jembatan tertinggi di dunia loh, Sahabat.

Jembatan Golden Gate, San Francisco

Kembali berasal dari Amerika, jembatan unik berikutnya bernama Jembatan Golden Gate. Jembatan ini sempat dihantam gempa ketika proses pembangunan belum usai dan selama pembangunannya menelan korban sebelas orang.

Ada kisah menarik dari warnanya yang merah. Ketika akan dibangun, perundingan warna untuk Golden Gate sempat tidak menemukan suara yang bulat. Ada dua kubu yang bersikeras dengan pemilihan warna berbeda, yaitu Angkatan Laut Amerika yang menginginkan warna kuning agar penglihatan ke kapal jelas dan Korps Udara Amerika menginginkan warna merah dengan garis putih. Namun, pada akhirnya jembatan ini dicat sepenuhnya dengan warna merah menyala oleh sang arsitek, Irving Morrow.

Jembatan Golden Gate resmi dibuka pada 27 Mei 1937 dengan dihadiri oleh 200.000 orang yang memiliki tujuan sama, menjadi orang pertama yang menyeberangi jembatan. Esoknya, jembatan baru dibuka untuk dilalui oleh kendaraan.

Jembatan Danyang Kunshan, China

Jika ditempatkan di Indonesia, Jembatan Danyang Kunshan bisa menyatukan Jakarta—Bandung. Jembatan yang melintasi Sungai Yangtze ini terletak tercatat sebagai jembatan terpanjang di dunia oleh Guinness World Records pada Juli 2011. Pembangunan jembatan ini dilakukan sebagai kurang lebih lima tahun dan selesai pada 2010, tetapi baru diresmikan pada 30 Juni 2011. Dibangun oleh 10.000 pekerja, biaya pembangunan Danyang Kunshan sebesar Rp113 triliun.

Jembatan Millau Viaduct, Perancis

Jembatan Millau Viaduct melintasi lembah Sungai Tarn di Millau, Perancis. Memiliki panjang 2.460 meter, jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan tertinggi di Eropa. Dibangun selama 17 tahun, Millau Viaduct menghubungkan dua dataran tinggi batu kapur, yaitu Cause du Larzac dan Cause Rouge.

Millau Viaduct dirancang atas kerja sama teknisi jembatan bernama Michel Virlogeux dan arsitek Inggris, Lord Foster. Jembatan ini memiliki tinggi sekitar 341 meter dan itu ternyata lebih tinggi daripada Menara Eiffel loh, Sahabat. Jembatan Millau Viaduct diresmikan pada 14 Desember 2004 dan dibuka untuk dilintasi kendaraan dua hari kemudian.

Baca juga: Jembatan Terkenal di Indonesia

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku