Logo Daihatsu
Menu

5 Kelebihan Daihatsu Feroza, SUV Macho Perkotaan

Otomotif

2021-03-06

daihatsu feroza

Kelebihan Daihatsu Feroza tentu saja tidak bisa dianggap remeh. Mobil jenis SUV keluaran Daihatsu pada 1987 ini tidak hanya laris di pasaran Jepang, tetapi juga Amerika, Eropa, Asia, hingga Australia. Di Indonesia sendiri, Daihatsu Feroza masuk di tahun 1992.

Daihatsu Feroza ini menjadi mobil jip yang dikeluarkan berbarengan dengan Daihatsu Rocky serta Daihatsu Taft dan sangat hits pada zamannya. Namun, jika kedua mobil tersebut harus menggunakan solar sebagai bahan bakar, Daihatsu Feroza tetap menggunakan bensin loh, Sahabat.

Meskipun Daihatsu Feroza tidak lagi dikeluarkan sejak tahun 1999, tetapi mobil ini tetap diburu oleh pecinta otomotif loh. Apalagi yang ingin mengoleksi mobil dengan umur lebih dari 20 tahun. Hal ini tentu saja karena kelebihan Daihatsu Feroza memang banyak. Untuk tahu apa saja kelebihannya, yuk langsung simak penjelasan berikut!

Body yang Gagah

Desain body yang gagah memang tidak bisa dimungkiri sebagai kelebihan Daihatsu Feroza. Bentuknya yang kotak dengan minim lekukan membuat tampilan Daihatsu Feroza sangat digemari oleh pecinta mobil offroad karena tampak begitu gagah dengan mesin yang tidak kalah jantan.

Lampu bagian depan yang berbentuk kotak besar terbatasi dengan grill mobil yang tampak begitu macho karena ventilasinya yang tebal dan renggang. Terlebih, ground clearance-nya Daihatsu Feroza ini tinggi sehingga aman sekali untuk menerjang banjir.

Muatan Besar

Jika Sahabat ingin bepergian ke luar kota untuk berlibur dan harus membawa keluarga dengan jumlah anggota lebih dari 4, tentu saja Daihatsu Feroza bisa menemani perjalanan. Kabin mobil ini bisa memuat hingga 6 orang dengan total muatan lebih dari 300 kilogram loh, Sahabat.

Dengan muatan segitu, tentu saja kelebihan Daihatsu Feroza ini sangat berguna untuk bisa menemani berlibur dengan keluarga, bukan? Terlebih jika anggota keluarga Sahabat gemar melakukan kegiatan off-road sehingga bisa merasakan keseruan bersama.

Sistem Pengereman sangat Optimal

Sahabat sudah tahu, kan, jika Daihatsu Feroza ini memiliki sistem suspensi double wishbone dengan stabilizer berupa pegas torsi bar sehingga membuat Sahabat tetap nyaman meskipun berkendaraan di jalanan yang tidak rata.

Nah, mesin pengereman Daihatsu Feroza tidak kalah mengejutkan nih. Sebab, Daihatsu Feroza menggunakan rem cakram. Bagian roda depan memiliki booster lalu roda belakang menggunakan rem drum yang dilengkapi leading dan trailing. Inilah yang membuat pengemudi Daihatsu Feroza tetap percaya diri meskipun memarkir mobil di tanjakan hingga jalan miring.

Sparepart Mudah Didapat

Meskipun sudah tidak lagi diproduksi, Daihatsu Feroza ini masih banyak diperjualbelikan model bekasnya loh, Sahabat. Alasannya tidak hanya masih banyak yang menginginkan mobil ini, tetapi juga karena spare part-nya yang mudah didapat.

Jadi, ketika bagian mesin ada yang rusak bisa mudah untuk diperbaiki karena toko otomotif banyak yang menjual. Nah, ini tentu saja menjadi kelebihan Daihatsu Feroza yang sangat berguna, kan?

Performa Mesin yang Mumpuni

Memiliki torsi maksimal menjadi 127 Nm pada putaran 4800 RPM membuat Daihatsu Feroza tidak kalah tangguh dibanding mobil keluaran baru. Mobil ini bahkan memiliki kapasitas mesin hingga 1,6 liter dengan menghasilkan power hingga 94 Hp loh, Sahabat. Angka tersebut tentu saja memiliki performa yang tidak perlu diragukan lagi.

Memang banyak yang mengeluh bahwa Daihatsu Feroza boros dalam hal bahan bakar karena memiliki rasio 1:8 karena biasanya mobil yang hemat bahan bakar memiliki rasio 1:15. Namun, jika Sahabat paham bagaimana cara menghematnya, Daihatsu Feroza bisa kok memiliki rasio hingga 1:12 untuk perjalanan keluar kota.

Itulah 5 kelebihan Daihatsu Feroza yang harus Sahabat pahami ketika ingin membeli mobil bekas Daihatsu Feroza. Jadi, meskipun tidak dalam kondisi baru dari pabrik, Daihatsu Feroza tetap nyaman digunakan.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Waspada! 5 Hal Penyebab Mobil Terbakar Yang Patut Dihindari

2021-01-12

Mobil yang terbakar dengan sendirinya tentu menjadi permasalahan yang bisa membahayakan jiwa. Sebagian dari Anda mungkin hanya mengira jika mobil hanya dapat terbakar ak

thumbnail

Beberapa Penyebab Mur Roda Mobil Rusak

2021-12-10

Mur roda mobil rusak, mungkin Anda pernah mengalami hal ini. Namun, tahukah Anda apa penyebab utamanya. Nah, ulasan kali ini akan membahas mengenai beberapa penyebab mur

thumbnail

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Agar Aman Dan Nyaman

2021-02-19

Keselamatan berkendara menjadi hal yang sangat penting, apalagi sekarang semakin banyak kecelakaan yang terjadi akhir-akhir ini, baik itu kendaraan roda empat maupun rod

thumbnail

Fungsi CKP dan CMP pada Mobil dan Cara Kerjanya, Yuk Simak!

2023-09-29

Mengetahui fungsi sensor CKP dan CMP pada mobil beserta cara kerjanya merupakan hal yang diperlukan. Sensor CKP dan CMP tersebut memiliki peranan penting terhadap ke