Logo Daihatsu
Menu

5 Tips Jitu Berkemah di Tepi Pantai

Travel

2020-11-22

tips berkemah di tepi pantai

Berkemah menjadi kegiatan seru untuk dilakukan sejak masa sekolah dasar. Tidak dimungkiri, alam sangat seru untuk dieksplor. Namun, sering kali kita mendirikan tenda di bumi perkemahan atau bahkan di suatu pos ketika mendaki gunung. Selain itu, apakah Sahabat pernah terpikirkan untuk berkemah di tepi pantai?

Akan tetapi, berkemah di tepi pantai tentu saja akan berbeda suasananya dengan di bumi perkemahan dan di atas gunung. Nah, berikut 5 tips untuk Sahabat yang ingin melakukan kemah di tepi pantai.

Cuaca harus Bersahabat

Tidak masalah ketika Sahabat memutuskan untuk melakukan kegiatan berkemah di tepi pantai secara mendadak. Yang penting, Sahabat harus memperhatikan bagaimana cuaca hari itu. Jangan sampai saat itu angin sedang berembus kencang hingga ramalan cuaca yang buruk. Hal itu bisa membuat kegiatan berkemah Sahabat menjadi kacau hingga gagal.

Cari tahu prediksi cuaca hari itu. Sahabat bisa mengaksesnya di situs BMKG hingga meninjau lokasi pantai yang dituju.

Lokasi Camping harus Aman

Perhatikan lokasi pendirian tenda. Sahabat memang akan berkemah di tepi pantai, tetapi jangan sampai mendirikan tenda di bibir pantai. Usahakan agak menjauh dari bibir pantai.

Cari lokasi lokasi yang sekiranya, ketika air laut semakin naik ketika malam hari, tenda Sahabat tetap aman sehingga tidak was-was ketika memejamkan mata. Apalagi jika camping dengan anak, anak lebih sulit untuk bergegas ketika kondisi tidak aman.

Usahakan mencari lokasi yang tertutup. Tidak hanya ombak yang berbahaya ketika kita tinggal di tepi pantai, tetapi hewan-hewan kecil yang hidup di pasir pantai serta angin yang berembus bisa membahayakan tenda yang Sahabat tinggali. Jadi, perhatikan lokasi yang Sahabat pilih untuk mendirikan tenda ya. Dianjurkan untuk memilih lokasi yang tertutup, seperti di balik semak atau pepohonan. Usahakan juga lokasi yang dipilih memiliki tekstur pasir yang lebih padat ya supaya peletakan matras tidak susah dan tidur pun nyenyak.

Air Laut sedang Surut

Jangan berkemah di tepi pantai ketika bulan sedang purnama. Hal tersebut karena semakin terang bulan bersinar, semakin dekat dia dengan bumi, sehingga semakin tinggi gaya gravitasinya. Ketika gaya gravitasi bulan tinggi terhadap bumi, berarti air laut akan pasang.

Yang unik untuk mengetahui kapan air laut pasang, Sahabat harus memperhatikan kalender. Bukan kalender masehi seperti yang kita gunakan biasanya, tetapi kalender hijriah. Di kalender hijriah sudah pasti bahwa setiap tanggal 15 pasti akan terjadi pasang air laut yang cukup tinggi. Jangan sekalipun terpikirkan untuk mendirikan tenda di tepi pantai saat air laut sedang pasang ya, Sahabat, karena itu bisa membahayakan diri sahabat.

Mahir Membuat Api Unggun

Tinggal di alam terbuka tentu saja hanya bisa mengandalkan pencahayaan dari sumber cahaya alami, seperti bulan dan bintang ketika malam hari. Lokasi pantai tidak bisa menyediakan stop kontak untuk mengisi daya gawai hingga senter.

Nah, satu hal yang asyik dari berkemah adalah api unggun. Sahabat harus belajar untuk menyalakan api unggun supaya tidak hanya menyala satu atau dua jam saja, melainkan semalaman, tetapi tidak membahayakan diri sahabat ketika terlelap.

Menyalakan api unggun harus paham ke mana arah mata angin berembus. Lokasi pantai tentu menjadi sumber angin yang kencang sehingga susah untuk menyalakan api unggun. Maka dari itu, Sahabat harus menggali pasir sedalam sepuluh hingga lima belas centimeter lalu menaruh tumpukan kayu di sana. Dengan begitu, embusan angin tidak akan membuat api cepat padam.

Menjaga Kebersihan

Berwisata di lokasi alamt terbuka akan sulit menemukan titip tempat sampah. Namun, Sahabat tentu harus tetap menjaga kebersihan. Jika makan dan memasak di tepi pantai, tempat sampah di kantong pribadi yang kemudian dibuang ketika kegiatan telah usai di tempat sampah yang Sahabat temui. Jangan sampai tepi pantai kotor karena sampah yang Sahabat hasilkan ya. Tetap hormati alam supaya alam menghormati manusia.

Itulah 5 tips untuk Sahabat yang berencana berkemah di tepi pantai. Kelima tips itu dijamin akan membuat kegiatan camping Sahabat sukses. Selamat menyatu dengan alam!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Rute Terbaik Road Trip Jawa Barat, Catat Yuk!

2023-06-28

Mengetahui rute terbaik road trip Jawa Barat sangatlah perlu. Seperti diketahui Jawa Barat menyimpan segudang destinasi wisata terbaik yang patut dikunjungi. Panoram

thumbnail

7 Tas Carrier Terbaik, Kapasitas Besar Cocok untuk Pendakian hingga 7 Hari

2020-12-23

Tas carrier adalah keperluan pendakian yang harus diperhatikan kualitasnya. Sebab, seluruh keperluan dalam mendaki, mulai dari bekal hingga baju ganti disimpan da

thumbnail

Scientia Square Park, Ruang Terbuka Hijau sekaligus Tempat Wisata Edukasi di Gading Serpong

2021-01-22

Scientia Square Park adalah taman hijau seluas 1,2 hektar yang berada di Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten. Konsep tempat wisata i

thumbnail

19 Makanan Khas Bangka Belitung yang Dapat Memanjakan Lidah

2021-01-31

Bangka Belitung menjadi salah satu kepulauan nusantara yang suguhkan wisata alam dengan keeksotisannya. Apalagi kini masyarakat l