Logo Daihatsu
Menu

5 Tips Parkir Mobil di Mall Agar Aman dan Tenang

Otomotif

2021-02-08

cara parkir di mall

Untuk sebagian orang, parkir mobil di mall mungkin jadi tantangan tersendiri, terutama bagi yang baru saja bisa menyetir. Sahabat yang mengambil kursus menyetir sekalipun belum tentu mendapatkan pelajaran khusus untuk parkir di dalam mall. Parkir di mall sebenarnya sama saja seperti parkir mobil di tempat lain, hanya saja kadang panik jika mallnya penuh.

Tips parkir mobil di mall adalah selalu memperhatikan kenyamanan berkendara bagi kendaraan sendiri dan orang lain. Hal ini akan membuat sahabat tidak panik dan diklakson oleh mobil lain saat parkir. Nah, berikut inilah tips agar sahabat bisa parkir mobil di mall dengan lebih tenang dan tidak menghabiskan waktu lama untuk memarkirkan mobil.

Kurangi kecepatan saat mencari lahan kosong

Saat mencari lahan parkir, sahabat sebaiknya mengurangi kecepatan, tapi bukan berarti menghambat laju kendaraan lain. Biasanya, ada mobil yang sering kali berhenti di dekat jalur keluar tempat parkir sambil menunggu ada mobil lain yang keluar. Terkadang, hal ini malah mengganggu mobil lain dan membuat kemacetan.

Oleh karena itu, sahabat hanya perlu menurunkan kecepatan dan tetap melaju. Meski belum dapat lahan parkir, sahabat tidak boleh berhenti atau melaju terlalu pelan, hal ini mengganggu akses jalan sehingga sahabat malah bisa kena protes orang lain. Beberapa mall besar memberikan tanda lampu hijau untuk lahan parkir yang kosong untuk mempermudah.

Beri isyarat dengan menyalakan lampu sein

Saat sudah mendapatkan lahan parkir, sahabat bisa menyalakan lampu sein ke arah area kosong yang diinginkan. Hal ini akan menjadi isyarat pada mobil di belakang untuk melaju lebih dulu agar sahabat bisa parkir dengan lebih leluasa. Namun, pastikan jangan memaksa mobil lain untuk mundur. Jadi, ingatlah untuk selalu melaju dengan kecepatan rendah.

Manfaatkan fungsi kaca spion dan sensor

Kaca spion adalah bagian mobil yang sangat penting untuk digunakan saat parkir. Pastikan bahwa sahabat memanfaatkan fungsi spion dengan baik untuk dapat melihat jarak mobil, terutama saat mundur. Parkirkan mobil secara perlahan agar tidak menabrak, terutama saat parkir mobil di lahan parkir yang sempit.

Kebanyakan mobil sudah disertai dengan sensor parkir yang bisa memudahkan sahabat saat sedang berada di area parkir mall. Sahabat bisa lebih mudah menghindar dari potensi tabrakan atau goresan saat sedang parkir mobil. Dengan fungsinya yang sangat bermanfaat, sahabat harus memastikan semua sensor bisa mendeteksi jarak dengan baik, ya.

Ambil ancang-ancang untuk parkir mundur

Parkir mobil sebaiknya memang dilakukan dengan memundurkan kendaraan. Kebiasaan ini akan memudahkan sahabat saat akan mengeluarkan kendaraan. Tidak perlu maju mundur lagi, sahabat bisa langsung melaju ke arah pintu keluar dan kendaraan yang masuk juga tidak perlu menunggu lama hingga terjadi kemacetan di area parkir.

Sebelum parkir, pastikan juga sahabat sudah memetakan area kosong untuk parkir kendaraan, ya. Lewati area parkir kosong sambil berbelok mengarahkan bagian belakang mobil. Mundur secara perlahan sehingga posisi mobil pas dengan area yang akan ditempati.

Beri jarak di bagian kiri dan kanan mobil

Jangan lupa untuk memberi jarak di bagian kiri dan kanan mobil. Ingat, sahabat perlu jarak untuk keluar dari kendaraan. Biasanya marka batas parkir di dalam mall sudah dibuat untuk memberikan jarak aman, tapi sahabat tetap harus menyesuaikannya dengan keadaan di area parkir yang sebenarnya. Jangan sampai menyulitkan mobil di sebelah untuk keluar.

Nah, itulah beberapa tips untuk parkir mobil yang aman di dalam mall. Jika sahabat berhati-hati, memarkir mobil bisa dilakukan dengan tenang tanpa diprotes atau di klakson mobil lain.

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Beberapa Penyebab Kerusakan Fuel Pump Mesin Mobil Diesel

2021-12-20

Mobil mesin diesel semakin diminati Sering bermunculan kendaraan baru yang memiliki jenis mesin yang sama. Namun, masih banyak yang meragukan kemampuannya karena tidak mengetahui penyebab kerusakan

thumbnail

4 Ciri-Ciri Bearing Kompresor Ac Mobil Rusak dan Harus Segera Diganti

2021-01-04

Dengan kondisi udara yang panas dan lembab, tidak heran jika banyak mobil yang dilengkapi dengan fitur AC. Bahkan tambahan ini seakan menjadi kebutuhan segala umat pemil

thumbnail

Rekomendasi 21 Parfum Mobil yang Bikin Mobil Sahabat Jadi Lebih Harum

2021-01-07

Parfum mobil adalah hal yang Sahabat butuhkan, agar interior mobil Sahabat jadi lebih harum. Untungnya, sekarang sudah banyak produk parfum mobil yang beredar di pasaran

thumbnail

Ini Daftar Harga BBM Hari Ini Dan Klasifikasi Jenisnya

2021-01-16

Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) memang seakan tidak bisa dilepaskan korelasinya dengan kendaraan. Hal ini menjadi salah satu hal yang cukup identik, terlebih lagi karena perubahan harga BBM di