Logo Daihatsu
Menu

7 Cara Membuka Usaha Secara Bertahap Agar Lancar

Tips & Trick

2020-12-04

cara membuka usaha

Memulai sebuah usaha memang bukan langkah yang mudah. Saat seseorang memutuskan untuk membuka usaha, pasti sudah banyak hal yang dipikirkan sebelum melakukan eksekusinya. Tidak sedikit orang yang juga lebih memilih untuk membuat usaha agar bisa membuka lapangan pekerjaan.

Cara membuka usaha merupakan strategi dan pertimbangan yang perlu dilakukan oleh calon pengusaha saat ingin memulai bisnisnya. Apapun alasan seseorang membuka usaha, ada banyak hal yang perlu dipikirkan dengan baik agar usahanya lancar. Nah, berikut inilah cara membuka usaha secara bertahap yang bisa dilakukan.

1. Tentukan Bidang Bisnis yang Disukai

Banyak orang yang masih kebingungan untuk memulai jenis usaha. Namun, hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan saat ada bidang bisnis yang memang disukai. Misalnya saat seseorang menyukai action figure, pengetahuannya soal produk itu akan lebih mendalam untuk dijadikan sebagai bisnis yang potensial dan lebih tahan lama.

2. Pelajari Keperluan Administrasi

Usaha apa pun tidak terlepas dari kebutuhan administrasi, sesederhana pengaturan cashflow hingga pengurusan izin usaha. Nah, hal ini perlu dipelajari dengan baik agar usaha yang dilakukan tidak terhambat oleh masalah administrasi. Belum lagi jika usahamu melibatkan karyawan, pastikan juga untuk memberikan hak dan kewajibannya dengan baik.

3. Hitung Modal Usaha yang Dibutuhkan

Jika sudah menentukan hal-hal dasar, saatnya menghitung modal usaha yang dibutuhkan untuk biaya produksi, distribusi, sumber daya, dan lain-lain. Modal usaha sebenarnya bisa disesuaikan dengan biaya yang dimiliki seseorang. Jika baru memulai, buatlah bisnis kecil seperti usaha rumahan secara bertahap agar modal bisa terus diputar semakin besar.

4. Tentukan Waktu untuk Memulai

Jika modal biaya dan perencanaan sudah rapi, segera tentukan waktu yang tepat untuk memulai. Ada beberapa orang yang percaya tanggal baik, tapi sebaiknya usaha yang akan dimulai tidak ditunda terlalu lama. Biasanya, akan muncul hal-hal yang membuat tidak yakin sehingga rencana usaha malah kian mundur. Jadi, segera tentukan waktunya juga, ya!

5. Cari Keunikan dari Produk yang Akan Dijual

Jika sudah memulai, jangan lupa untuk membuat keunikan yang bisa jadi nilai jual usaha. Tak masalah jika ingin membuat usaha ayam geprek yang sudah menjamur di mana-mana, asalkan ada suatu keunikan yang belum dimiliki kompetitor. Hal ini akan membuat orang penasaran untuk mendapatkan produk yang dijual, deh.

6. Lakukan Promosi dengan Konsisten

Setiap produk barang dan jasa harus dipasarkan dengan strategi yang tepat. Upaya untuk mengembangkan bisnis lewat promosi sudah semakin banyak. Ada jasa digital marketing seperti brosur, flyer, media sosial, SEO/SEM, iklan, hingga pembuatan konten TikTok yang jadi strategi pemasaran menjanjikan. Tak masalah mau mulai yang mana, asal strateginya selalu direncanakan, dievaluasi, dan terus dilakukan secara konsisten hingga berhasil.

7. Minta Dukungan Keluarga

Sebuah usaha juga tak akan langsung berhasil. Pasti ada jatuh bangun yang membuat seseorang terpukul. Keluarga yang merupakan lingkungan terkecil biasanya akan jadi pihak yang paling berperan penting. Pastikan keluarga tetap mengetahui perkembangan usaha agar bisa diingatkan terutama saat salah mengambil langkah atau keputusan tertentu.

Jadi, cara membuka usaha sebenarnya banyak menuntut perencanaan matang. Hanya dengan begitulah, usaha yang dimulai bisa terus lancar meskipun perkembangannya bertahap. Satu hal yang pasti, tak perlu takut dan berakhir dengan menyesal karena tidak melakukan rencana usahamu, ya!

Penulis: Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Agar Selamat Sampai Tujuan, Berikut Doa Perjalanan Jauh Naik Mobil

2020-10-30

Memasuki hari libur panjang, mudik sudah menjadi sebuah tradisi yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Sebelum menempuh perjalanan hingga memakan waktu hingga berjam jam

thumbnail

Cara Perhitungan Simulasi Kredit Mobil

2020-11-06

Saat ini, sudah banyak fasilitas kredit untuk pembelian kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, yang semakin memudahkan kita dalam membelinya. Selain itu, sudah bany

thumbnail

5 Jenis Soal Tes SIM A yang Harus Dipelajari

2020-11-21

Proses pembuatan SIM A sebenarnya tidak sulit, alur dari tahap registrasi, ujian, dan verifikasi datanya bisa diikuti dengan mudah. Namun, hal yang membuat proses pengajuan SIM A menjadi lama adala