Logo Daihatsu
Menu

7 Gunung di Indonesia yang Pernah Meletus, Guncangannya Begitu Dahsyat

Travel

2020-12-23

gunung meletus

Gunung meletus adalah peristiwa yang tidak bisa dihindari dan kerap terjadi di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan Indonesia memiliki wilayah geografis yang dikelilingi gunung dan banyak dari gunung tersebut berstatus aktif.

Peristiwa gunung meletus juga memicu bencana alam lain seperti gempa bumi dan tsunami sehingga biasanya akan menimbulkan kerusakan yang begitu hebat dan korban yang tidak sedikit.

Berikut adalah 7 gunung yang pernah meletus di Indonesia dan menimbulkan banyak kerusakan dan korban jiwa. Bahkan ada yang sampai membuat dunia gelap loh, Sahabat, akibat debu dan awan panasnya saat meletus.

Gunung Kelud

Konon, Gunung Kelud begitu dihormati oleh kerajaan-kerajaan di Indonesia pada zaman dahulu loh, Sahabat. Ialah Kerajaan Majapahit dan Kediri yang begitu mengagungkan Kelud. Keduanya bahkan membangun candi untuk menaruh persembahan di Gunung Kelud.

Gunung yang terletak di Jawa Timur ini pernah meletus pada 2014 lalu. Efek letusannya tidak tanggung-tanggung, tidak hanya menimpa Jawa Timur, wilayah-wilayah di Pulau Jawa juga mendapat dampak buruknya. Yogyakarta bahkan mendapat dampak hujan abu hingga sepekan penuh akibat letusan gunung ini.

Gunung Agung

Gunung Agung pernah meletus di tahun 1963. Gunung yang terletak di Bali ini terkenal dengan letusannya yang terjadi hingga setahun lamanya.

Sebanyak 1.000 penduduk menjadi korban saat Gunung Agus meletus. Tidak tanggung-tanggung, abu panas dan gas yang dikeluarkan oleh gunung tersebut melambung hingga 20 kilometer tingginya. Bahkan, abunya sampai di Greenland.

Gunung Tambora

Selain merenggut lebih dari 71.000 korban jiwa, letusan Gunung Tambora bahkan mengubah iklim dunia. Gunung yang terletak di Sumbawa ini pernah meletus pada April 1815 dan mengeluarkan material vulkanik hingga empat kali lebih kuat dibanding saat Krakatau meletus.

Gunung Samalas

Nama Gunung Samalas jarang dikenal oleh penduduk Indonesia. Hal itu dikarenakan telah hancur setelah mengalami letusan pada 1257. Letusan Gunung Samalas berkekuatan begitu besar bahkan menimbulkan perubahan iklim dunia dan memicu Zaman Es Kecil pada tahun tersebut.

Gunung yang terletak di Lombok memunculkan kaldera Segara Anak akibat letusannya. Kaldera terletak di ujung barat Gunung Rinjani.

Gunung Merapi

Siapa yang tidak tahu kalau Gunung Merapi adalah gunung berapi. Gunung ini bahkan terkenal sebagai gunung berapi paling aktif di Indonesia.

Letusan Merapi yang paling parah adalah pada akhir Oktober 2010 lalu. Ledakannya begitu besar hingga menewaskan 350 korban lebih, termasuk Mbah Marijan, sang juru kunci merapi.

Merapi bahkan memiliki museumnya sendiri guna mengenang letusannya. Museum itu terdiri dari perabotan rumah yang diambil dari rumah-rumah warga yang terdampak letusan.

Gunung Galunggung

Berhasil menewaskan hingga 4.000 orang, Gunung Galunggung meletus pada tahun 1882 dengan energi yang begitu dahsyat. Saking dahsyatnya, letusan Galunggung terjadi hingga berbulan-bulan dan selama itu gunung tersebut aktif mengeluarkan lahar, debu halus, hingga hujan pasir panas berwarna kemerahan.

Selain ribuan korban, letusan Gunung Galunggung 138 tahun lali ini menimbulkan kehancuran di lebih dari 100 desa.

Gunung Krakatau

Seluruh dunia heboh ketika Gunung Krakatau meletus pada akhir 26 Agustus 1883. Kekuatan letusannya yang sangat dahsyat membuat dunia gelap hingga hampir tiga hari lamanya. Letusan Krakatau menimbulkan tsunami dengan ombak setinggi 42 meter yang menghantam daerah sekitarnya.

Letusan Krakatau menjadi sejarah yang tidak bisa dilupakan oleh dunia terlebih letusan ini menimbulkan penurunan suhu dunia hingga 1.2 derajat celcius. Oleh karena letusan dahsyatnya itu, Krakatau mengalami kehancuran hingga dua per tiga bagiannya dan munculah Anak Krakatau yang kini menghiasi Selat Sunda.

Baca juga : Gunung Bromo - Wisata, Lokasi, Upacara Adat

Wah, pasti letusan-letusan gunung tersebut meninggalkan trauma bagi para penduduk yang tinggal di sekitarnya ya, terlebih ketika salah satu anggota keluarga menjadi korban. Maka dari itu, biasanya ketika sebuah gunung berapi aktif dan menunjukkan gejala reaktif pasti lembaga memantau akan selalu memberi peringatan.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ngopi Yuk! Ini 5 Pilihan Kedai Kopi Susu Hits di Jakarta

2020-10-28

Sudah beberapa bulan belakangan ini, tren es kopi melanda Ibu Kota Jakarta. Entah dari mana asal muasalnya, aneka kedai kopi yang menjajakan es kopi susu muncul dengan b

thumbnail

7 Tempat Makan Unik di Bandung, Instagramable dan Murah di Kantong!

2021-01-07

Bandung adalah kota yang dikenal dengan cita rasa lezat akan makanan khasnya. Memang, berkunjung ke Bandung tidak akan lengkap jika tidak berwisata kuliner juga. Jika be

thumbnail

5 Fakta Menarik Candi Muaro Jambi Bagi Para Wisatawan

2021-01-21

Peninggalan sejarah di Indonesia berupa candi yang indah di Indonesia bukan hanya Candi Borobudur atau Prambanan. Salah satu kawasan candi di Jambi ini juga merupakan sa

thumbnail

Daftar Tempat Wisata Batam yang Terkenal & Wajib Dikunjungi

2023-06-30

Tempat wisata Batam akhir-akhir ini menjadi perbincangan di media sosial karena keeksotisannya. Sebab tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menilai, Batam merupaka