Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
7 Rekomendasi Makanan Berprotein Tinggi yang Mudah Didapat
11 Februari 2021
makanan berprotein

Sebagai salah satu kandungan nutrisi yang terkandung pada makanan, protein memiliki peran penting dalam fungsi pemeliharaan organ tubuh. Asupan protein juga mampu membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan massa otot. Tidak heran jika protein sering dijadikan sebagai asupan nutrisi pengganti untuk menurunkan berat badan.

Makanan berprotein tinggi merupakan salah satu asupan gizi yang sangat dianjurkan untuk menjaga dan memperbaiki jaringan sel pada tubuh. Diet protein tinggi juga sering kali dianjurkan untuk mengendalikan tekanan darah dan melawan diabetes. Nah, berikut ini beberapa bahan makanan yang tinggi protein dan tetap bisa dikonsumsi sehari-hari.

Telur

Apakah sahabat sudah tahu bahwa bahan makanan sederhana ini mengandung protein yang tinggi? Ya, telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dengan kandungan 6 gram protein dalam satu telur utuh. Bagian putih telur adalah bagian protein yang paling mendekati protein murni. Selain itu, telur juga mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan. Tidak perlu diragukan lagi, cara mengolah telur juga sangat mudah, ‘kan?

Dada ayam

Tidak sulit mencari bahan makanan tinggi protein. Salah satunya dada ayam yang bisa dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai jenis makanan sederhana. Sebaiknya, bagian dada ayam yang tinggi protein ini juga dikonsumsi tanpa kulit, ya. Untuk olahan protein yang lebih sehat, dada ayam bisa direbus atau dipanggan sehingga rendah kandungan minyak.

Keju dan yoghurt

Olahan susu juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Sebagai nilai tambah, keju dan yoghurt bisa dikonsumsi sebagai camilan sederhana. Kandungan keju yang paling rendah lemak dan kalori adalah keju cottage, sedangkan yoghurt yang dianjurkan untuk konsusmi protein tinggi adalah greek yoghurt.

Susu

Kandungan protein di dalam susu sapi mencapai 21% kalori. Dalam satu cangkir susu, terkandung 8 gram protein dengan kandungan kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2). Jika ingin membatasi asupan lemak, sahabat bisa memilikih susu low fat atau susu kedelai. Satu cangkir susu kedelai mengandung 6,3 gram protein dengan kalori yang lebih rendah daripada susu sapi.

Ikan

Protein juga terkandung pada semua jenis ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Nah, kandungan proteinnya juga beragam, misalnya salmon dengan kandungan protein 12% kalori atau udang yang mengandung protein sebesar 97% dari kalori. Selain itu, sahabat juga bisa konsumsi ikan tuna yang juga mengandung omega 3 dan lebih rendah lemak.

Lentil

Kandungan protein juga terdapat dari kacang-kacangan, loh. Salah satunya adalah lentil yang mengandung protein nabati tinggi. Selain itu, lentil juga mengandung serat, magnesium, potasium, zat besi, asam folat, dan berbagai nutrisi penting lainnya. Selain lentil, sahabat juga bisa mengonsumsi kacang kedelai, kacang merah, dan buncis.

Brokoli

Ya, protein nabati adalah kandungan protein yang bisa didapatkan dari tumbuhan. Sahabat bisa memilih brokoli sebagai salah satu kandungan sayuran yang tinggi protein. Brokoli juga dikenal sebagai superfood karena mengandung komposisi vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium. Brokoli juga bisa diolah bersama dengan berbagai kombinasi protein lainnya.

Baca juga : 4 Sehat 5 Sempurna: Mulai dari Sejarah Sampai Penggantinya

Secara umum, kandungan protein sama seperti kandungan nutrisi lain yang bisa didapatkan dari hewan maupun tumbuhan. Sahabat bisa memilih kandungan protein terbaik yang juga sesuai dengan selera. Setiap bahan makanan yang mengandung protein juga bisa diolah dengan cara beragam, seperti direbus, dipanggang, dikukus, atau digoreng. Lebih baik lagi jika semua bahan makanan juga dikonsumsi berdasarkan hitungan gizi yang seimbang.

Penulis : Rizkita Darajat

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor