Logo Daihatsu
Menu

7 Rekomendasi Makanan Khas Papua yang Unik dan Layak Dicoba

Tips & Trick

2021-02-04

makanan khas papua

Kalau membahas makanan khas Papua, mungkin yang langsung teringat adalah olahan tepung sagu. Padahal, masih ada banyak menu kuliner menarik yang bisa sahabat coba jika berkunjung ke Papua. Makanan khas Papua juga jarang dijual di daerah lain sehingga sahabat harus mencobanya jika berkunjung ke sana.

Makanan khas Papua merupakan daya tarik kuliner yang sangat unik karena sangat jarang dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Bahan-bahan yang digunakan mungkin tidak umum, tapi justru membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya. Nah, berikut inilah makanan khas Papua yang menarik untuk dicoba jika berkunjung atau liburan.

Ikan bakar manokwari

Sekilas mungkin terkesan biasa saja karena menu ikan bakar pasti hanya begitu-begitu saja. Nah, kalau begitu hidangan ini pastinya paling aman untuk dicoba. Biasanya, jenis ikan yang digunakan adalah ikan tongkol yang dilumuri perasan jeruk nipis. Sebelum dibakar, ikan akan diberi bumbu rempah yang digiling kasar, bukan bumbu kecap. Inilah yang membuat ikan bakar manokwari layak untuk sahabat coba dengan sepiring nasi hangat.

Sambal colo-colo

Nah, kalau santapan satu ini bisa dijadikan teman makan siang atau makan malah yang menggugah selera. Para pecinta pedas harus mencoba sambal segar yang dicampur dengan jeruk nipis ini. Tentunya sambal colo-colo juga cocok dinikmati dengan berbagai jenis lauk, baik ikan, tumis kangkung, atau udang asam manis. Pasti jadi ingin tambah terus, deh!

Papeda

Santapan khas ini mungkin sudah tidak asing dan relatif populer sebagai hidangan dari Papua. Hidangan dengan bahan dasar sagu ini biasanya disantap dengan kuah bening dan dimakan dengan menggunakan alat penggulung dari bambu yang dikenal dengan gata-gata. Lauk yang sering dijadikan pendamping adalah ikan kembung atau peda bakar.

Sate ulat sagu

Yap, ini dia kuliner dari bahan ekstrem yang menarik buat dicoba. Jika biasanya bahan utama sate adalah daging ayam, sapi, atau kambing, kali ini satenya terbuat dari ulat sagu. Tenang, panganan satu ini aman untuk dikonsumsi dan malah diyakini bisa menambah energi karena mengandung protein tinggi dengan tekstur keras di luar dan lunak di dalam.

Roti abon gulung

Kalau sudah membahas makanan untuk oleh-oleh, rekomendasi kuliner ini cukup populer dan juga awet untuk dibawa pulang. Roti abon gulung terkenal dari Kota Sorong dengan cita rasa gurih yang mengenyangkan. Camilan ini biasanya juga ditaburi wijen, keju, dan berbagai jenis topping lain untuk menambah daya tarik.

Kue lontar

Masih mau cari makanan untuk dibawa pulang? Sahabat bisa membawa pulang kue lontar yang berasal dari kata rontart. Berdasarkan sejarahnya, kue yang mirip pie susu dari Bali ini dibawa oleh para penjajah Belanda. Ukuran kue lontar lebih besar daripada pie susu karena dicetak menggunakan piring keramik.

Es buah matoa

Jika ingin mencoba cita rasa kuliner yang segar, sahabat bisa mencoba es buah matoa. Nah, buah ini juga unik karena jarang ditemukan. Rasa buah matoa manis seperti rambutan dan biasanya disajikan sebagai minuman segar dengan campuran jeruk limau, agar-agar, kolang-kaling, biji selasih, dan irisan daun pandan yang harum. Cocok sekali untuk disantap di siang yang panas, deh.

Baca juga : Daftar Makanan Khas Indonesia yang Dibuat dari Jagung

Itulah berbagai jenis makanan khas Papua yang tidak boleh dilewatkan untuk sahabat cicipi. Jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh untuk dicoba oleh keluarga atau teman-teman tersayang, ya!

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mudah Presentasi di Google Meet

2021-01-28

Di era pandemi Covid-19 , virtual meeting menjadi solusi untuk menggantikan pertemuan tatap muka. Berbagai aplikasi yang menunjang produktivitas pun terus bermunculan.&n

thumbnail

7 Ide Karya Ilmiah Tentang Covid-19 yang Bisa Dibuat Makalah

2020-12-01

Karya ilmiah tentang Covid 19 adalah topik penelitian ilmiah yang mungkin banyak dijadikan sebagai tugas sekolah atau penelitian di sekolah selama pandemi. Melalui penelitian ilmiah yang dilakukan,

thumbnail

Tata Cara Liburan ke Luar Negeri yang Aman Bagi Pemula

2020-11-26

Berlibur adalah salah satu aktivitas yang paling menyenangkan untuk dilakukan di waktu luang. Namun, persiapan liburan biasanya jadi hal yang justru paling merepotkan, terutama jika ingin melakukan

thumbnail

7 Bahaya Sampah Plastik Bagi Lingkungan Hidup

2020-11-03

Sudah banyak masalah lingkungan yang muncul akibat sampah. Bukan hanya bahaya jangka panjang, tapi juga merepotkan untuk jangka waktu pendek. Sahabat, apakah sudah menyadari bahaya sampah plastik d