Logo Daihatsu
Menu

7 Tanjakan Paling Ekstrim di Indonesia, Wajib Tahu!

Otomotif

2023-07-03

7 Tanjakan Paling Ekstrim di Indonesia, Wajib Tahu!

Ketika Anda melakukan road trip di beberapa wilayah Indonesia, Anda perlu memiliki skill berkendara yang mumpuni. Sebab terkadang di wilayah tersebut terdapat tanjakan atau turunan yang tajam. Berikut beberapa tanjakan paling ekstrim di Indonesia, yang perlu Anda ketahui. 

Tanjakan Paling Ekstrim di Indonesia

Ada beberapa tanjakan paling ekstrim di Indonesia yang perlu Anda ketahui agar lebih berhati-hati jika melewatinya. Berikut tanjakan selengkapnya.

1. Tanjakan Alas Roban

Tanjakan ekstrim pertama yang ada Alas Roban. Tanjakan yang satu ini berada di daerah Batang, Jawa Tengah. Tanjakan yang satu ini terbilang sangat berbahaya, karena kondisi jalannya yang berkelok-kelok, dan terdapat banyak pohon rimbun yang menjulang tinggi di sekitar jalan. Apalagi jika Anda melewati tanjakan ini di malam hari, Anda harus ekstra berhati-hati karena begitu gelap. 

2. Tanjakan Baturaden

Tanjakan ekstrim kedua, juga berada di Jawa Tengah, tepatnya tanjakan Baturaden. Tanjakan yang satu ini berada di bawah area Gunung Slamet. Tanjakan yang satu ini sering memakan banyak korban sehingga kerap kali dinilai angker oleh masyarakat. Padahal jika dilihat berdasarkan fakta, banyaknya korban kecelakaan disebabkan karena tanjakan ini memiliki sudut kemiringan hingga 30 derajat.

Baca Juga :  5 Cara Pindah Gigi Mobil Matic di Tanjakan, Sangat Mudah!

3. Tanjakan Emen

Beralih ke Jawa Barat, ada salah satu tanjakan yang terkenal ekstrim dan sangat curam seperti tanjakan Emen. Di setiap tahunnya, tanjakan ini sering menyebabkan puluhan bus, truk, atau mobil kecelakaan. Jika melewati tanjakan ini, kondisi tubuh dan mobil Anda harus benar-benar prima. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan komponen penerangan mobil Anda karena tanjakan ini sangat minim penerangan. Anda bisa membawa lampu cadangan ketika melewati tanjakan yang satu ini.

4. Tanjakan Sitinjau Laut

Tanjakan ekstrim selanjutnya, ada tanjakan Sitinjau Laut. Tanjakan yang satu ini berada di daerah Padang, Sumatera barat. Untuk melewati tanjakan ini Anda perlu memiliki kemampuan berkendara yang mumpuni. Sebab tanjakan ini memiliki sudut kemiringan hingga 45 derajat. Ditambah lagi, tanjakan ini sering dilewati oleh kendaraan angkutan berat, yang kerap kali terguling atau berhenti di tengah-tengah tanjakan. Selain itu, tanjakan ini berada di area sekitar jurang yang kerap kali berpotensi besar terhadap longsor.

5. Kelok Ampek Puluh Ampek

Kelok ampek puluh ampek atau kelok 44, juga merupakan tanjakan yang paling berbahaya di Indonesia. Rute jalan yang menjadi penghubung antara wilayah Maninjau dengan Bukittinggi ini memiliki medan jalan yang sangat curam. 

6. Tanjakan Cino Mati

Tanjakan ekstrim selanjutnya, ada di Bantul, Yogyakarta tepatnya di dusun Wonolelo, Pleret. Tanjakan ini memiliki sudut kemiringan hingga 45 derajat. Tak ayal setiap harinya banyak korban berjatuhan di tanjakan ini.

7. Tanjakan Gombel

Tanjakan ekstrim selanjutnya, ada tanjakan Gombel, Semarang. Jika Anda melewati tanjakan ini, Anda harus banyak-banyak berdoa karena selain memacu adrenalin, juga mengancam jiwa. Tanjakan ini memiliki jalanan yang berkelok-kelok, dan curam. Selain itu, kawasan ini kerap kali mengalami bencana longsor.

Demikian beberapa tanjakan ekstrim yang berada di Indonesia. Jika Anda hendak melakukan perjalanan di daerah tersebut, pastikan Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pastikan istirahat Anda cukup sebelum melakukan perjalanan agar selalu fokus. 

Jangan lupa bawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat untuk melakukan servis total. Hal ini perlu Anda lakukan agar mobil Anda prima ketika melewati tanjakan. Jika Anda sedang mencari rekomendasi mobil yang pas untuk menanjak di tanjakan ekstrim, Anda bisa memilih Daihatsu Rocky, Daihatsu All New  Xenia, atau Daihatsu Terios sebagai pilihan terbaik. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

SIM B Untuk Pengendara Apa? Simak Jawabannya di Sini!

2024-03-01

Sebagian besar dari Anda mungkin masih bertanya-tanya, SIM B untuk pengendara apa. Hal tersebut cukup wajar karena keberadaan dari SIM tersebut masih tergolong asing

thumbnail

Nggak Bakal Rugi, Begini Cara Menaksir Harga Mobil Bekas

2020-11-21

Menjual mobil bekas terkadang suka bikin bingung. Apalagi ada tugas yang paling berat dalam menjual mobil yaitu soal harga. Mau dibanderol berapa? Pernyataan seperti itu tentu jadi hal yang sulit d

thumbnail

5 Merek Alarm Mobil Bagus, dari yang Termurah sampai Jutaan Rupiah

2020-12-03

Alarm mobil merupakan satu perangkat penting sebagai tambahan fitur keamanan pada kendaraan. Mengingat saat ini marak kasus kejahatan pada mobil, maka sebaiknya lakukan langkah pencegahan dengan me

thumbnail

Pahami Fungsi Air Radiator Pada Mobil dan Cara Kerjanya!

2024-02-26

Menstabilkan kondisi komponen kendaraan memang perlu dilakukan, terutama untuk kendaraan beroda empat. Hal ini dikarenakan mesin pada jenis kendaraan ini sering mengalami masalah overheating atau k