Logo Daihatsu
Menu

7 Tips Belajar Efektif untuk Mahasiswa di Masa Pandemi

Tips & Trick

2020-11-10

cara belajar efektif untuk mahasiswa di masa pandemi

Pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi seluruh masyarakat di dunia. Hampir semua kalangan harus menyesuaikan diri dengan keadaan dan segala keterbatasan. Pelajar dan mahasiswa juga terkena dampak pandemi. Pembelajaran yang dilakukan secara online membuat sistem pembelajaran dan sosialisasi lebih terbatas.

Belajar efektif untuk mahasiswa di masa pandemi merupakan cara belajar yang perlu dilakukan agar pembelajaran di rumah tidak membuat stres. Ada beberapa penyesuaian yang bisa dilakukan untuk menjaga proses belajar tetap berlangsung optimal. Mari simak tips belajar efektif untuk mahasiswa di masa pandemi yang bisa dicoba.

1. Belajar dalam Waktu Singkat dengan Rutin

Aktivitas yang dilakukan di rumah memang tidak banyak, tapi cobalah untuk tetap melakukan rutinitas seperti biasa. Setelah jam belajar berakhir, biasakan untuk mengerjakan tugas dan mengulas kembali pelajaran untuk evaluasi. Cukup lakukan dalam waktu singkat seperti waktu belajar biasa, tapi lakukan dengan rutin, ya.

2. Disiplin Mengatur Waktu

Mulailah setiap hari dengan bangun pagi dan mandi sebelum jam belajar dimulai. Duduk di meja dan siapkan perangkat belajar online di waktu yang sudah ditentukan. Biasanya, belajar di kamar akan menimbulkan keinginan untuk kembali ke tempat tidur. Jadi, cobalah untuk pindah ke ruangan lain agar tetap fokus dan tidak tergoda tidur kembali.

Energi yang dihabiskan untuk belajar di rumah mungkin membuatmu tidur lebih malam. Jika hal ini terjadi, seimbangkan dengan melakukan aktivitas atau hobi lain agar energi di dalam tubuh tersalurkan. Nah, jam tidur sebaiknya juga bisa kembali normal.

3. Fokus Saat Belajar

Jika kondisi tubuhmu belum efektif untuk belajar, istirahatkan diri sebentar. Ambil napas panjang dan buat tubuhmu terhidrasi dengan banyak minum. Pastikan tidak ada gangguan di sekitarmu. Simpan smartphone, konsol game, atau buku novel saat sedang belajar. Kembalikan fokusmu terlebih dahulu agar materi pelajaran bisa dicerna dengan baik.

4. Berhenti Saat Lelah

Bagi sebagian orang, belajar online untuk waktu lama malah bisa membuat tubuh lebih cepat lelah. Hal ini wajar terjadi, terutama pada pengelihatan yang terlalu lama melihat layar. Jadi, tidak usah memaksakan diri ketika sudah lelah, ya.

5. Tulis Ulang Materi Pelajaran

Menulis ulang materi pelajaran membuat seseorang lebih mudah mengingat informasi yang sudah diterima. Otak akan memproses informasi dan menyimpannya secara tidak langsung saat materi dituliskan ulang di atas kertas. Cukup siapkan catatan dan tulis poin-poin yang sudah dipelajari dalam sehari. Hal ini membantumu mengingat dengan lebih baik dan cepat.

6. Olahraga Ringan dan Banyak Minum

Nah, tubuh juga harus mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Selama berada di rumah, hampir semua aktivitas dilakukan sambil duduk. Hal ini membuat sendi dan tulang harus banyak digerakkan. Lakukan peregangan setiap 1 – 2 jam sekali dan jaga tubuh agar tetap terhidrasi. Oksigen yang dipompa jantung saat berolahraga membuat otak lebih responsif menerima informasi dan materi pelajaran.

7. Tidur Cukup dan Tidak Begadang

Aktivitas di rumah memang membuat sebagian orang juga lebih santai. Mungkin banyak orang yang tidur lebih malam. Namun, terlalu sering begadang juga bisa mengganggu metabolisme tubuh terganggu. Sebaiknya, kurangi begadang agar fungsi tubuh tetap optimal dan proses belajar tetap nyaman meski berada di rumah.

Sahabat, jangan biarkan masa pandemi mengganggu proses belajar, ya. Tetap pastikan kondisi tubuh yang prima agar materi yang diserap oleh otak tetap optimal. Semoga tetap semangat belajar dan lulus sesuai rencana, ya!

Penulis: RIzkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Hal yang Harus Diterapkan Jika Ingin Memulai Hobi Membaca Buku

2020-11-24

Pasti Sahabat percaya dong, kalau buku merupakan sumber dari ilmu pengetahuan? Yups, dengan membaca buku, wawasan kamu akan semakin bertambah. Makanya nggak heran, kalau

thumbnail

Pilihan Penyedia Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri

2021-02-16

Jasa pengiriman paket ke luar negeri adalah layanan pengiriman barang yang sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman paket antar negara, baik via laut atau ud

thumbnail

Tips Memilih Oli Buat Mobil Kesayangan

2020-11-24

Oli adalah salah satu hal yang penting untuk menunjang kinerja mesin mobil kamu. Oli bertugas sebagai pelumas supaya komponen mesin tidak mengalami gesekan yang berlebih

thumbnail

Tips Memeriksa Mobil Sebelum Liburan

2020-11-24

Dalam hidup, tentunya Sahabat pernah merasakan penat atau jenuh. Rutinitas sehari-hari dan tumpukan deadline bisa membuat Sahabat jadi stres, lho. Kita membutuhka