Logo Daihatsu
Menu

7 Tips Liburan ke Lembang yang Nyaman Bersama Keluarga

Travel

2020-12-15

itinerary

Lembang merupakan salah satu kawasan favorit yang dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Bandung. Seperti layaknya orang lebih mengenal Bali daripada Indonesia, sepertinya banyak wisatawan yang lebih populer dengan kawasan Lembang daripada pusat Kota Bandung sendiri.

Lembang berada di dataran yang lebih tinggi sehingga udaranya lebih dingin dan lokasi wisata alamnya pun lebih banyak. Tidak heran jika lebih banyak wisatawan yang langsung menuju ke Lembang untuk berlibur. Sebagai kawasan yang ramah untuk keluarga, berikut ini tips berlibur yang aman dan nyaman di Lembang.

1. Hindari Jadwal Perjalanan di Akhir Pekan

Sebagai kawasan wisata yang selalu padat, akan lebih nyaman jika sahabat tidak memilih waktu liburan di akhir pekan. Bagi yang masih punya jatah cuti tahunan, bisa dipakai untuk berlibur ke Lembang bersama keluarga. Akses ke Lembang tetap harus melewati perkotaan sehingga akan bebas macet jika pergi di hari Senin – Jumat (weekday).

2. Buat Itinerary Perjalanan Wisata

Lokasi wisata populer di Lembang lumayan banyak, mulai dari Kawah Putih, Tangkuban Parahu, hingga De Ranch. Ada juga beberapa lokasi wisata keluarga yang bisa dikunjungi bersama anak-anak. Oleh karena itu, pastikan untuk menjadwalkan lokasi yang benar-benar ingin didatangi sesuai rute perjalanan. Jadi, sahabat tidak perlu bolak-balik, deh.

3. Mencoba Kuliner Lokal

Kuliner Bandung memang paling juara, termasuk Lembang. Sahabat harus mencoba ketan bakar, jagung bakar, dan colenak. Kudapan khas ini sangat nikmat untuk dinikmati di malam hari sambil menyeruput segelas minuman hangat. Sahabat juga bisa mencoba berbagai hidangan sunda seperti ayam goreng, sambal, lalapan dengan nasi hangat yang nikmat.

4. Bawa/Sewa Kendaraan Pribadi

Jika berlibur bersama keluarga, pilihan paling nyaman untuk berlibur di Lembang adalah membawa transportasi pribadi. Di Lembang masih ada angkutan kota (angkot), tapi belum tentu melewati lokasi wisata yang ingin dikunjungi bersama keluarga.

5. Bawa Pakaian Hangat

Cuaca mungkin jadi salah satu kondisi yang relatif dan tidak selalu terasa sama bagi masing-masing orang. Namun, sebaiknya tetap sediakan pakaian hangat untuk dibawa ke Lembang. Setidaknya bawa baju hangat dan selimut tambahan. Tidak perlu terlalu tebal, asal bisa menghangatkan diri, sahabat tetap bisa berkegiatan dengan nyaman.

6. Pesan Penginapan dari Jauh Hari

Tips liburan ke Lembang merupakan persiapan yang perlu dilakukan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan situasi terkini di Lembang. Salah satu hal yang paling penting adalah memilih penginapan. Banyak resort yang bagus untuk dipakai tempat menginap di Lembang, tapi pemesanannya harus dilakukan sejak jauh hari.

Sekalipun bukan akhir pekan, bukan tidak mungkin sahabat bisa kehabisan penginapan, loh. Jadi, pastikan sahabat sudah memilih penginapan dengan fasilitas yang nyaman, terutama jika hanya ingin staycation. Lokasi yang jauh dari kebisingan sangat cocok bagi yang ingin menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari.

7. Siapkan Perlengkapan Pribadi

Persiapan terakhir adalah menyiapkan perlengkapan pribadi seperti obat-obatan dan alat mandi. Ya, terlepas dari situasi pandemi Covid-19, sahabat tetap harus menjaga kebersihan dan kesehatan dengan membawa alat mandi dan alat makan portabel. Hal ini akan lebih mempermudah sahabat saat berkegiatan di luar ruangan bersama keluarga.

Kesimpulannya, sahabat hanya perlu bersiap-siap untuk melakukan aktivitas liburan seperti biasa saat ke Lembang. Namun, pastikan tetap memperhatikan protokol kesehatan, keamanan, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan cuaca dingin, ya!


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Peraturan dan Larangan di Gunung Bromo

2020-10-28

Indonesia menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi oleh setiap wisatawan lokal maupun mancanegara. Ikon wisata di daerah Jawa Timur ini mena

thumbnail

Mudik dan Pulang Kampung, Berbeda atau Sama Makna?

2020-12-15

Mudik dan pulang kampung adalah dua istilah berbeda menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pernyataan yang dilontarkan oleh Presiden Jokowi tersebut kemudian viral di be

thumbnail

Deretan Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Vietnam

2021-03-24

Vietnam merupakan negara di Asia Tenggara yang punya banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Namun, di masa pandemi ini banyak sekali tempat wisata yang ditutup d

thumbnail

Ini 15 Tempat Wisata di Gorontalo dengan Panorama Alam Mempesona

2021-01-18

Lokasi wisata di Indonesia memiliki daya tarik alam yang sangat indah. Tidak heran jika banyak lokasi wisata yang sangat populer dikunjungi oleh wisatawan domestik maupu