Logo Daihatsu
Menu

7 Universtas yang Bisa Kuliah Sambil Kerja di Jakarta

Tips & Trick

2020-12-15

binus

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk bekerja sebelum lulus kuliah. Alasannya juga beragam, bisa saja kesempatan kerja memang datang saat baru lulus SMA. Namun, belajar di perguruan tinggi juga penting untuk dapat mendukung jenjang karier. Sahabat mungkin sedang mempertimbangkan kembali untuk kuliah sambil kerja.

Universitas yang bisa kuliah sambil kerja merupakan pilihan kelas belajar di perguruan tinggi yang jadwal kuliahnya di luar jam kerja. Biasanya, jadwal kuliah dilakukan sore hingga malam hari dan di akhir pekan. Nah, berikut inilah daftar universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta dan sekitarnya.

1. Universitas Indonesia

Jangan salah fokus pada lokasi Universitas Indonesia (UI) yang ada di Depok, ya. Kelas malam di UI juga ada yang berlokasi di Salemba. Namun, sahabat yang bekerja di Jakarta juga bisa lebih mudah mengakses kampus UI di Depok dengan menggunakan KRL. Oleh karena itu, UI menjadi salah satu universitas yang direkomendasikan.

2. Universitas Trisakti

Kelas karyawan di Universitas Trisakti diselenggarakan pada hari Senin – Jumat mulai jam 17.00 – 21.00. Bagi sahabat yang ingin tetap punya waktu istirahat di akhir pekan tanpa bekerja dan pergi ke kampus, jadwal kuliah di Universitas Trisakti layak dipertimbangkan. Belum lagi, akreditasinya juga menjanjikan meskipun termasuk universitas swasta.

3. Universitas Gunadarma

Lokasi kampus Universitas Gunadarma juga berlokasi di Depok. Biasanya, beberapa jurusan melakukan praktikum di hari Sabtu dan Minggu. Namun, perkuliahannya dimulai relatif lebih malam yaitu pukul 18.30 – 21.30 setiap Senin – Jumat. Jadi, bagi sahabat yang waktu kerjanya berakhir lebih malam, mungkin bisa mencocokkan jadwal perkuliahan lebih mudah.

4. Universitas Atma Jaya

Nah, lokasi kampus Universitas Atma Jaya terbagi atas tiga lokasi yaitu Semanggi, Pluit, dan Serpong, tepatnya di Bumi Serpong Damai. Dengan beberapa pilihan lokasi kampus, sahabat bisa memilih lokasi kampus yang lebih dekat dengan kantor atau rumah. Hal ini akan membuat sahabat tetap bisa beristirahat meskipun harus berkegiatan sepanjang hari.

5. Universitas Esa Unggul

Universitas ini sangat dikenal sebagai pelopor jurusan kesehatan yang berkualitas. Kampus Universitas Esa Unggul berlokasi di kawasan Jakarta Barat. Kabarnya, sahabat juga bisa mendapatkan kelas e-learning melalui Multi Access Learning. Fasilitas ini akan memudahkan sahabat untuk mengakses bahan ajar, melakukan diskusi, mengumpulkan tugas, dan sebagainya.

6. Universitas Mercu Buana

Mahasiswa lulusan Universitas Mercu Buana biasanya dikenal dengan kemampuan teknologi informasinya. Namun, masih ada banyak jurusan dan fakultas non-IT yang bisa sahabat pilih jika ingin belajar di Universitas Mercu Buana. Namun, perlu diingat bahwa lokasi kampusnya juga cukup banyak yaitu di Meruya, Menteng, Depok, dan Bekasi. Jadi, pastikan memilih jurusan studi yang masih bisa ditempuh tepat waktu sambil bekerja, ya.

7. Universitas Bina Nusantara

Sahabat pasti sangat familier dengan pilihan universitas ini. Universitas Bina Nusantara sangat terkenal dengan kelas karyawannya karena pembelajarannya juga sudah didesain secara online. Hal ini akan lebih disukai oleh para karyawan karena akses belajar lebih fleksibel. Untuk mengikuti kelas tatap muka, kampusnya terletak di Kebon Jeruk, Kemanggisan, Senayan, dan Serpong.

Nah, itulah tadi beberapa pilihan universitas yang bisa sahabat ikuti sambil bekerja. Ingat, pendidikan juga tidak kalah penting untuk mendukung kemampuan dan kualitas diri sahabat di lingkungan kerja, terutama untuk jenjang karier di masa depan. Selamat belajar lagi, ya!


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk Simak Cara Melacak Mobil Dengan Google Maps yang Mudah

2021-03-22

Semakin berkembangnya teknologi yang ada, maka mobil bisa dilacak dengan menggunakan GPS dengan mudah. Dengan kecanggihan fitur ini, maka Anda bisa memantau dan melacak

thumbnail

Ketahui Tips Merawat Mobil di Masa Pandemi

2020-11-24

Pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia memang sangat mempengaruhi sendi kehidupan. Semua hal yang memungkinkan kontak fisik dibatasi. Dalam upaya mempercepat pena

thumbnail

7 Ide Usaha Modal 5 Juta untuk Bisnis Para Pemula

2020-12-04

Berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha? Hal ini sebenarnya tergantung dengan rencana usaha yang ingin dilakukan. Tak semua usaha membutuhkan modal besar, terutama jika baru mulai u

thumbnail

Cara Menyetir Mobil Manual Saat Banjir dengan Mudah

2020-10-07

Pada musim penghujan biasanya membuat sebagian daerah terendam banjir. Hal ini tentu membuat Sahabat yang harus bepergian dan melewati daerah banjir sangat berhati-hati