Logo Daihatsu
Menu

Ini Bahaya Yang Dapat Timbul Bila Mobil Sering Dijemur

Tips & Trick

2020-09-09

menjemur mobil

Akhir-akhir kondisi di kota Indonesia, terutama kota-kota besar sangat terik. Bahkan suhu udara bisa mencari 30 derajat lebih.  Suhu tinggi, udara panas, dan paparan sinar matahari yang menyengat ternyata juga dapat memberikan efek buruk pada mobil apabila sering diparkir di lapangan terbuka dan dalam waktu berjam-jam. 

Efek sering Memarkir Mobil dibawah Terik Matahari

Apa saja efek buruk yang ditimbulkan bila Anda sering memakirkan mobil dibawah terik matahari? Simak ulasannya dibawah ini

1. Eksterior Rusak

Tentunya yang paling berpengaruh adalah bagian ekterior dimana warna cat mobil akan lebih pudar dan kusam  apabila sering terjemur matahari dalam waktu lama.  Suhu yang tinggi juga berpotensi memanggang cat dan karet-karet. Maka dari itu lebih baik memarkirnya di basement atau bisa menggunakan kanopi agar kondisi cat terlindungi dari matahari.

2. Bilah Wiper Akan Rusak

Dampak lainnya adalah bagian karet di wiper juga dapat mengeras dan rusak serta bisa menyebabkan baret pada kaca ketika dipakai lantaran karet wiper yang tidak elastis lagi.  Pertama, sebelum meninggalkan mobil, selalu biasakan untuk menegakkan batang wiper agar tidak bersentuhan langsung dengan kaca. Ini berguna untuk menghindari karet wiper mengeras atau menjadi tidak rata, karena menempel dengan kaca yang panas.

3. Interior

Untuk interior, suhu di dalam kabin bisa menjadi sangat tinggi hingga 70 derajat Celsius. Selain tidak nyaman, suhu tinggi dapat berpengaruh pada cat dasbor mobil. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa lapisi kaca mobil dengan kaca film yang mampu mengurangi efek sinar ultraviolet ke kabin. Pilih kaca film yang memang sudah terkenal kualitasnya.  

4. AC Cepat Rusak

Umumnya pengendara akan menyalakan AC dengan suhu tinggi agar suhu mobil cepat turun. Hal ini malah memboroskan bahan bakar serta membuat kinerja AC tidak akan optimal.  Langkah yang seharusnya Anda bisa lakukan yakni sebelum menyalakan AC sebaiknya buka jendela saja lebih dahulu agar uap panas keluar sehingga kondisi mobil lebih dingin. Setelah itu barulah nyalakan AC  mobil.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Pekerjaan

2020-11-24

Salah satu penyebab Sahabat sering kali berpindah-pindah tempat kerja adalah kurangnya pertimbangan ketika memilih pekerjaan. Sebenarnya, sebelum Sahabat melamar pekerja

thumbnail

Tips Memilih Oli Buat Mobil Kesayangan

2020-11-24

Oli adalah salah satu hal yang penting untuk menunjang kinerja mesin mobil kamu. Oli bertugas sebagai pelumas supaya komponen mesin tidak mengalami gesekan yang berlebih

thumbnail

7 Macam Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi untuk Camilan

2021-02-03

Di Indonesia, jajanan pasar selalu jadi camilan hampir di setiap kegiatan. Mulai dari kumpul keluarga, acara syukuran, atau camilan saat berjalan-jalan di sekitar rumah.

thumbnail

Tips Melakukan Perawatan Wajah Alami di Rumah yang Hemat Biaya

2021-08-03

Kulit wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang harus senantiasa dijaga kualitasnya. Jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin kesehatan kulit tetap terjaga, pasti