Logo Daihatsu
Menu

Lima Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Berkendara di Malam Hari

Otomotif

2020-11-18

lampu kabin

Berkendara di malam hari sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi di zaman sekarang, keamanan jalanan semakin meningkat dan menyebabkan semua orang merasa aman saat harus berkendara di malam hari.

Bahkan bagi sebagian orang, berkendara di malam hari akan menjadi pilihan utama daripada berkendara di siang hari agar terhindar dari macet. Sahabat pernah nggak berkendara di malam hari?

Saat Sahabat mengendarai mobil di malam hari, lampu kabin pada mobilmu harus dimatikan, kan, Sahabat? Pernahkah kamu penasaran mengapa lampu kabin pada mobilmu tersebut harus dimatikan saat kamu berkendara di malam hari?

Nah, simak yuk lima alasan mengapa lampu kabin pada mobilmu harus dimatikan saat berkendara di malam hari.

Menyesuaikan Penglihatan Mata pada Malam Hari

Pupil matamu akan berubah ukuran sesuai intensitas cahaya yang diterima. Jika lampu kabin pada mobilmu menyala, pupil akan mengecil dan menyebabkan jumlah cahaya yang masuk ke mata lebih sedikit.

Jika di saat sama, keadaan di luar mobil begitu gelap, maka kemampuan penglihatanmu pun akan terganggu. Oleh karena itu, lampu kabin mobil yang dimatikan akan membuat pupil matamu menyesuaikan diri dengan intensitas cahaya di luar mobil. Prinsip sederhana ini dapat menyelamatkan nyawa.

Menjaga Privasi

Salah satu alasan sebaiknya lampu kabin mobil harus dimatikan adalah untuk menjaga privasi kamu agar terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti dibegal.

Jika lampu kabin pada mobilmu menyala, para penjahat, seperti pejahat begal, akan lebih mudah melakukan aksinya karena sudah mengetahui kondisi di dalam mobilmu.

Boros Aki

Lampu kabin yang dibiarkan terus menyala di sepanjang perjalanan, akan berpengaruh pada komponen aki. Sebagai penghasil energi listrik, daya aki mobilmu akan terkuras habis jika kamu menyalakan lampu kabin mobil dalam jangka waktu yang lama.

Apalagi, jika kamu sedang berada dalam perjalanan jauh. Lampu kabin yang terus-terusan dinyalakan akan menyebabkan aki mobilmu habis. Dampaknya mobilmu akan mogok. Tidak hanya itu, habisnya aki mobil akan berpengaruh pada perfoma mobil dan menyebabkan kerusakan komponen mobil yang lain.

Menganggu Konsentrasi Pengendara Lain

Lampu kabin yang menyala akan menganggu konsentrasi pengendara mobil yang berada di sekitar kamu. Pandangan pengendara lain harus tertuju pada lampu-lampu petunjuk di jalan raya. Jika lampu kabin mobilmu menyala, konsentrasi pengendara lain akan beralih pada bagian mobilmu yang terang.

Nah, itu sebabnya pada malam hari, kamu dilarang menyalakan lampu kabin untuk menerangi bagian dalam mobilmu. Tidak hanya kamu yang akan terkena dampaknya, pengendara lain juga.

Terkena Tilang

Oleh karena bisa menganggu pengendara lain di jalan raya, menghidupkan lampu kabin di malam hari juga berpotensi ditilang polisi. Menyalakan lampu kabin sama saja melanggar aturan yang diklaim dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Dengan tidak menyalakan lampu kabin mobil di sepanjang perjalanan, kamu turut menjadi pelopor keamanan di jalan raya.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh menyalakan lampu kabin mobil sama sekali. Sebenarnya boleh saja kamu menyalakan lampu kabin mobil asalkan sesuai kebutuhan dan tidak dalam waktu yang lama. Saat sedang berhenti di pinggir jalan, misalnya.

Nah, itulah alasan mengapa lampu kabin pada mobilmu harus dimatikan saat kamu berkendara di malam hari. Selain untuk keselamatan dirimu atau keselamatan pengendara lain, mematikan lampu kabin juga penting untuk keselamatan dompetmu alias tidak boros aki dan tidak kena tilang.

Baca juga : 3 Masalah yang Sering Muncul Pada Mobil Setelah Berkendara Jarak Jauh 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jenis-jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

2021-02-19

Salah satu kelengkapan yang mesti ada pada mobilmu adalah lampu. Dengan adanya lampu, kamu bisa lebih aman dalam berkendara, lho. Bahkan di tengah malam dan hujan deras,

thumbnail

Mengenal Daihatsu Zebra, Sejarah, Spesifikasi, Kelebihan, Harga, dan Cara Menghitung Pajaknya

2021-04-26

Daihatsu Zebra merupakan salah satu mobil minibus legendaris yang hingga saat ini tetap beroperasi di jalanan. Sahabat bisa melihatnya sendiri di jalanan masih saja ada

thumbnail

Cara Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan dan Turunan yang Benar

2022-10-12

Mobil matic di Indonesia saat ini tengah menjadi tren. Mobil matic di klaim lebih mudah digunakan oleh para pengemudi mobil pemula khususnya kaum pelajar dan kaum wa

thumbnail

Arti Plat RF, Jenis dan Aturan yang Berlaku

2024-01-31

Plat nomor di Indonesia sangatlah beragam karena setiap daerah memiliki kode yang berbeda-beda. Namun, apakah Anda pernah melihat plat RF di jalanan? Jika pernah, ap