Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Melawan Rasa Kantuk Ketika Mengemudi
09 Oktober 2017
rasa kantuk

Rasa kantuk yang datang saat Sahabat sedang berkendara tentu menjadi satu kendala yang perlu diwaspadai. Apalagi saat sedang melakukan perjalanan jauh dan melelahkan, tentu rasa kantuk bisa datang tiba-tiba.

Mengemudi dalam kondisi mengantuk sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Selain membahayakan untuk diri sendiri, juga membahayakan untuk pengendara lain di sekitarnya. Oleh karena itu, ada baiknya Sahabat mewaspadai dan menyiapkan diri agar rasa kantuk ini tidak sampai mengganggu apalagi membahayakan perjalanan anda. 

Jika Sahabat mulai merasa mengantuk, maka sebaiknya jangan meneruskan perjalanan dan istirahatlah atau tidur sampai hilang rasa kantuknya, karena itu obat yang paling ampuh.

Tips Melawan Rasa Kantuk

Berikut ini beberapa tips yang dapat Sahabat coba untuk mencegah rasa kantuk yang datang saat anda sedang mengemudi:

1. Mendengarkan Musik dengan Tempo Cepat

Cobalah untuk mendengarkan musik dengan tempo cepat dan berirama riang. Jangan mendengarkan musik yang mendayu-dayu, karena musik itu malah akan membuat Sahabat semakin mengantuk.

2. Minta Ditemani Saat Mengemudi

Ajaklah seorang teman atau anggota keluarga yang bisa menemani Sahabat sepanjang perjalanan. Dengan begitu, Sahabat bisa mengobrol bersamanya jika mulai mengantuk. Akan lebih baik lagi jika orang yang menemani Sahabat bersedia untuk bergantian mengemudi.

3. Minum Kopi

Jika mata dan tubuh sudah benar-benar lelah, Sahabat butuh kafein untuk membantu menjaga kesadaran. Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Minumlah kopi secukupnya ketika rasa kantuk muncul.

4. Sesekali Membuka Kaca Jendela

Untuk menyegarkan udara di dalam kabin mobil, cobalah sesekali membuka kaca jendala. Karena udara yang masuk akan membuat Sahabat segar atau bersemangat lagi dan rasa kantuk pun hilang.

5. Menepi dan Berhentilah Sejenak

Menepi dan berhentilah sejenak untuk melakukan peregangan. Peregangan akan membangkitkan rasa segar dan akan membuat kantuk hilang

6. Berhenti dan Tidur Sejenak

Jika cara di atas tidak berhasil mengusir rasa kantuk, menepilah di tempat yang aman atau di rest area dan tidur sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Rasa kantuk memang akan selalu muncul ketika kita melakukan perjalanan, hal ini dikarenakan tubuh kita yang lama mengemudi akan merasa lelah seiring berjalannya waktu. 

Nah, semoga dengan tips-tips diatas bermanfaat bagi Sahabat yang sedang maupun akan melakukan perjalanan. 

Baca juga : Bahaya Microsleep Saat Berkendara! Ini 4 Tips Mengatasinya

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku