Logo Daihatsu
Menu

Air Wiper Mobil Tidak Keluar? Ini Penyebab dan Solusinya

Otomotif

2023-01-10

Air Wiper Mobil Tidak Keluar? Ini Penyebab dan Solusinya

Air wiper mobil tidak keluar, bukan hanya diakibatkan oleh habisnya air wiper di dalam reservoir. Masih banyak hal lain yang menyebabkan permasalahan tersebut terjadi. Lantas apa saja penyebabnya dan bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Dapat Keluar beserta Solusinya

Berikut ini adalah beberapa penyebab air wiper mobil tidak dapat keluar dan solusinya.

1. Selang penyalur air wiper bermasalah

Air wiper pada mobil bisa saja tidak dapat keluar karena adanya permasalahan pada bagian selang penyalur air wiper. Hal tersebut terjadi karena adanya endapan kotoran di bagian selang, adanya kebocoran, ataupun selang terlepas dari tempatnya.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengecek bagian selang secara rutin. Tujuannya pengecekan tersebut, agar Anda mengetahui apakah selang terlepas atau tidak. 

Jadi Anda bisa segera menempatkan selang ke posisi semula. Anda juga bisa membersihkan selang tersebut apabila sudah kotor. Anda juga bisa mengganti selang yang bocor dengan selang yang baru.

Baca Juga : Cara Mematikan Wiper Mobil dan Simbol yang Dimilikinya

2. Adanya masalah pada bagian motor penggerak air wiper

Kondisi motor penggerak air wiper yang aus atau sudah mati tentu saja membuat air wiper mobil tidak keluar. Untuk mengetahui kondisi tersebut, Anda cukup mendengarkan suara mesin dari motor penggerak air wiper. Jika Anda menekan tombol air wiper, namun Anda tidak mendengarkan suara dengungan dari mesin. Maka bisa dipastikan bagian motor penggerak air wiper sudah aus atau mati. 

Keausan tersebut bisa saja terjadi karena usia motor penggerak air wiper sudah terlalu tua. Ataupun karena disebabkan oleh bagian sekring dan sistem kelistrikan mobil yang bermasalah. Anda bisa mengecek bagian sekring atau sistem kelistrikan untuk mengetahui sumber kerusakannya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghubungi dealer Daihatsu atau mekanik profesional dari bengkel terdekat. Agar permasalahan tersebut dapat ditangani secara cepat dan tepat.

3. Adanya masalah pada sistem kelistrikan beserta komponennya

Adanya masalah pada sistem kelistrikan, dapat membuat mobil mengalami korsleting. Kondisi tersebut dapat merusak komponen kelistrikan mobil, termasuk merusak motor penggerak air wiper.

Akibatnya motor penggerak tersebut tidak dapat memompa air karena tidak mendapat suplai aliran listrik. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu atau bengkel terdekat. Dengan begitu sistem kelistrikan mobil Anda bisa bekerja sebagaimana mestinya sehingga air wiper bisa keluar.

4. Adanya kerusakan pada switch wiper

Kerusakan pada sekring dapat membuat bagian switch wiper juga rusak. Akibatnya aliran listrik tidak dapat dialirkan menuju ke motor penggerak air wiper. Secara otomatis, air wiper tidak dapat keluar. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti sekring yang rusak dengan sekring yang baru. 

Baca Juga : Berikut Manfaat Menguras Tabung Air Wiper Secara Rutin

5. Adanya penyumbatan pada nozzle air wiper

Bagian tangki, dan selang air wiper yang terlalu kotor. Juga dapat menyebabkan penyumbatan pada nozzle air wiper. Seperti Anda ketahui, nozzle merupakan ujung lubang penyemprot air wiper.

Jika bagian tersebut tersumbat, maka secara otomatis air wiper mobil tidak akan keluar. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus rajin membersihkan bagian selang ataupun tangki air wiper. Jika Anda tidak punya banyak waktu, Anda bisa menusuk bagian lubang dari nozzle agar air wiper bisa keluar. 

Demikian beberapa cara mudah yang bisa Anda praktikan agar air wiper dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pastikan Anda selalu rutin melakukan pengecekan dan perawatan mobil secara menyeluruh agar kondisi mobil selalu prima ketika bermanuver. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tingkatkan Performa, Ini 5 Sensor Penting di Sistem Bahan Bakar Injeksi

2020-11-17

Kini banyak pabrikan otomotif memproduksi kendaraan bermotor dengan menerapkan sistem bahan bakar injeksi. Apakah anda tahu bahwa motor bermesin injeksi ternyata telah d

thumbnail

Ini Penyebab Mesin Mobil Mati saat Injak Kopling

2020-12-03

Salah satu penyakit mobil dengan transmisi manual adalah soal kopling. Saat kopling dilepas atau diinjak, keduanya bisa membuat mesin mobil mati dan bikin panik si pengemudi. Ada dua hal yang berhu

thumbnail

Penyebab Remote Keyless Tidak Berfungsi dan Solusinya

2022-05-27

Keamanan dari sebuah transportasi memang hal yang sangat penting. Kunci adalah salah satu alat pengaman yang wajib dimiliki oleh setiap kendaraan. Untuk mengunci sebuah

thumbnail

Benarkah Isi Bensin Saat Malam Lebih Baik Daripada Siang? Ini Faktanya!

2021-08-31

Apakah benar jika mengisi bensin saat malam hari lebih baik atau akan mendapat BBM lebih banyak daripada saat siang hari? Atau sebenarnya isi bensin siang atau malam itu