Logo Daihatsu
Menu

Alasan Cek Kekencangan Mur Roda Mobil Secara Berkala

Otomotif

2022-05-22

cek kekencangan mur roda

Setiap kendaraan pasti memiliki roda agar bisa bergerak. Pada saat memasangkan roda ini Anda perlu memastikan bawa mur roda sudah terpasang dengan baik. Khususnya pada kendaraan roda empat, Anda perlu cek kekencangan mur roda secara berkala. Mur roda yang tidak kencang maka bisa saja terlepas saat Anda berkendara.

Dalam kasus terparah, lepasnya mur roda ini bisa membahayakan keamanan dan keselamatan Anda saat berkendara. Tentunya hal seperti ini tidak ingin terjadi pada Anda bukan? Untuk menghindari hal seperti ini, maka Anda perlu mengecek kekencangan mur roda kendaraan sebelum digunakan.

Jangan Lupa Selalu Cek Kekencangan Mur Roda Secara Rutin 

Mur roda memang perlu dilakukan servis secara berkala. Biasanya mobil bisa melakukan servis mulai dari 1000 km pertama, kemudian di 10.000 km dan begitu seterusnya. Melakukan servis secara berkala ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa berkendara dengan nyaman dan mobil tidak akan mengalami masalah tertentu.

Mengecek kekencangan mur roda memang terlihat sepele, namun jika tidak dilakukan bisa saja membahayakan Anda saat berkendara. Untuk menentukan apakah mur roda sudah terpasang dengan baik, Anda bisa memeriksa setiap mur kekencangannya harus sama dengan ukurannya. Penggunaan mur dengan kekencangan yang sama seperti ini memang sangatlah penting.

Jika Anda memasangkan mur roda dengan ukuran kekencangannya di bawah standar, maka bisa saja mur rawan terlepas dari drat mur. Mur yang kekencangannya kurang maksimal seiring waktunya akan terus berkurang kekencangannya. Hal inilah yang menyebabkan mur bisa terlepas dan kendur secara sendirinya.

Sedangkan jika terlalu kencang mengakibatkan kendaraan mudah slek dan jika dibuka Anda akan merasa kesulitan. Mur roda yang terlalu kencang juga bisa menjadikan Anda kurang nyaman saat berkendara. Pemilihan mur yang sesuai dengan ukuran kekencangannya menjadi hal yang penting untuk Anda lakukan.

Jangan sampai Anda salah pilih ukuran murnya, dan bisa menyebabkan berbagai hal yang tidak diinginkan. Apabila Anda sudah memilih mur dengan ukuran yang tepat, maka cek kekencangan mur roda secara berkala agar nyaman dan aman saat kendaraan Anda digunakan. Pastinya tak hanya menentukan ukuran mur roda.

Untuk mengecek kekencangan dari mur roda ini, bisa dilakukan secara mandiri atau ada saat melakukan servis. Apabila Anda ingin mengecek kekencangan roda kendaraan, maka bisa menggunakan alat berupa kunci torsi atau kunci momen. Penggunaan kunci ini cukup penting dan bisa Anda gunakan setiap saat ketika keadaan darurat sekalipun.

Anda juga perlu memasangkan mur roda secara benar agar tidak mudah terlepas, ataupun terlalu kencang. Teknik pemasangan mur roda memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Untuk mengencangkannya bisa dengan bantuan alat seperti kunci momen yang secara otomatis mampu memberikan batasan gerakan kunci jika kekencangan baut sudah tercapai.

Baca Juga : Manfaat Membersihkan Sela-sela Mur Roda Mobil Saat Musim Hujan

Sudah seharusnya Anda memperhatikan kekencangan mur roda saat memasangnya agar mur tidak mudah terlepas. Tentunya hal ini juga diimbangi dengan cek kekencangan mur roda yang dilakukan secara berkala. Pengecekan ini juga bisa Anda lakukan saat akan menggunakan kendaraan atau saat akan melakukan servis. Selalu pastikan roda mobil tetap aman sebelum digunakan. 

Untuk melakukan service secara berkala, bisa Anda lakukan di dealer daihatsu resmi terdekat. Pastikan untuk memilih dealer resmi yang sudah pasti mobil Anda akan ditangani oleh orang yang profesional dan berpengalaman dalam bidangnya. Ingin mendapatkan berbagai informasi mengenai otomotif yang bermanfaat? Silahkan kunjungi kami Daihatsu dan dapatkan informasi terupdate lainnya.


Tag

Otomotif

Share This