Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu Cruise Control? Ketahui Cara Menggunakan dan Fungsinya!

Otomotif

2022-08-02

Apa Itu Cruise Control? Ketahui Cara Menggunakan dan Fungsinya!

Bagi Anda yang masih pemula dan bingung cara mengontrol kecepatan mobil, bisa menggunakan cruise control. Sebetulnya, cara menggunakan cruise control sangatlah mudah. Simak sampai tuntas, dibawah ini, ya!

Makin hari rasanya teknologi yang disematkan pada mobil semakin canggih dan semakin mempermudah penggunanya. Sebut saja teknologi cruise control yang sudah terdapat di beberapa mobil yang beredar di pasaran.

Apa itu cruise control mobil? Anda pasti penasaran dengan teknologi yang satu ini. Berikut ini ulasannya.

Baca Juga : Tips Bikin Xenia Tidak Limbung Saat Kecepatan Tinggi

Apa Itu Cruise Control?

 Cruise control adalah fitur canggih yang disematkan di mobil keluaran terbaru yang bisa menyetel mobil untuk konsisten pada kecepatan tertentu tanpa Anda menekan pedal akselerator.

Teknologi ini sangat membantu sekali, apa lagi bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan jauh dan kaki terasa lelah karena harus terus menekan pedal.

Teknologi cruise control mobil manual ini memiliki beberapa nama seperti speed control, active cruise control, intelligent cruise control, dynamic radar cruise control, autocruise, distronic plus, dan masih banyak penyebutan tergantung pabrikan mobilnya.

Cara Menggunakan Fitur Cruise Control

Cara menggunakan cruise control ini sangat mudah untuk Anda coba. Ada beberapa tombol dasar pada fitur cruise control ini, berikut cara menggunakannya :

1. Tombol ON/OFF

Bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan cruise control? Yaitu dengan menggunakan tombol ON/OFF.

Tombol ini digunakan untuk menghidupkan atau mematikan fitur cruise control di mobil Anda. Anda bisa mengecek statusnya di dasbor mobil.

2. Tombol Res +

Tombol ini digunakan untuk menambah kecepatan mobil sebesar 1 mph. Jika Anda ingin mempercepat lagi, Anda bisa menekan tombol ini sekali lagi atau berkali-kali sampai kecepatan sesuai dengan keinginan Anda.

3. Tombol Set -

Tombol ini digunakan untuk mengurangi kecepatan sebelumnya sebesar 1 mph. Jika ingin memperlambat lagi, tekan berulang kali tombol ini.

4. Tombol Cancel

Tombol ini digunakan untuk menonaktifkan fitur cruise control.

Secara mendasar, letak tombol fitur cruise control ini berbeda-beda tiap jenis mobilnya. Anda bisa menyesuaikan dengan merk atau jenis mobil Anda.

Baca Juga : Mengenal Electronic Control Unit (ECU) pada Mobil, Fungsi, Jenis, dan Ciri Kerusakannya

Fungsi Cruise Control

Fitur cruise control untuk apa? Fungsi cruise control secara garis besar adalah mengatur kecepatan mobil tanpa Anda perlu menginjak pedal gas.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada batasan minimal dan maksimal fitur cruise control ini dapat dijalankan.

Biasanya batas kecepatan minimal teknologi ini dapat dinikmati adalah ketika mobil Anda berapa di atas 40 km/jam. Sangat cocok digunakan saat Anda berada di jalan tol yang biasanya mobil berkecepatan 60 km/jam.

Selain itu, teknologi cruise control ini juga bisa mendeteksi jarak kendaraan di depannya saat mobil Anda melaju dan melakukan pengereman secara otomatis dengan bantuan Artificial Intelligence yang sudah ditanamkan pada mobil tersebut.

Hal ini biasanya terdapat pada mobil yang sudah menggunakan teknologi adaptive cruise control.

Imbauan Saat Menggunakan Teknologi Cruise Control

Meskipun fitur yang dimiliki oleh teknologi cruise control ini canggih dan cukup menggantikan peran pengendara, Anda tetap harus bijak dalam menggunakannya.

Anda tetap harus berkonsentrasi dalam berkendara. Karena masih ada kemungkinan-kemungkinan tak terduga seperti mobil yang muncul berlawanan arah dan mobil yang tiba-tiba mendahului. Ini sangat riskan.

Anda juga disarankan menggunakan fitur ini saat di jalan tol. Jangan gunakan pada jalanan yang macet. Jangan aktifkan ketika hujan karena jalan licin dan sangat berisiko selip dan terjadi kecelakaan.

Dan yang tak kalah penting, Anda harus memahami simbol-simbol pada cruise control yang ada di mobil Anda. Pelajari lebih dulu sebelum menggunakannya.

Itulah penjelasan mengenai cruise control dan cara menggunakannya. Gunakan dengan bijak dan utamakan keselamatan berkendara.

Untuk menunjang keselamatan berkendara, Anda bisa melakukan service secara berkala di bengkel atau dealer Daihatsu terdekat untuk mengetahui komponen mobil Anda mana saja yang perlu diganti sebelum merembet dan merusak komponen lainnya. Bagaimana pun, mencegah lebih baik daripada mengobati.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Catat, Ini Penyebab Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

2022-08-02

Kondisi rem tangan yang kurang pakem, tentu bisa menimbulkan masalah yang fatal. Penyebab rem tangan mobil yang kurang pakem bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seper

thumbnail

Mengenal Cara Kerja dan Keunggulan Kopling Hidrolik

2022-08-02

Sahabat, ada dua jenis transmisi mesin pada mobil, yakni transmisi manual dan otomatis. Jenis transmisi ini biasanya lebih sering disebut sebagai mobil manual dan mobil&

thumbnail

Penyebab Rem Tangan Mobil Macet dan Cara Mengatasinya

2022-08-02

Rem tangan mobil adalah bagian yang cukup penting dari sebuah mobil. Dimana tanpa bagian tersebut, sistem pengereman mobil tidak akan terjadi secara maksimal. Bahkan rem

thumbnail

Tips dan Trik Mengatasi Mabuk AC Mobil

2022-08-02

Setiap mobil tentunya dilengkapi dengan AC atau untuk menunjang kenyamanan para pengendara. Namun, apakah Anda tau ada sedikit orang yang mungkin saja sensitif dengan pe