Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Drive Shaft? Kenali Fungsi dan Gejala Kerusakannya

Otomotif

2023-09-29

Apa itu Drive Shaft? Kenali Fungsi dan Gejala Kerusakannya

Berbicara mengenai komponen-komponen sistem penggerak mobil tentu tidak sedikit yang dibuat bingung. Pasalnya, terdapat beberapa komponen yang memiliki nama dengan akhiran “shaft”. Namun, di antara semua komponen sistem penggerak mobil terdapat salah satu komponen penting seperti drive shaft. Lantas apakah fungsi dari komponen tersebut? Serta bagaimana ciri-ciri yang bisa diketahui apabila komponen tersebut rusak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari perhatikan pembahasan berikut ini.

Apa Itu Drive Shaft? 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, drive shaft merupakan salah satu komponen dari sistem penggerak. Tepatnya pada mobil dengan sistem penggerak FWD, atau AWD. Drive shaft sendiri di kalangan otomotif juga dikenal dengan istilah lain, yakni as roda. 

Fungsi Drive Shaft

Drive shaft sendiri memiliki beragam fungsi yang dapat membantu mekanisme kerja sistem penggerak mobil agar dapat bekerja dengan baik. Adapun fungsi selengkapnya sebagai berikut. 

1. Sebagai penyalur tenaga

Drive shaft memiliki fungsi utama pada mobil, yakni sebagai penyalur tenaga dari bagian transmisi ke bagian roda. Hal tersebut dapat terjadi, karena di salah satu ujung drive shaft terhubung dengan roda mobil dan transmisi. 

2. Meningkatkan fleksibilitas roda

Fungsi selanjutnya, drive shaft dapat meningkatkan daya fleksibilitas pada roda mobil. Dengan begitu pergerakan roda pada sudut belok dapat bergerak dengan bebas. Hasilnya, mobil dapat melewati segala medan jalanan dengan baik.

3. Wadah reluctor ABS

Selain kedua fungsi di atas, drive shaft juga berfungsi sebagai wadah (tempat terpasangnya) reluctor ABS. Seperti diketahui, reluctor ABS memiliki fungsi yakni sebagai informan sensor ABS sehingga ketika roda berputar, maka sensor ABS akan mengidentifikasi kecepatan putaran dari setiap roda. 

Tanda dan Gejala Drive Shaft Rusak

Ketika drive shaft mengalami kerusakan, akan muncul beberapa tanda dan gejala yang bisa Anda rasakan. Berikut tanda dan gejala selengkapnya.

1. Muncul bunyi kletek-kletek

Ketika mobil Anda mengeluarkan bunyi kletek-kletek di saat mobil sedang berbelok, itu tandanya drive shaft sedang bermasalah. Bunyi tersebut bisa Anda dengar di area roda kiri depan atau kanan depan mobil tergantung bagian mana yang rusak. Bunyi tersebut terjadi, biasanya disebabkan karena posisi drive shaft yang kurang tepat, atau drive shaft lepas. 

2. Pada kecepatan tertentu, bodi mobil bergetar

Gejala rusaknya drive shaft, juga bisa diketahui dari adanya getaran yang muncul pada bagian kabin mobil. Getaran tersebut akan timbul pada kecepatan-kecepatan tertentu (ketika menambah kecepatan). Getarannya sendiri terasa dari bagian kemudi hingga bodi mobil. 

3. Kemudi mobil tidak seimbang

Drive shaft yang rusak juga menimbulkan fenomena unik seperti sistem kemudi (setir) tidak seimbang. Ketika mobil melaju secara perlahan, setir akan terasa berat sebelah. Hal tersebut terjadi karena drive shaft yang rusak dapat mengganggu kinerja as roda ketika berputar. Akibatnya, putaran roda kiri dan kanan mobil menjadi kurang stabil. Hal inilah yang membuat setir mobil terasa seperti ditarik di salah satu sisi. Kondisi ini tentu sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara serta dapat mengancam nyawa pengemudi. 

Jika gejala-gejala tersebut terjadi pada mobil Anda. Sebaiknya, segera kunjungi bengkel terdekat untuk melakukan penggantian drive shaft. Pastikan Anda melakukan servis ke bengkel Daihatsu agar segala permasalahan mengenai mobil Anda dapat ditangani dengan tepat. Sebab bengkel Daihatsu memiliki mekanik yang kompeten di bidangnya, peralatan servis yang modern, serta suku cadang yang asli. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Reparasi Mika Lampu Mobil yang Pecah dengan Cepat

2022-05-27

Lampu merupakan salah satu fitur penting yang dibutuhkan oleh sebuah mobil. Dengan memiliki lampu yang sesuai standar maka mobil akan dapat menikmati perjalanan dengan a

thumbnail

Tips Mudah Mengetahui Kualitas Kampas Rem Cakram

2022-04-07

Sistem rem pada mobil merupakan komponen yang sangat penting untuk mengendalikan mobil bahkan berkaitan erat dengan menjaga keselamatan dalam berkendara. Oleh sebab itu,

thumbnail

5 Komponen Gardan Mobil dan Fungsinya

2021-02-15

Differential atau gardan menjadi komponen penting yang ada pada sistem pemindah tenaga atau yang disebut dengan power train system.