Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu Kaliper? Inilah Fungsi dan Cara Kerjanya Pada Mobil

Otomotif

2023-12-20

Apa Itu Kaliper? Inilah Fungsi dan Cara Kerjanya

Sistem pengereman pada suatu mobil bisa dibilang bagian dari sistem keselamatan untuk pengguna mobil. Pada sistem pengereman terbagi menjadi dua sistem yaitu sistem cakram dan sistem tromol. Bicara soal sistem pengereman cakram ada salah satu komponen yang memiliki peran krusial yaitu kaliper. 

Kaliper adalah salah satu komponen sistem pengereman cakram yang berperan menjepit bagian piringan dan kampas cakram. Nah untuk memahami lebih dalam mengenai fungsi dan cara kerja kaliper rem pada mobil, berikut kami berikan informasinya lengkapnya.

Fungsi Kaliper Rem Cakram Pada Mobil

Apakah kegunaan kaliper itu? Berikut beragam fungsi dari kaliper rem cakram :

1. Pengatur Laju Kecepatan Kendaraan

Kaliper memiliki fungsi utama sebagai pengatur atau pengendali laju kecepatan mobil. Peran komponen ini bisa dibilang sangat penting untuk menjaga keselamatan pengguna mobil.

2. Pengendali Kendaraan saat Sedang Melakukan Proses Pengereman

Kaliper rem terdapat pada bagian depan dan belakang kendaraan. Desain tersebut sudah dirancang agar kendaraan dapat berhenti secara maksimal ketika kendaraan sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

Kaliper akan mengurangi kecepatan tersebut secara perlahan dan cepat, sehingga ketika proses pengereman kondisi mobil bisa tetap berada dalam batas aman.

Baca Juga : Penyebab Piston Kaliper Rem Mobil Berkarat dan Cara Membersihkannya

3. Memangkas Jarak Pengereman

Kaliper dirancang agar mobil bisa melakukan pengereman dalam jarak dekat dengan mudah. Sehingga sangat berfungsi ketika Anda harus melakukan pengereman secara mendadak.

Meski pengereman secara mendadak tidak dianjurkan dan harus melakukan pengereman dari jarak jauh. Namun, ada beberapa hal yang tak terduga yang mengharuskan seseorang melakukan pengereman mendadak.

4. Menekan Bagian Piringan Cakram

Di dalam kaliper terdapat kampas rem yang berfungsi menekan bagian piringan cakram. Sehingga kendaraan akan berhenti ketika proses tersebut terjadi.

5. Proses Pengereman Menjadi Lebih Optimal

Fungsi kaliper selanjutnya yaitu bisa membuat proses pengereman menjadi optimal dan efisien. Hal tersebut terjadi karena keberadaan kaliper dekat dengan komponen pengereman lainnya. Misalnya seperti sticking brake pad yang berfungsi mengamankan dan mempertahankan posisi perangkat keras di dalam kendaraan.

6. Mengurangi Perputaran Roda Kendaraan

Kaliper juga berfungsi mengurangi dan menghambat perputaran roda kendaraan, sehingga laju kendaraan yang terlalu cepat dapat dikurangi dan dihentikan.

7. Memberikan Gaya Dorong pada Cakram Rem

Fungsi selanjutnya, kaliper dapat berfungsi sebagai penyalur gaya dorong ke bagian cakram. Pada bagian kaliper juga terdapat bagian seal piston, yang digunakan untuk menyalurkan gaya dorong tersebut ke bagian piringan cakram.

Seal piston tersebut akan memperlambat laju putaran roda kendaraan, hingga mengurangi kebocoran pada proses hidrolik minyak rem saat Anda menginjak pedal rem.

Baca Juga : Cara Mencegah Piston Kaliper Rem Macet

Cara Kerja Kaliper Rem pada Sistem Pengereman Cakram

Bagaimana cara kerja komponen kaliper rem ini ? Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa mekanisme kerja kaliper adalah menggunakan prinsip kerja hidrolik.

Jadi ketika kaliper dalam kondisi mengembang, maka bagian piston akan memberikan gaya dorong ke rem cakram bagian dalam atau rotor hingga membuat laju kendaraan terhenti. Namun, jika kondisi kaliper dalam posisi awal maka bagian piston akan memadat di kedua sisi kaliper. 

Apa Ciri-ciri Kerusakan pada Kaliper Rem?

Tanda-tanda kerusakan pada kaliper rem dapat dikenali dari gejala tertentu, di antaranya adalah perasaan kaku pada pedal rem ketika ditekan. Meskipun pedal rem terasa lebih sulit, disarankan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh guna mengidentifikasi akar penyebab masalah sistem pengereman.

Demikian ulasan mengenai apa itu kaliper dan beberapa fungsi hingga cara cara kerja kaliper dalam sistem pengereman cakram sebuah kendaraan.

Pastikan Anda selalu rutin mengecek komponen rem cakram dan rem tromol dan komponen sistem pengereman mobil lainnya. Apabila bermasalah, segera lakukan penanganan dengan mengganti komponen tersebut di dealer Daihatsu terdekat atau bengkel resmi terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berapakah Batas Toleransi Telat Ganti Oli Mobil? Ini Jawabannya!

2021-01-04

Batas toleransi telat ganti oli mobil adalah hal yang harus Sahabat ketahui, sebelum hendak mengganti oli. Mengetahui batasan tersebut bakal membuat Sahabat terhindar da

thumbnail

Setir Mobil Terasa Berat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2023-02-16

Saat ini banyak pabrikan mobil yang sudah menggunakan

thumbnail

Segini Kira-Kira Biaya Body Repair Mobil di Berbagai Jenis Bengkel

2021-01-20

Biaya body repair mobil adalah hal yang mesti diketahui, sebelum resmi melakukan perbaikan pada bodi mobil. Mengetahui hal itu bisa membantu Sahabat untuk menyiapkan dan

thumbnail

Inilah Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas & Cara Mengatasinya

2023-01-06

Memahami penyebab radiator mobil panas sejak dini dapat menghindarkan