Tips Sahabat

Apa Itu Kickdown pada Mobil Matic dan Bahayanya

10 Desember 2021
kickdown mobil matic

Kickdown mobil matic sering dilakukan sehingga transmisi secara otomatis berpindah ke gigi yang lebih rendah. Apakah hal ini berbahaya?

Sebagian orang menilai bahwa mengendarai mobil matic jauh lebih mudah dibanding manual. Namun nyatanya perlu teknik khusus sehingga performa kendaraan tetap prima dalam segala medan.

Apa Itu Kickdown Mobil Matic dan Bahayanya

Istilah kickdown sering didengar ketika seseorang mengendarai mobil. Dalam keadaan menanjak yang cukup tajam atau tiba-tiba harus mendahului kendaraan di depannya, membutuhkan tenaga yang full.

Saat berkendara, seseorang harus gesit dan cepat mengambil tindakan ketika menghadapi situasi tertentu. Ini dilakukan agar laju kendaraan tetap seperti keinginan. 

Ketika mengendarai mobil matic, kickdown dilakukan dengan menginjak gas secara penuh dan mendadak. Tujuannya adalah agar transmisi berpindah satu tingkat di bawahnya dan mempercepat akselerasi.

Jika mobil matic digas penuh maka torsinya akan naik. Secara otomatis akan terjadi penurunan gigi pada transmisi dan akan naik lagi. Hal ini harus dilakukan dengan benar.

Teknik kickdown sering dilakukan agar bisa mendapatkan tenaga yang besar secara mendadak. Apakah cara ini aman bagi kendaraan? Saat melakukannya, gigi persneling akan turun satu tingkat dan putaran mesin lebih cepat.

Tindakan ini membuat gesekan kampas kopling semakin besar. Untuk mendapatkan torsi maksimal, pada kondisi ini kampas kopling dibuat slip. Lama-lama akan menipis. 

Cara melakukan Kickdown yang benar

Lantas, bagaimana cara melakukan kickdown yang benar?  Ternyata tidak sulit. Sebelumnya pastikan tuas pada posisi D. Kendurkan gas, kemudian injak Kembali secara cepat dan mendalam. 

Ketika melakukan kickdown, pastikan pengemudi memegang kemudi dengan benar untuk mengantisipasi tenaga yang tiba-tiba besar. Setelah melalui tanjakan atau menyalip kendaraan di depan, turunkan kembali gas agar transmisi pindah ke tingkat lebih tinggi.

Untuk mengantisipasi kurangnya tenaga karena transmisi tidak berpindah, posisikan persneling dari D ke posisi 2 atau 3. Bisa juga dengan mematikan overdrive. Tujuannya agar putaran mesin meningkat sehingga torsi naik.

Bahaya Kickdown Pada Mobil Matic

Teknik kickdown sebenarnya tidak direkomendasikan. Lakukan hanya jika dalam kondisi terpaksa. Jika terlalu sering dilakukan maka dapat berdampak buruk pada kendaraan matic. 

Resiko dilakukannya kickdown mobil matic adalah mobil menjadi lebih boros. Posisi memaksa mesin untuk bekerja maksimal secara mendadak perlu bahan bakar yang lebih banyak dari biasanya.

Tindakan ini, jika terlalu sering dilakukan dapat merusak mesin. Meskipun hal ini jarang terjadi. Namun antisipasi dengan meminimalkan kickdown adalah cara yang tepat.

Sebaiknya kickdown hanya dilakukan pada kondisi darurat seperti menghadapi tanjakan curam atau tiba-tiba harus mendahului kendaraan di depannya. Lakukan dengan benar untuk meminimalkan kemungkinan terjadi kerusakan sparepart.

Kickdown secara langsung dapat menyebabkan kampas kopling cepat habis. Proses kerja dengan membuatnya selip dan memaksa mesin berputar lebih cepat dapat menyebabkan sparepart aus.

Ketika melakukan kickdown, pengemudi harus benar-benar berkonsentrasi dan fokus. Perhatikan jarak aman dan karena mobil bisa tiba-tiba melaju dengan cepat. Bersiap untuk segera menginjak rem jika hal ini terjadi.

Tenaga yang tiba-tiba besar dapat membuat pengemudi kaget. Jika tidak bisa mengendalikan kemudi, akibatnya fatal. Saran untuk sebaiknya tidak melakukan kickdown memang sangat tepat.

Baca Juga: Penyebab Perseneling Mobil Tidak Bisa Pindah Gigi

Meski demikian, semua hal dapat terjadi di jalan. Sebaiknya gunakan kendaraan  handal dan berkualitas untuk mengantisipasi semua keadaan, seperti produk dari Daihatsu. Brand ini selalu menghadirkan mobil yang siap dengan semua medan. 

Kickdown mobil matic merupakan alternatif terakhir ketika harus mendapatkan tenaga besar dalam waktu cepat. Jangan terlalu sering melakukannya karena dapat menimbulkan kerusakan dan bahaya bagi pengendara.

Tips Sahabat Lainnya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release bearing merupakan salah satu komponen penting dari kopling mobil bertransmisi manual. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harusnya mengetahui fungsi, cara kerja serta tanda kerusakan dari k
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Reservoir tank merupakan komponen pada sistem pendingin mobil yang memiliki fungsi vital di dalam sistem tersebut. Komponen ini kerap kali disebut sebagai tabung cadangan air radiator. Bagi Anda yang
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Trade in adalah istilah lain yang digunakan untuk proses tukar tambah kendaraan. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam mekanisme jual beli. Lantas bagaimana cara kerja trade in dalam proses jual b
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta Solo berapa jam jika naik mobil? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, mari perhatikan ulasan di bawah ini agar Anda bisa memilih rute terbaik sehingga estimasi waktu perjalanan lebih c
Logo Daihatsu
Daihatsu Access
1500898
hotline@daihatsu.astra.co.id
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami