Logo Daihatsu
Menu

Jenis Soket Lampu Mobil dan Fungsinya, Yuk Pahami!

Otomotif

2022-10-19

Jenis Soket Lampu Mobil dan Fungsinya, Yuk Pahami!

Mengetahui jenis soket lampu mobil beserta fungsinya sangatlah perlu. Dengan mengetahui jenis dan fungsi tersebut, Anda bisa memiliki banyak opsi untuk penerangan mobil.

Penerangan dalam sebuah mobil merupakan hal yang sangat penting demi menjaga kenyamanan dan keamanan saat bepergian terutama dalam kondisi jalanan gelap. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan ulasan berikut ini.

Jenis Soket Lampu Mobil Beserta Fungsinya

Berikut beberapa jenis dari soket lampu mobil yang wajib Anda ketahui.

1. Soket Lampu H4

Soket lampu jenis H4 dapat digunakan pada mobil Daihatsu Sigra, baik jenis LED (Light Emitting Diodes), halogen, atau HID (High Intensity Discharge).

Jenis soket ini merupakan jenis soket yang paling banyak digunakan oleh mobil yang berada di Indonesia. Fungsi dari soket lampu ini sebagai rumah dari lampu H4 yang berfungsi sebagai headlight atau lampu jauh. 

Lampu ini biasanya memiliki ciri yaitu terdapat dua filamen. Filamen yang pertama memiliki reflektor yang berfungsi memberikan pantulan ke arah bawah dari pijaran kawat.

Kemudian reflektor memantulkan ke arah atas. Sedangkan filamen satunya berpijar ke segala penjuru arah sesuai pengaturan reflektor soket sehingga lampu dapat menembakkan cahaya hingga 4 hingga 8 meter.

Biasanya jenis soket H4 dilengkapi dengan plat pipih berbentuk huruf “U” sebanyak tiga plat. Plat pertama berfungsi sebagai massa. Sedangkan plat kedua dan ketiga berfungsi memberikan tegangan pada setiap filamen lampu.

Biasanya lampu H4 memiliki daya ideal sebesar 45/55W, 90/100W atau 130/100W. Dengan daya sebesar itu, pengemudi mobil dapat berkendara di area jalanan yang gelap seperti area pegunungan serta menghindari risiko terjadi kecelakaan akibat jalanan yang gelap.

2. Soket Lampu H11

Soket lampu jenis H11 memiliki fungsi sebagai rumah atau tempat duduk lampu H11 atau yang lebih dikenal dengan fog lamp (lampu kabut).

Mengingat peran lampu H11 yang begitu krusial membuat soket ini dibuat dengan material bahan tahan panas dan kuat seperti tembaga berkualitas tinggi, dan aluminium. Karena lampu ini memiliki daya yang lumayan besar yaitu 55W, sehingga cukup membuat panas. 

Namun di sisi lain, lampu jenis ini dapat menyala begitu terang meski hujan lebat atau jalanan berkabut tebal. Soket lampu H1 ini mampu menghasilkan estimasi kekuatan cahaya sebesar 18W atau 1.350 lumen dalam konversi 75 lumen = 1W. Soket lampu H11 biasanya digunakan untuk mobil Daihatsu Xenia.

3. Soket Lampu H16

Soket jenis lampu H16 sebenarnya memiliki fungsi seperti soket lampu H11 yaitu diperuntukkan untuk fog lamp atau lampu kabut. Namun, bedanya hanya di daya dan tegangan saja. 

Soket jenis ini menggunakan daya dan tegangan yang lebih rendah, yaitu sebesar 19W atau 12 Volt. Apabila digunakan akan menghasilkan estimasi daya setara 6W dengan konversi setiap 1W sama dengan 75 lumen.

Kekuatan cahaya yang dihasilkan sebesar 500 lumen. Dayanya yang lebih rendah dari soket H11 membuat soket ini dibuat dari material bahan mika. Biasanya lampu ini digunakan untuk mobil Daihatsu Xenia, Daihatsu Sigra, dan Daihatsu Ayla

Itulah beberapa jenis soket lampu mobil yang wajib Anda ketahui. Jika Anda berminat untuk mengganti atau menggunakan soket lampu untuk mobil Anda, sebaiknya Anda kunjungi dealer Daihatsu terdekat atau bengkel resmi, agar mendapatkan soket lampu dengan reputasi brand ternama, jenis dan ukuran soket lampu sesuai pemasangan, memiliki garansi, hingga proses pemasangan yang tepat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Cara Membersihkan Karburator Mobil dengan Mudah

2020-12-30

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator. Karburator merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil, yang san

thumbnail

3 Penyebab Ketidakstabilannya Standar RPM Mobil Injeksi

2021-01-06

Ketika membicarakan otomotif pada kendaraan bermotor, pada bagian spesifikasinya Anda pasti akan menemukan istilah rpm. Meski begitu banyak orang yang masih belum mengen

thumbnail

5 Penyebab Alternator Tidak Mengisi yang Perlu Pengendara Ketahui!

2021-01-14

Tidak sedikit pemilik kendaraan roda empat, mengabaikan perawatan berbagai komponennya. Padahal hal ini bisa menyebabkan kerusakan, terutama pada bagian alternator. Untu

thumbnail

Fungsi dan Cara Penggunaan Flasher Mobil

2021-01-12

Sebagai pengguna kendaraan bermotor, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan bagian lampu sein yang menjadi salah satu komponennya.