Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Jenis-jenis Lampu Mobil dan Fungsinya
30 Oktober 2018
lampu mobil

Salah satu kelengkapan yang mesti ada pada mobilmu adalah lampu. Dengan adanya lampu, kamu bisa lebih aman dalam berkendara, lho. Bahkan di tengah malam dan hujan deras, lampu mobil sangat kita butuhkan. Ada juga lampu yang berfungsi sebagai tanda jika mobilmu hendak belok.

Jenis Lampu Mobil 

Nah, sejatinya mobil punya sembilan jenis lampu luar. Wah, banyak ya? Apa aja sih, jenis-jenis lampu yang harus ada di luar mobil. Lalu, apa fungsi masing-masing lampu tersebut?

1. Lampu Dekat

Pertama-tama, mari kita kenali lampu paling simpel dan mudah ditemui di mobil, namanya lampu dekat atau Low Beam. Jangkauan sinar yang dihasilkan lampu ini sangat pendek, makanya disebut sebagai lampu dekat. Biasanya, ketika mobil memasuki daerah pemukiman warga, lampu ini bakal sangat dibutuhkan supaya tidak mengganggu orang-orang di sekitar jalan.

2. Lampu Jauh

Selain lampu dekat, ada juga lampu jauh yang berguna untuk menerangi jalanan saat berkendara. Jangkauan sinar yang dihasilkan lampu ini lebih jauh daripada lampu dekat. Makanya, lampu ini juga disebut sebagai High Beam. Lampu ini adalah lampu yang wajib digunakan saat sedang berkendara di jalan-jalan besar, khususnya ketika hari sudah mulai gelap.

3. Lampu Kabut

Lampu ini sifatnya sangat kondisional. Artinya, betul-betul tergantung pada tempat dan cuaca. Ketika sedang berada di daerah yang berkabut, lampu ini sebaiknya digunakan. Lampu yang disebut juga sebagai Fog Lamp ini, biasanya terletak di depan dan belakang mobil. Fungsi Fog Lamp di belakang mobil adalah untuk memberi tanda kepada mobil lainnya, supaya mereka bisa menjaga jarak.

4. Lampu Senja

Apakah lampu yang mesti dinyalakan ketika hari mulai sore? Atau bahkan, ketika cuaca begitu mendung? Yup, lampu senja adalah lampu yang mesti kita nyalakan ketika sore telah tiba, sesuai dengan namanya. Lampu senja disebut juga sebagai lampu kota, fungsinya, untuk memberi tanda kepada kendaraan lainnya, jika mobil kita berada di suatu lintasan yang sama.

5. Lampu tail

Berikutnya, adalah lampu tail atau stop lamp yang terletak di belakang mobil. Biasanya, lampu senja dan lampu stail terhubung melalui saklar yang sama. Jadi, ketika lampu senja dinyalakan, lampu stail pun akan ikut menyala. Kalau lampu senja berfungsi untuk memberi tanda kepada kendaraan lainnya, khususnya mobil yang berada di depan, lampu tail berguna untuk memberi tanda kepada mobil di belakang.

6. Lampu rem

Sahabat pasti sudah tau, kalau mobil yang menginjak pedal rem bakal menyalakan lampu belakang mobil. Apa fungsinya? Tentunya untuk memberi sinyal kepada mobil di belakang supaya mengurangi kecepatannya. Kalau mobil kamu tidak punya lampu rem, atau lampu mobil rem kamu rusak, wah, bahaya banget, Sahabat. Bisa-bisa kamu ditabrak dari belakang oleh mobil lain.

7. Lampu sein

Nah, lampu yang satu ini betul-betul berguna buat keselamatan kamu dan mobil. Ketika hendak berbelok, Sahabat wajib menyalakan lampu sein sesuai dengan arah yang bakal dituju. Lampu sein bakal menyala di bagian depan dan belakang mobil sebagai tanda peringatan kepada kendaraan lain, bahkan orang lain.

8. Lampu Hazard

Lampu hazard bisa menyalakan keempat lampu sein secara bersamaan. Lampu ini adalah sinyal bahaya atau darurat. Biasanya, lampu hazard akan digunakan ketika mobil sedang dalam iring-iringan mengantar jenazah. Tidak jarang juga, lampu hazard dinyalakan ketika mobil tengah dilanda hujan deras, dilengkapi dengan kabut nan tebal.

9. Lampu Mundur

Lampu ini terletak di bagian belakang mobil. Ketika mobil sedang mundur, maka lampu ini bakal menyala. Lampu ini berfungsi sebagai tanda mobil lain yang berada di belakang, supaya mereka tau bahwa mobil kita hendak mundur.

Sahabat sekarang sudah tau jenis-jenis lampu yang mesti berada pada mobil. Lampu-lampu di atas adalah lampu yang terletak di luar mobil. Selain lampu-lampu eksterior, interior mobil kamu juga memerlukan lampu penerangan, seperti lampu kabin dan lampu pada plafon.

Jangan remehkan lampu mobil, Sahabat. Meskipun mereka fungsional, lampu-lampu mobil bisa menunjang keamanan kamu dalam berkendara. Jadi, jangan lupa lengkapi mobilmu dengan lampu-lampu di atas, ya!

Baca juga : Jenis yang Tepat Untuk Modifikasi Lampu Mobil 

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku