Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu PKB di STNK? Ini Arti dan Cara Membacanya

Otomotif

2024-01-31

Apa Itu PKB di STNK? Ini Arti dan Cara Membacanya

Di dalam STNK kendaraan bermotor terdapat berbagai istilah, salah satunya PKB. Lantas apa itu PKB? Agar Anda tidak penasaran dengan arti PKB, mari perhatikan ulasan berikut.

Apa Itu PKB di STNK? 

PKB merupakan akronim dari Pajak Kendaraan Bermotor. PKB bisa diartikan sebagai pajak pokok atau pajak atas penguasaan atau kepemilikan kendaraan yang wajib dibayarkan oleh badan atau semua orang yang memiliki kendaraan bermotor. Aturan mengenai PKB tersebut sudah tercantum pada Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015. 

Biasanya besaran nominal tarif PKB yang dibayarkan sebesar 1,5% dari nilai jual kendaraan. PKB di Indonesia sendiri dibagi menjadi dua jenis, yakni PKB tahunan (1 tahun) dan PKB lima tahunan. Pada jenis PKB tahunan, pajak kendaraan bermotor wajib dibayarkan secara rutin setiap tahunnya. Sedangkan pada jenis PKB lima tahunan, pajak dibayarkan setiap lima tahun sekali bersamaan dengan pergantian plat nomor kendaraan dan pembaharuan STNK.

Cara Membaca PKB di STNK

PKB di STNK kendaraan bermotor, biasanya tercantum dalam bentuk tanggal dan angka. Berikut cara membaca PKB di STNK yang benar.

1. Nomor PKB

Nomor PKB biasanya terdiri dari kumpulan angka, terkadang juga yang dikombinasikan dengan huruf. Nomor PKB biasanya terletak di bagian tengah atau atas STNK. Tepatnya, pada bagian bawah informasi nama dan alamat tempat tinggal pemilik kendaraan. 

2. Tahun Pajak

Untuk tahun pajak, terletak tepat di sebelah nomor PKB. Tahun pajak tersebut menunjukkan mengenai masa pajak kendaraan.

3. Bulan jatuh tempo

Bulan jatuh tempo, terkadang juga dicantumkan di STNK. Keterangan ini menunjukkan bulan pembayaran PKB untuk perpanjangan status kendaraan. Pastikan Anda tidak melewati batas bulan jatuh tempo tersebut jika tidak ingin dikenakan denda.

4. Tanggal jatuh tempo

Tanggal jatuh tempo, juga terkadang dicantumkan di STNK. Keterangan ini menunjukkan tanggal batas kedaluwarsa pembayaran PKB. Apabila pembayaran pajak PKB melewati batas tanggal yang ditentukan, maka akan dijatuhi denda.

5. Informasi tambahan

Selain beberapa keterangan di atas, STNK juga mencantumkan beberapa informasi tambahan seperti besaran pajak yang harus dibayarkan, lokasi pembayaran pajak, hingga informasi lainnya mengenai PKB. 

Baca Juga : Dasar dan Peraturan Pajak Kendaraan

Objek PKB

Di Indonesia objek yang dikenakan PKB meliputi beberapa objek berikut.

1. Semua jenis kendaraan kecuali:

  • Kereta api.
  • Kendaraan bermotor milik konsulat, kedutaan, dan perwakilan asing.
  • Kendaraan milik lembaga internasional dengan syarat sudah mendapatkan pembebasan pajak dari pemerintahan Indonesia.
  • Kendaraan milik pabrik atau importir sebagai objek pameran dan tidak untuk dijual.
  • Kendaraan bermotor untuk keamanan dan pertahanan suatu negara.

2. Penguasaan atau kepemilikan terhadap suatu kendaraan bermotor.

3. Kendaraan bermotor yang bergerak (beserta gandengannya) yang beroperasi di darat.

4. Kendaraan bermotor yang beroperasi di air dengan ukuran bruto GT 5 (Lima Gross Tonnage) hinggi ukuran bruto GT 7 (Tujuh Gross Tonnage).

Dampak Telat Membayar PKB

Ada beberapa dampak negatif yang Anda terima jika Anda telat membayar PKB. Anda akan dikenakan denda maksimal 48% jika telat bayar PKB selama 24 bulan atau 48 bulan. Bagi Anda yang telat bayar PKB selama dua tahun, pembayaran PKB tidak bisa dilakukan secara online. Bahkan berpotensi kendaraan Anda di blokir. Untuk mengetahui cara menghitung denda pajak ini bisa cek di postingan ini "Cara Menghitung Biaya Denda Telat Bayar Pajak Mobil".

Demikian ulasan lengkap mengenai PKB. Pentingnya membayar PKB tepat waktu, sama dengan pentingnya melakukan perawatan rutin kendaraan Anda. Bicara soal perawatan kendaraan, jangan lupa kunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kapan Seharusnya Kipas Radiator Mobil Berputar? Simak Disini!

2023-02-14

Kipas radiator merupakan bagian dari sistem pendingin mesin yang berfungsi sebagai pendingin kondensor AC. Kipas radiator juga berfungsi untuk menjaga kestabilan suh

thumbnail

11 Penyebab Tenaga Mobil Ngempos dan Cara Mengatasinya

2023-02-15

Tenaga mobil ngempos merupakan salah satu masalah yang tidak dapat diprediksi oleh pemilik mobil. Pasalnya, masalah tersebut datang secara tiba-tiba dan kerap kali m

thumbnail

Wajib Lakukan Hal Ini saat Mobil Mogok di Jalan Tol: Tidak Perlu Panik!

2021-06-09

Mengendarai mobil sendiri memang memudahkan kita untuk selalu bergerak bebas tanpa bergantung pada orang lain. Terlebih, ketika kegiatan banyak di luar bahkan sering kel

thumbnail

Tips Mudah Menaikkan Performa Mobil yang Menurun

2022-03-16

Menaikkan performa mobil dapat Sahabat lakukan dengan mudah. Seperti yang diketahui, semakin lama mobil digunakan, maka performanya juga akan semakin menurun.