Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Valet Parking? Ini Fungsi, Cara dan Tugasnya

Otomotif

2023-07-10

Apa itu Valet Parking? Ini Fungsi, Cara dan Tugasnya

Layanan valet parking umumnya terdapat di mall, hotel, atau tempat lainnya di kota-kota besar. Valet parking adalah sebuah layanan yang memudahkan pemilik kendaraan agar tidak perlu repot memarkirkan mobil secara mandiri, berikut penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Valet Parking?

Valet parking adalah fasilitas atau layanan memarkirkan kendaraan yang dilakukan oleh petugas, sehingga pemiliknya tidak perlu repot memarkirkan kendaraan secara mandiri.  Layanan ini umumnya tersedia di kota besar dan di lokasi ramai seperti rumah sakit, mall, hotel, dan lain-lain dengan kemungkinan sulit untuk memarkir kendaraan.

Petugas valet parking umumnya mengenakan seragam rapi dan formal seperti dasi, kemeja, hingga sarung tangan. Layanan ini sangat berguna terlebih ketika memasuki akhir pekan karena keterbatasan lahan parkir.

Rupanya layanan ini telah ada sejak jaman dahulu, namun bukan menggunakan mobil melainkan kuda. Valet bertugas mengantarkan kuda ke kandang penyimpanan atau dapat pula mengantar surat pribadi.

Fungsi Valet Parking

Terdapat beragam fungsi yang bisa didapatkan dari fasilitas ini. Apa saja? Ini penjelasan fungsinya:

Menghemat Waktu

Fungsi pertama adalah menghemat waktu pemilik kendaraan, agar tidak perlu repot menghabiskan waktu untuk mencari lahan parkir terlebih ketika kondisi lahan parkir sedang padat. Parkir kendaraan oleh jasa valet terbilang lebih efisien dari segi waktu, karena sudah terjamin benar dan aman. 

Mengantisipasi Pencurian

Fungsi selanjutnya adalah untuk mengantisipasi pencurian kendaraan, terutama terjadinya kasus pencurian di ruang umum dengan situasi ramai. Pasalnya pemilik kendaraan akan sibuk berbelanja dan tidak fokus terhadap kendaraan yang diparkir.

Berbeda dengan menggunakan jasa ini, karena petugas akan memikirkan posisi parkir yang aman serta melakukan penjagaan penuh sehingga aman dari pencurian. 

Efisiensi Lahan Parkir

Selain itu jasa valet juga menjadikan lahan parkir lebih luas dan tertata rapi, karena petugas mampu mengatur posisi kendaraan sedemikian rupa guna memaksimalkan penggunaan lahan parkir.

Cara Tugas Valet Parking

Berikut tugas dari petugas yang bekerja memarkirkan kendaraan, di antaranya:

1. Memeriksa Kondisi Kendaraan

Tugas pertama adalah memeriksa kondisi bodi kendaraan yang akan diparkir, apakah terdapat kerusakan, goresan, pecah ban, atau kondisi lainnya.

2. Mengonfirmasi Kendaraan

Setelah selesai memeriksa kondisi kendaraan, petugas akan mengonfirmasi dengan pemilik kendaraan terkait kondisi sebelum diparkirkan apakah ada kerusakan atau tidak. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pemilik dan petugas, terlebih ketika ada kerusakan yang tidak disadari oleh pemilik sebelum mobil diparkirkan.

3. Memarkirkan Kendaraan

Selanjutnya petugas akan memarkirkan kendaraan dengan tepat, aman, dan benar sesuai dengan SOP yang berlaku. Tak perlu khawatir karena keahlian petugas melampaui keahlian pengemudi biasa. 

4. Mengembalikan Kendaraan

Setelah selesai, petugas akan mengembalikan kendaraan tepat waktu kepada pemiliknya. 

Baca Juga : 7 Tips Aman Parkir Mobil di Rumah untuk Menjaga Bodi dan Mesin

Cara Menggunakan Fasilitas Valet Parking

Untuk dapat menggunakan layanan ini rupanya sangat mudah, karena pemilik kendaraan hanya perlu berhenti di lobi atau berhenti di tempat khusus untuk fasilitas parkir valet. Setelah itu mintalah bantuan kepada petugas lalu serahkan kunci kendaraan Anda.

Berapa Harga Valet Parking?

Harga yang dipatok untuk layanan ini dapat berbeda tergantung dari lokasi, namun umumnya tarifnya berkisar antara Rp 40 ribu hingga Rp 100 ribuan. Contohnya untuk tarif parkir valet di mall Jakarta Pusat, dibandrol Rp 50 ribuan untuk kelas reguler dan Rp 100 ribu untuk kelas VIP. Sementara untuk tarif parkir valet di pusat perbelanjaan, umumnya dibanderol Rp 40 ribuan.

Perbedaan valet reguler dan VIP adalah pada harga, lokasi dan pelayanannya. Untuk parkir reguler, umumnya kendaraan akan diparkirkan di lokasi sama dengan mobil lainnya. Sementara untuk VIP akan diparkirkan di lahan khusus VIP.

Ringkasnya, valet parking adalah sebuah layanan untuk memudahkan pemilik kendaraan agar tidak perlu repot memarkirkan secara mandiri.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Cara Cuci Jok Mobil yang Benar

2021-06-30

Kebersihan mobil adalah hal utama yang tidak bisa disepelekan, apalagi jika mobil digunakan setiap hari. Mobil yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan

thumbnail

4 Rekomendasi Mobil Kabin Lega untuk Keluarga, Paling Nyaman!

2023-10-10

Mengetahui rekomendasi terbaik mobil lega untuk keluarga sangat diperlukan, terutama ketika hendak membeli mobil. Pasalnya mobil dengan kabin yang lega akan memberik

thumbnail

Nggak Perlu ke Bengkel, Begini Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar

2020-11-22

Oli mobil memiliki peran penting dalam menjaga performa mobil. Setidaknya oli mobil harus diganti secara berkala, minimal tiga bulan sekali atau setiap 5.000 kilometer. Nggak perlu diba