Logo Daihatsu
Menu

Apakah Aman Pakai Cetane Booster Pada Mobil Mesin Diesel?

Otomotif

2022-05-22

Cetane Booster

Sebagian besar masyarakat yang menyukai otomotif pastinya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan cetane booster. Memiliki fungsi untuk menaikkan bilangan setana atau cetane number pada mesin diesel. Apabila cetane number-nya semakin meningkat, maka bisa membuat power pembakarannya lebih bagus.

Cara mendapatkan cetane booster ini cukuplah mudah. Sudah banyak masyarakat yang memang menjualnya di pasaran. Tentunya dengan mengklaim dapat menaikkan cetane number hingga level tertentu. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah penggunaan cetane booster ini aman untuk mobil dengan mesin diesel?

Dampak Penggunaan Cetane Booster pada Mobil 

Penggunaan cetane booster ini memang untuk meningkat cetane number. Misalnya saat tidak menggunakna cairan ini cetane numbernya 48, nantinya setelah dicampuran cairan ini bisa semakin naik menjadi 51 atau 53. Klaim inilah yang menjadikan banyak masyarakat mulai menggunakan cairan tersebut.

Namun hal tersebut belum sepenuhnya benar. Bahkan penggunaan cairan ini dirasa masih kurang aman. Hal ini bisa terjadi karena masih banyak efek yang didapatkan setelah mencampurkan cairan ini. Waspada beberapa hal di bawah ini yang mungkin saja bisa terjadi.

1. Setiap Bahan Bakar Terdapat Cetane Booster

Sebenarnya setiap Anda membeli bahan bakar untuk mesin diesel, ternyata sudah terdapat kandungan cetane booster-nya. Hal ini tentunya bisa meningkatkan nilai number cetane. Tentunya nilainya tidak terlalu banyak dan tidak memerlukan adanya cairan tambahan.

2. Terdapat Kandungan Logam

Pada cetane booster yang akan digunakan memiliki kandungan logam. Kandungan logam inilah yang sebaiknya perlu Anda hindari. Bahan logam jika lama-kelamaan akan membuat jelaga pada sistem pembakaran mobil Anda.  nantinya kandungan logam dalam cairan ini tidak bisa terbakar dengan sempurna.

Akibatnya bisa menjadi oksida yang kemudian dapat menempel dan membuat jelaga semakin menumpuk. Jika sudah mengalami penumpukan seperti ini, pasti kinerja mesin diesel menjadi semakin menurun performanya.

3. Mesin Menjadi Overheat

Untuk menaikkan cetane number menggunakan cetane booster memang sering dipilih oleh masyarakat. Namun Anda perlu tahu bahwa penggunaan cairan ini bisa saja tidak cocok dengan spesifikasi mesin mobil Anda. Apabila ternyata cairan ini tidak cocok dengan mesin Anda, maka bisa membuat spesifikasi mesin mobil overheat.

Cetane number yang tinggi karena pencampuran cairan ini memang belum tentu sesuai dengan teknologi pada mesin mobil Anda. Jika mesin mobil mengalami overheat maka bisa menjadikan penurunan pada performa mesin itu sendiri.

4. Kinerja Mesin Bisa Menurun

Masalah yang memang bisa saja terjadi karena penggunaan cetane booster ini adalah menurunya kinerja mesin mobil. Kandungan unsur logam merupakan masalah utama yang membuat kinerja mesin semakin menurun.

Endapan bahan yang tidak tercampur dalam bahan bakar akan semakin menumpuk sehingga penurunan kinerja dapat terjadi  di tangki bahan bakar, saluran bahan bakar dan injektor. Beberapa komponen penting ini kinerja menurun, bisa dipastikan juga dapat mempengaruhi performa mesin.

Alangkah baiknya jika Anda menggunakan bahan bakar yang memang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ini dilakukan agar kinerja mesin bisa lebih maksimal tanpa adanya penambahan cetane booster sekalipun. Akan sangat menyusahkan Anda jika performa mesin mobil semakin menurun, bukan?

Baca Juga:  Manfaat Membersihkan Throttle Body Mesin Diesel

Untuk itu Anda harus lebih hati-hati dalam penggunaan cairan tersebut. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan dapatkan informasi menarik dan terupdate lainnya dengan mengunjungi pranala resmi Daihatsu. Semoga artikel yang telah kami tulis bisa memperluas wawasan Anda terkait cetane booster, ya!


Tag

Otomotif

Share This