Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Manfaat Membersihkan Throttle Body Mesin Diesel
23 April 2022
Membersihkan Throttle Body Mesin Diesel

Pada saat memiliki kendaraan, pastinya akan Anda rawat dengan baik agar terasa nyaman dan aman saat digunakan. Membersihkan semua bagian kendaraan juga perlu dilakukan secara rutin. Tidak hanya pada bagian mobil saja, namun juga sampai komponen yang ada di dalam kendaraan.

Membersihkan throttle body mesin diesel pada komponen bermotor haruslah dilakukan secara rutin. Jika tidak dibersihkan secara rutin bisa menyebabkan banyak debu maupun kotoran yang menempel. Hal ini bisa menjadikan throttle body mesin menjadi rusak dan mengganggu kinerja kendaraan bermotor Anda.

Yuk, baca info lengkapnya disini!

Membersihkan Throttle Body Mesin Diesel

Komponen kendaraan seperti throttle body mesin diesel ini memiliki fungsi yang cukup penting. Sistem pada komponen ini berfungsi untuk mengatur jumlah udara yang mengalir ke dalam mesin. Pada umumnya komponen ini terletak diantara saringan udara dan intake manifold, selain itu juga dekat dengan sensor aliran udara.

Apabila komponen ini tidak dibersihkan secara berkala dan dalam waktu yang lama. bisa menyebabkan throttle body menjadi kotor dan bisa berkerak. Jika sudah begini, maka tarikan mesin menjadi lebih berat.  Ini diakibatkan menumpuknya debu dan kotoran yang dapat mengganggu bacaan sensornya.

Kotoran pada throttle  body ini dapat mempengaruhi kerusakan pada mesin Anda. Akibat dari kotoran dan debu tidak dapat tersaring secara sempurna oleh filter udara, sehingga menumpuk. Penumpukan kotoran dan debu pada throttle body mesin diesel jika dibiarkan secara terus menerus bisa saja merusak komponen mesin lainnya.

Pertanda dari kendaraan Anda mengalami penumpukan debu pada throttle body adalah saat tarikan mesinnya terasa berat. Bahkan masih banyak masyarakat yang kurang menyadari penyebab dari mesin yang tarikannya berat ini. Padahal ini bisa terjadi karena throttle yang jarang dibersihkan.

Tahukah Anda bahwa udara yang masuk ke ruang udara akan disaring menggunakan filter udara? Biasanya proses penyaringan ini dapat meninggalkan banyak debu yang lolos e mesin dan menempel pada throttle body. Nantinya penumpukan debu ini dapat membuat aliran udara yang masuk ke ruang bakar semakin menyempit.

Agar hal ini tidak terjadi pada mesin kendaraan Anda. Maka sudah menjadi tugas Anda untuk selalu memastikan kebersihan throttle body. Anda bisa membersihkan komponen ini setidaknya setiap 10.000 km sekali. Lakukan hal ini secara rutin agar tidak ada lagi kotoran yang menumpuk dan dapat mempengaruhi tarikan mesin kendaraan Anda.

Selain itu manfaat dari membersihkan throttle body mesin diesel pada kendaraan bermotor dapat meningkatkan performa mesin. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat lebih menghemat konsumsi bahan bakar dan dapat menghilangkan adanya engine knocking. Tentunya manfaat seperti jangan sampai disia-siakan. Cukup dengan bersihkan komponen ini secara rutin.

Ada banyak manfaat yang menguntungkan saat Anda membersihkan throttle body diesel mesin pada kendaraan Anda. Jangan lupa untuk selalu mengecek kebersihan komponen mesin ini secara rutin untuk mengetahui apakah terdapat banyak kotoran menempel atau tidak.

Lebih baik mencegah terjadinya kerusakan pada throttle dengan membersihkannya secara rutin, dibandingkan komponen ini mengalami kerusakan. Jika sudah rusak, maka Anda perlu memperbaikinya agar bisa berfungsi secara normal.

Informasi otomotif seputar throttle ini semoga bisa menambah wawasan Anda. Kini Anda bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya dengan mengunjungi pranala resmi Daihatsu. Tentunya informasi di website ini akan selalu diupdate secara berkala.

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor