Logo Daihatsu
Menu

Throttle Body Mobil: Fungsi, Ciri Rusak & Cara Membersihkannya

Otomotif

2022-09-22

Throttle Body Mobil: Fungsi, Ciri Rusak & Cara Membersihkannya

Apakah Sahabat tau apa itu throttle body pada mobil? Throttle body mobil adalah salah satu komponen mobil yang bertugas sebagai penyalur udara ke mesin mobil. Oleh karena itu, Anda perlu memahami komponen ini dengan baik mulai dari fungsi, ciri-ciri kerusakan, dan cara membersihkannya seperti berikut:

Performa apik pada mesin mobil tercipta dari proses pembakaran bahan bakar yang sempurna. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, dibutuhkan aliran udara yang pas pada bagian mesin. Udara merupakan elemen vital yang berperan penting menentukan kualitas pembakaran bahan bakar mesin. 

Nah, untuk pembahasan lebih lengkpanya mengenai fungsi, cara kerja, ciri-ciri kerusakan, hingga cara membersihkan throttle body mobil bisa simak dibawah ini.

Fungsi dan Cara Kerja Throttle Body Mobil 

Apa fungsi dari throttle body? Terdapat 3 fungsi utama throttle body, berikut fungsi dan cara kerjanya :

1. Pengontrol Jumlah Udara Ruang Bakar Mobil Bermesin Karburator

Komponen throttle ini berfungsi sebagai pengontrol jumlah udara yang akan masuk ke ruang bakar pada saat proses pembakaran bahan bakar. Khususnya pada mobil yang menggunakan mesin karburator.

2. Meningkatkan Performa Laju Kecepatan Mobil

Pada mobil bermesin karburator, throtle body berfungsi meningkatkan laju kecepatan mobil. Hal tersebut terjadi ketika pedal gas diinjak dengan kuat, maka suplai udara yang masuk ke katup semakin besar. Hal tersebut membuat bahan bakar mengalir begitu banyak sehingga berpengaruh terhadap laju kecepatan.

Baca Juga : Performa Jadi Lebih Optimal, Begini Tips Merawat Mobil Injeksi

3. Menerima Udara Sesuai Perintah dari Airflow Sensor dan Throttle Position Sensor

Pada mesin kendaraan FI (Fuel Injection), throttle body memiliki fungsi menerima udara sesuai perintah dari dua komponen lain yaitu airflow sensor dan throttle position sensor.

Kedua komponen ini berfungsi mengirimkan sinyal perintah ke komputer untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar. Perintah tersebut akan dilaksanakan ketika jumlah udara dalam ruang bakar meningkat. Peningkatan jumlah udara biasanya terjadi ketika pedal gas diinjak dengan sangat kuat.

Ciri-Ciri Throttle Body Mobil Bermasalah atau Rusak

Sebagai salah satu komponen vital mobil yang menunjang kualitas pembakaran bahan bakar mesin. Alangkah baiknya jika Anda mengetahui ciri-ciri throttle body mobil sedang rusak dan bermasalah.

Agar Anda tidak panik, dan dapat mengatasi dengan segera apabila terjadi kerusakan. Berikut tanda throttle body bermasalah :

  • Kinerja mesin mobil menurun
  • Proses pembakaran bahan bakar mobil kurang maksimal
  • Mesin mobil menjadi lemah dan kurang bertenaga
  • Laju kecepatan mobil mencapai batas maksimal 70 hingga 80 km per jam meski pedal gas diinjak dengan kuat.
  • Tarikan mesin mobil terasa berat
  • Bagian lampu check engine (speedometer) menyala atau berpijar
  • Jumlah udara pada ruang bakar mesin menjadi sedikit
  • Campuran bahan bakar mesin menjadi kurang seimbang
  • Akselerasi mobil berat atau tersendat-sendat
  • Langsam atau putaran idle kurang stabil

Baca Juga : Manfaat Membersihkan Throttle Body Mesin Diesel

Cara Membersihkan Throttle Body Mobil 

Jika terdapat ciri ciri kerusakan yang sudah disebutkan diatas, alangkah baiknya Sahabat membersihkan atau mengganti throttle body.

Berikut cara membersihkan throttle body mobil  yang bisa Anda lakukan :

  1. Melepas kabel listrik sensor yang terhubung dengan bagian throttle body.
  2. Selanjutnya, lepas selang throttle body yang terhubung dengan tabung PCV.
  3. Kemudian lepaskan pengait dari tabung PCV yang melekat pada bagian air box filter dan throttle.
  4. Setelah semua pengait terlepas, selanjutnya lepas keempat baut pengunci throttle body dengan menggunakan obeng. (Penggunaan obeng diperlukan karena baut memiliki bentuk segi lima).
  5. Setelah keempat baut khusus tadi terlepas, selanjutnya lepas throttle body dan bersihkan menggunakan cairan khusus. Semprotkan cairan pembersih throttle body mobil ke area yang kotor, diamkan beberapa saat. Kemudian lap dengan kain lap atau microfiber.
  6. Pastikan Anda membersihkannya dengan sangat bersih hingga tidak ada sisa kotoran yang menempel.
  7. Jika sudah bersih, pasang kembali throttle body sesuai urutan.

Sangat mudah sekali kan? Itulah pembahasan lengkap mengenai mengenai throttle body mobil, mulai dari fungsi, cara kerja, ciri-ciri kerusakan, hingga cara membersihkannya. Jika Anda kurang percaya diri untuk melakukan perawatan throttle body secara mandiri, Anda bisa melakukan perawatan di dealer Daihatsu atau bengkel resmi terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Kerja Teknologi Mobil Hybrid dan Jenis-Jenisnya

2023-02-15

Mobil hybrid saat ini mulai digemari oleh masyarakat luas karena memiliki teknologi yang terbilang mumpuni. Cara kerja mobil hybrid bisa dibilang lebih kompleks dari

thumbnail

Tips Memilih Mobil Pick Up Terbaik Beserta Rekomendasinya

2021-01-05

Mobil pick up terbaik adalah hal yang Sahabat miliki, jika hendak memiliki mobil untuk kendaraan niaga. Adanya mobil pick up bisa membantu Sahabat dalam membawa barang-b

thumbnail

Tips Aman Saat Rem Mobil Mendadak Blong

2022-06-29

Salah satu masalah yang fatal pada mobil yakni mengalami rem mendadak blong. Lebih sialnya lagi, hal ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, bahkan ketika Anda bera

thumbnail

Sejauh Mana Trend Mobil LCGC 2020-2021 di Indonesia?

2020-12-14

Istilah LCGC sempat meramaikan pangsa otomotif Indonesia. LCGC sendiri adalah singkatan dari Low Cost Green Car, yang kerap digunakan untuk mengklasifikasi tipe m