Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Apakah Bensin Bisa Basi? Simak Penjelasannya di Sini!
30 Juni 2023
Apakah Bensin Bisa Basi? Simak Penjelasannya di Sini!

Apakah bensin bisa basi? Pertanyaan ini sempat menjadi perbincangan panas di media sosial. Bahkan sebagian orang menganggap pertanyaan ini sebagai lelucon. Lantas apakah hal tersebut sesuai fakta atau benar-benar sebuah lelucon. Yuk, ketahui fakta sebenarnya dengan memperhatikan penjelasan berikut ini.

Fakta atau Mitos Bensin Bisa Basi?

Ketika Anda mendengar pertanyaan dan pernyataan mengenai bensin bisa basi atau tidak, tentu Anda akan sedikit tertawa. Sebab, tidak sedikit yang menganggap pernyataan tersebut sebagai sebuah lelucon. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang menyandingkan pertanyaan tersebut dengan makanan yang bisa kedaluwarsa. Padahal hal tersebut bukanlah lelucon atau mitos? Lantas mengapa bisa begitu?

Bensin bisa saja basi jika disimpan di tangki kendaraan terlalu lama. Namun, bensin yang basi tersebut tidak mengubah warna, dan bau bensin layaknya makanan yang kedaluwarsa. Bensin yang basi hanya mempengaruhi kualitas bensin saja. 

Ketika bensin di diamkan dalam waktu yang cukup lama, maka lama kelamaan bensin akan mengendap. Endapan tersebut menimbulkan kerak pada tangki bensin sehingga tangki bensin mengalami korosi. Tangki yang korosi tersebut menimbulkan senyawa baru, yang dapat membuat kualitas bensin menjadi menurun. Selain itu, bensin yang berada di dalam tangki kendaraan terlalu lama juga dapat menimbulkan senyawa seperti benzene. Senyawa ini akan menguap menjadi gas apabila terdapat ventilator dalam tangki kendaraan.

Berapa Masa Kadaluarsa Bensin?

Bensin bisa kadaluarsa dan basi jika berada di dalam tangki kendaraan selama kurang lebih enam bulan. Masa kadaluarsa tersebut bisa saja lebih cepat, karena Anda tidak mengetahui sudah berapa lama bensin tersimpan di dalam tangki penyimpanan bensin (SPBU). 

Baca Juga : Jenis-Jenis Bensin di Pertamina Indonesia, Yuk Cek!

Dampak Menggunakan Bensin yang Sudah Basi

Penggunaan bensin yang basi tentunya berdampak besar terhadap kualitas performa mesin kendaraan. Biasanya performa mesin akan menurun, dan kehilangan tenaga. Hal tersebut terjadi, karena endapan bensin atau sedimen dalam tangki mobil mengubah struktur kimia bensin. 

Akibatnya kualitas bensin menjadi turun sehingga mempengaruhi kualitas pembakaran mesin. Proses pembakaran menjadi kurang sempurna, sehingga menyebabkan beberapa masalah pada mobil. Mulai dari performa loyo, knalpot mobil mengeluarkan asap hitam, mobil tersendat-sendat ketika berjalan, hingga mempercepat komponen mesin.

Tips Menjaga Kualitas Bensin

Agar bensin tidak mudah basi, Anda perlu mengetahui beberapa tips menjaga kualitas bensin. Berikut tips selengkapnya.

1. Mengisi tangki bensin secara penuh

Tips pertama, agar bensin tidak mudah basi, Anda perlu mengisi tangki bensin secara penuh. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari proses pengembunan pada tangki bensin kendaraan (kondensasi). Seperti diketahui, kondensasi akan mudah terjadi apabila tangki kendaraan terdapat ventilator. Kondisi tangki bensin yang kurang penuh, akan memicu penguapan udara bensin akibat bensin tercampur udara dari bagian ventilator tangki.

2. Hindari menyimpan bensin terlalu lama pada tangki kendaraan

Tips kedua, Anda tidak disarankan untuk menyimpan bensin dalam tangki kendaraan terlalu lama. Karena jika hal tersebut dilakukan dapat menimbulkan sedimen. Anda perlu mengosongkan tangki bensin mobil Anda, apabila Anda berniat bepergian tanpa menggunakan mobil dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Baca Juga : 5 Jenis Bahan Bakar Alternatif Sebagai Pengganti Bensin

3. Hindari memarkir mobil di bawah terik matahari secara langsung

Tips ketiga, Anda perlu menghindari memarkir mobil secara langsung di bawah terik sinar matahari. Hal tersebut dapat menyebabkan suhu di dalam tangki mobil meningkat sehingga mempercepat proses penguapan bensin.

4. Memanaskan mesin mobil dua kali seminggu

Tips keempat, Anda perlu menyalakan mesin mobil Anda dua kali dalam seminggu meski mobil tidak digunakan untuk bepergian. Hal ini dapat mencegah sedimen dalam tangki mobil.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda contoh agar kualitas bensin selalu terjaga. Selain kualitas bensin, jangan lupa perhatikan kondisi mobil Anda. Bila ada masalah segera kunjungi bengkel Daihatsu terdekat.

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor