Logo Daihatsu
Menu

Arti Tanda Bulatan Kuning di Ban Mobil dan Fungsinya

Otomotif

2022-05-22

tanda kuning di ban mobil

Ban merupakan bagian penting dari sebuah kendaraan. Tahukah Anda bahwa terdapat tanda kuning di ban mobil yang memiliki arti penting? Simbol tersebut tentu saja secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Fungsi dan Arti Tanda Kuning Di Ban Mobil

Tanda kuning tersebut tidak begitu saja diterapkan pada ban mobil. Namun, pabrikan memberikannya sebagai  penanda tertentu bagi mereka yang berhubungan langsung dengan pemasangan ban tersebut.

Arti Tanda Kuning di Ban Mobil

Pabrik tentu tidak sembarangan dalam memberikan tanda ini. Walaupun tidak berhubungan langsung dengan pengisian angin namun akibatnya bisa fatal jika pemasangan ban tidak sesuai dengan ketentuan.

Titik kuning yang tidak berdekatan pada pentil mengindikasikan pemasangan ban tidak sejajar. Akibatnya  saat mobil dipacu dengan kecepatan yang tinggi, maka akan timbul getaran. Hal ini disebabkan karena terdapat bagian ban yang tidak seimbang.

Jika mobil berlari dalam kecepatan tinggi kemudian terjadi getaran, tentu saja hal ini akan mengganggu keseimbangan mobil. Akibatnya bisa fatal, mobil menjadi tidak seimbang dan berpotensi mengalami kecelakaan.

Fungsi Tanda Kuning Pada Ban Mobil

Pihak pabrikan menerapkan tanda tersebut pada proses kontrol kualitas pembuatan ban. Tanda kuning di ban mobil berfungsi sebagai tanda bahwa bagian tersebut merupakan titik tertinggi dari ban.

Tanda kuning tersebut dikenal juga dengan nama light static balance point.  Fungsinya sebagai balans pada saat memasang roda ataupun velg. Tanda ini akan sejajar dengan pentil ban, karena keberadaanya pasti menambah bobot..

Dengan demikian, titik tersebut harus disejajarkan dengan titik terberat velg, yaitu yang ada pada bagian area pentil. Sedangkan pada sebelah ban, itu adalah  titik terberat ban yang merupakan simbol keseimbangan.

Dengan dipasangnya tanda kuning pada ban mobil sejajar dengan pentil, maka bank akan lebih seimbang pada saat berputar. Keseimbangan ban ini tentu saja penting ketika mobil mulai bergerak di jalan raya.

Pengendara juga disarankan untuk selalu mengecek posisi titik atau bulatan yang ada pada ban mobilnya apakah sudah sejajar atau belum. Hal ini terutama dilakukan pada saat penggantian ban mobil.

Bagi pengendara pengecekan ini merupakan sebuah kewaspadaan, karena tidak semua orang yang melakukan jasa penggantian ban memahami hal tersebut. Dengan memperhatikan hal ini, maka satu faktor kecelakaan dapat dihilangkan.

Ban yang tidak seimbang akan menyebabkan putaran roda menjadi tidak seimbang sehingga keausan yang terjadi pada ban tidak merata. Traksi ban juga tidak akan sempurna yang akan memperpendek masa pemakaian ban.

Penanda Kecepatan Maksimal

Selain titik kuning terdapat juga titik merah melambangkan bagian terberat pada ban. Oleh karenanya pemasangan ban haruslah seimbang antara keduanya.Selain itu pula, terdapat simbol huruf “P” pada dinding ban.

Penandaan huruf “P” ini tentu saja bukan sembarangan, melainkan memiliki arti tersendiri. Arti huruf ini adalah penanda kecepatan maksimal yang dapat ditahan atau dilakukan oleh ban terpasang, yaitu 150 km/jam.

Selain huruf “P”, khusus untuk kendaraan berpenumpang, terdapat bermacam huruf yang dijadikan kode yang berbeda. Antara lain “Q” yaitu maksimal melaju pada kecepatan 160 km/jam dan “R” paling cepat melaju pada 170 km/jam.

Oleh karena pentingnya tanda kuning di ban mobil, maka ketika kendaraan Anda melakukan penggantian ban atau proses balancing, perhatikanlah dengan seksama. Jangan sampai hal ini menimbulkan ketidaknyamanan berkendara.

Untuk kenyamanan pemasangan ban mobil Daihatsu Anda, jangan ragu untuk menghubungi dealer yang memiliki fasilitas servis Daihatsu. Anda akan mendapatkan pelayanan istimewa dan dijamin hasilnya akan membuat kendaraan seperti baru kembali.


Tag

Otomotif

Share This