Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Bagaimana Cara Kerja Power Steering? Berikut Penjelasannya
08 Januari 2021
cara kerja power steering

Power steering merupakan salah satu komponen pada mobil, yang sistem kerjanya dapat membantu pengemudinya bisa mudah menggerakkan mobil. 

Power steering juga akan mendapatkan tenaga dari mesin untuk menggerakkan ban mobil. Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara kerja power steering, mari simak penjelasan dalam ulasan berikut ini.

Hidraulik Power Steering

Power steering terbagi atas dua jenis, yakni hidraulik power steering dan elektronik power steering. Hidraulik power steering mengandalkan fluida bertekanan untuk menghidupkan sistem. 

Power steering jenis ini mulanya mendapat pasokan tenaga dari putaran mesin yang diteruskan dengan menggunakan komponen V belt ke vane pump.

Penerusan putaran mesin akan melalui bagian pulley. Kemudian, tenaga akan diteruskan dan mendorong fluida ke piston yang ada di dalam power steering. 

Melalui pasokan tenaga tersebut, apabila roda kemudi diputar maka fluida akan mendorong piston agar kemudi terasa lebih ringan. Inilah yang menjadi penyebab setir mobil terasa ringan tiap diarahkan.

Di dalam bagian vane pump, terdapat relief valve yang bertujuan sebagai pegas percepatan. Apabila mobil sedang dikemudikan dalam kecepatan tinggi, cara kerja power steering akan semakin bertekanan tinggi pula. 

Kondisi demikian akan sangat berbahaya bagi semua penumpang yang ada di dalam mobil dengan kecepatan tinggi tersebut.

Untuk menghindari bahaya mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi, dibuatlah relief valve yang bisa melindungi tekanan kecepatan. 

Ketika mobil dikemudikan dengan kecepatan tinggi, relief valve akan menciptakan tekanan rendah pada bagian power steering. Tekanan tersebut nantinya akan mendorong pegas, sehingga efek roda kemudi akan berat.

Selain vane pump, komponen utama yang ada dalam hidraulik power steering ialah pegas torsi. Pegas torsi terletak pada bagian steering gearbox yang ada dalam mesin mobil. 

Komponen pegas torsi bekerja sebagai pemberi arah dari tekanan bagian fluida vane pump sebelum diteruskan pada bagian piston rack kemudi.

Baca juga: Mengenal Cara Kerja dan Keunggulan Kopling Hidrolik

Electronic Power Steering

Setelah melalui pembahasan mengenai cara kerjanya, kini saatnya beralih ke electronic power steering. Seiring dengan berkembangnya teknologi, produksi mobil mobil keluaran terbaru tak lagi menggunakan sistem hidrolik power steering

Dalam media kerjanya, electronic power steering tak lagi menggunakan fluida bertekanan. Sistem ini sudah beralih menggunakan arus baterai sebagai sumber tenaganya. 

Pada mobil yang sudah menggunakan sistem EPS, umumnya memiliki angle sensor yang nampak pada bagian steering column mobil. 

Apabila sensor menunjukkan adanya pergerakan setir, maka sensor tersebut akan mengirim sinyal ke ECU. ECU akan memerintahkan sistem EPS untuk bekerja dengan memberikan tenaga ekstra.

Tujuan dari pemberian tenaga ekstra adalah untuk memudahkan pengemudi memutar setir secara ringan. Keuntungan cara kerja power steering ini adalah terhindar dari kerusakan. 

Baca juga: Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku