Logo Daihatsu
Menu

Bahaya Meninggalkan Anak Sendirian di Dalam Mobil

Otomotif

2022-03-12

meninggalkan anak sendirian di mobil

Bagi Sahabat yang sering meninggalkan anak sendirian di mobil, ketahuilah apa bahayanya. Karena walaupun hanya sebentar, tak menutup kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Pada dasarnya, anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah dari orang dewasa. Selain itu anak yang masih balita, rata-rata belum mengerti bagaimana cara meminta pertolongan. Belum lagi, penyakit bawaan anak yang bisa kambuh kapan saja.

Kejadian semacam ini sempat viral tahun 2020 lalu di Amerika serikat, seorang anak berusia 8 bulan harus kehilangan nyawanya akibat kepanasan di dalam mobil, hal ini terjadi karena orang tuanya meninggalkannya selama beberapa jam.

Sontak kejadian tersebut menyita perhatian masyarakat, dan peringatan penting bagi orang tua untuk tidak sekali-kali meninggalkan anak sendirian di dalam mobil. Jika kejadian tersebut sudah terjadi, maka akan menyesal bukan?

Agar Sahabat bisa lebih waspada dengan kejadian ini, maka simaklah bahaya yang kemungkinan terjadi apabila Sahabat meninggalkan anak di mobil sendirian.

Inilah Bahayanya Meninggalkan Anak Sendirian di Mobil

Hal-hal yang kadang disepelekan, bisa berujung dalam bencana sehingga harus merenggut korban jiwa. Begitu pun jika Sahabat meninggalkan anak sendirian di dalam mobil. Kemungkinan-kemungkinan dibawah ini bisa saja terjadi kepada Sahabat. Diantaranya:

1.           Anak Terkunci di Dalam Mobil

Kelalaian orang tua meninggalkan kunci di dalam mobil seringkali terjadi. Akibatnya anak tersebut mengambil kunci dan tidak sengaja menguncinya. Jika Sahabat sedang berada diluar rumah dan tidak memiliki kunci cadangan, jalan satu-satunya adalah memanggil teknisi untuk membukanya. Jika tidak cepat diselesaikan, dikhawatirkan mengancam nyawa sang anak.

2.      Terkena Heat Stroke

Heat stroke merupakan kondisi dimana seseorang merasakan kepanasan ketika berada disuatu ruangan. Jika Sahabat meninggalkan anak di mobil dalam keadaan mesin dimatikan, serangan heat stroke sangat rentan terjadi. Terutama jika Sahabat memarkirkan mobil di tempat yang langsung terkena sinar matahari.

3.      Keracunan Gas Karbon monoksida

Biasanya para orang tua akan menyalakan AC agar anak yang ditinggalkan tidak kepanasan. Namun diluar dugaan, anak bisa keracunan gas karbon monoksida akibat sistem pembuangan mobil yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini mengakibatkan orang yang menghirupnya merasa ngantuk dan lemas hingga tak sadarkan diri.

4.      Terjadi Tindakan Kriminal

Kaca mobil yang transparan membuat orang berkesempatan melakukan tindakan kriminal, apalagi jika yang dilihatnya adalah anak kecil. Kejadian seperti ini rentan terjadi, pasalnya anak-anak mudah tergoda dengan barang yang ditawarkan, seperti permen atau mainan, sehingga mereka bisa saja tergoda dan membukakan pintu mobil.

5.      Memainkan Perangkat Mobil

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mereka sangat senang apabila menyentuh barang atau perangkat yang menurutnya menarik. Apabila Sahabat meninggalkannya sendiri, kemungkinan hal-hal diluar dugaan terjadi, seperti menjalankan mobil, terjepit jendela, dan lain-lain.

6.      Pencurian Mobil

Tindak kriminal lainnya yakni pencurian mobil. Sekali lagi, kaca mobil yang transparan akan mengundang pencuri untuk melakukan tindak kejahatan. Ketika pencuri melihat anak kecil di dalam mobil, itu menjadi kesempatan mereka untuk mencuri mobil Sahabat.

Baca Juga: 7 Ide Kegiatan Liburan Anak di Rumah: Belajar, Bermain, dan Melatih Kepekaan Anak

Anak kecil bukanlah penghalang baginya, bahkan mereka bisa saja memanfaatkan anak Sahabat untuk dijadikan jaminan. Sangat mengerikan bukan?

Bagi Sahabat yang masih menyepelekan hal-hal diatas, sebaiknya segeralah menyadarinya. Karena jika sudah terjadi, maka hanya penyesalanlah yang Sahabat rasakan.

Kita semua tidak tahu 1 menit bahkan 1 detik kedepan tentang apa yang terjadi. Maka dari itu, pahamilah bahaya meninggalkan anak sendirian di mobil yang telah kami sampaikan.

Untuk informasi seputar produk Daihatsu beserta layanannya, Sahabat bisa kunjungi website kami. Dapatkan harga terbaik mobil Daihatsu dan tawaran menarik lainnya di sana!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru Kotor & Berjamur

2022-03-12

Merawat plafon mobil secara berkala adalah hal yang perlu dilakukan. Apalagi jika plafon berbahan beludur. Cara membersihkan plafon mobil beludru yang kotor dan berjamur sangat mud

thumbnail

Ini Tips Membeli BBM di SPBU Agar Aman dan Tidak Dicurangi

2022-03-12

Stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) sering kali mendapatkan kecurigaan dari masyarakat atas kecurangan pengisian bahan bakar. Namun, apakah hal ini murni merupakan kesalahan dari pihak SPBU? Belum

thumbnail

Langkah Lengkap Terkait Cara Memperbaiki Aki Kering

2022-03-12

Merawat aki kering sebenarnya lebih mudah. Namun ada kalanya aki kering soak dan perlu diperbaiki. Berikut adalah cara memperbaiki aki kering yang mudah.

thumbnail

Cara Mudah Membuat Charger Aki Mobil Sendiri

2022-03-12

Aki merupakan salah satu komponen penting yang terdapat dalam semua kendaraan bermotor, seperti mobil. Tanpa adanya aki, maka per