Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Beberapa Cara Membuat Virtual Tour 360
13 Januari 2021
tour 360

Cara membuat virtual tour 360 adalah cara untuk menyajikan foto lokasi dengan lebih menyenangkan. Sangat cocok untuk Sahabat yang ingin mempromosikan tempat, misal: hotel, tempat wisata, atau kafe.

Teknologi virtual tour 360 ini sebenarnya sudah ada sejak 2012 lalu. Namun tidak semudah seperti sekarang ini. Dulu kebanyakan aplikasi yang digunakan untuk membuat virtual tour 360 adalah berbasis desktop dan formatnya adalah flash. Sekarang, Sahabat pun bisa membuat virtual tour 360 milik Sahabat dengan bantuan smartphone. Menyenangkan? Tentu saja.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat virtual tour 360 yang bisa Sahabat coba.

Menggunakan Google Street View

Sejak tahun 2018 lalu, Google meluncurkan aplikasi Google Street View yang mengizinkan penggunanya termasuk Sahabat untuk mengunggah foto-foto yang bisa dibentuk menjadi virtual tour 360.

Mengapa Google melakukan hal ini? Google juga mendapatkan keuntungan dengan Sahabat membuat virtual tour 360 sendiri, maka virtual tour tersebut bisa diakses oleh pengguna Google Maps lainnya. Ini cukup meringankan pekerjaan mereka untuk mengimprovisasi Google Maps Street View mereka.

Google Street View ini gratis. Sahabat bisa mencoba mengeksplorasinya sendiri. Di sana Sahabat juga bisa menghubungkan titik-titik yang berisi foto panorama yang sudah Sahabat buat. Ketika pengguna mengeklik ikon panah, maka pengguna akan diarahkan ke foto panorama yang tertaut di titik tersebut.

Menggunakan Layanan Kuula

Jika Sahabat ingin lebih mudah dalam membuat virtual tour 360, Sahabat bisa menggunakan website Kuula. Kuula ini ada fitur yang gratis dan ada yang berbayar (Pro). Jika hanya sekedar menampilkan panorama 360, Sahabat bisa membuatnya di Kuula yang gratis. Namun, jika ingin membuat virtual tour 360 seperti yang ada di Google Street View, Sahabat harus upgrade ke Pro.

Sangat wajar sih jika harus upgrade ke Pro untuk membuat virtual tour 360. Virtual tour 360 di Kuula banyak kustomisasinya dan sangat mudah untuk dibuat, dibandingkan dengan membuatnya di Google Street View.

Menggunakan Layanan iStaging

Jika Kuula hanya layanan yang bisa dilakukan di website saja, iStaging lebih menyeluruh. iStaging menawarkan peralatan untuk membuat virtual tour 360, software desktop, hingga menyediakan aplikasi ponsel yang bisa mempermudah pembuatan virtual tour 360 ini.

Paket subskripsi dari iStaging ini juga lebih mahal dan terbatas dibandingkan dengan Kuula. Namun, fitur kustomisasinya lebih banyak dibandingkan dengan Kuula.

Menggunakan Layanan Theasys

Jika Kuula dan iStaging kesannya semua berbayar, untuk layanan Theasys agak berbeda. Mereka menggratiskan hingga 5 panorama atau virtual tour. Hanya saja ada iklan yang muncul di bagian bawah virtual tour-nya saat di-embed di website.

Oh ya, jika Sahabat ingin men-download virtual tour-nya dalam bentuk .html maka Sahabat harus membayar $10 tiap virtual tour-nya. Lalu bagaimana jika ingin gratis? Caranya adalah dengan embed kode yang disiapkan oleh Theasys berupa API. Sementara ini Theasys hanya mendukung WordPress saja yah. Beda dengan Kuula yang kamu bisa memasangnya di website platform apapun.

Buat Sahabat yang ingin coba-coba, Theasys juga bisa jadi ajang mencoba membuat virtual tour 360 yang menyenangkan tanpa membayar. Atau mungkin Sahabat mau mencoba yang lebih menantang dengan Google Street View.

Itulah beberapa cara membuat virtual tour 360 yang sering digunakan saat ini. Jika Sahabat suka aplikasi desktop untuk membuat virtual tour 360, Sahabat bisa mencoba KRPano, EasyPano, dan software panorama sejenisnya. Selamat mencoba.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku