Logo Daihatsu
Menu

Beberapa Kelebihan Daihatsu Zebra

Otomotif

2021-04-26

kelebihan daihatsu zebra

Daihatsu Zebra merupakan mobil tipe MPV yang cukup populer pada tahun sembilan puluhan. Dirilis pada tahun 1995, mobil Daihatsu Zebra dirancang dengan model yang lebih modern dari pesaingnya pada saat itu.

Mobil minibus ini menjadi pilihan banyak orang karena kelebihan Daihatsu Zebra pada masa itu yang unggul dari mobil sejenisnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Daihatsu Zebra.

Kelebihan Daihatsu Zebra

Meski merupakan mobil lawas, Daihatsu Zebra hingga kini masih dicari oleh orang yang ingin memiliki kendaraan roda empat dengan harga yang terjangkau.

Desain Mobil yang Modern

Pada masanya, desain mobil Daihatsu Zebra memang lebih terlihat modern daripada pesaingnya. Mulai dari sisi interior, mobil Daihatsu Zebra menggunakan model dashboard yang tidak lagi kotak seperti kebanyakan mobil pada saat itu. Bagian dashboard Daihatsu Zebra didesain lebih modern dengan menggunakan model lekukan yang lebih cantik dan tidak kaku.

Pada bagian dashboard, Daihatsu Zebra juga dilengkapi dengan laci-laci kecil serbaguna yang dapat digunakan untuk menyimpang barang. Pada Daihatsu Zebra tahun 1997, sudah dilengkapi dengan AC dan radio.

Bagian eksterior Daihatsu Zebra juga terlihat sangat modern. Bagian pintunya tidak seperti kebanyakan mobil pada saat itu. Daihatsu Zebra menggunakan model pintu geser yang membuat mobil menjadi terlihat lebih keren.

Kapasitas Penumpang Besar

Salah satu pertimbangan orang ketika akan membeli mobil adalah kapasitas untuk mengangkut penumpang atau barang. Tidak heran jika Daihatsu Zebra pada masa itu menjadi sangat digemari. Karena dapat menampung hingga delapan orang penumpang. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan Daihatsu Zebra yang membuatnya populer pada masa itu.

Harga Terjangkau

Meski Daihatsu Zebra sudah tidak lagi diproduksi dan sudah memiliki pengganti, tetapi dicari oleh orang-orang karena harga bekasnya yang terjangkau. Harga mobil Daihatsu Zebra bekas dibandrol kisaran harga dua puluh jutaan.

Mesin

Pada versi tahun 1995 mesin Daihatsu Zebra menggunakan dua karburator dengan mesin pengapian platina dengan kapasitas mesin 1.300 cc. Lalu pada tahun 2000-an kapasitas mesin diupgrade menjadi 1600 cc. Dan pada versi terbarunya pada tahun 2007 menggunakan mesin EFI menggantikan sistem pengapian platina. Mesin Daihatsu Zebra ini dikenal sangat bandel dan perawatan yang cukup mudah. Bahkan hingga saat ini Sahabat akan menemukan Daihatsu Zebra ini di jalanan, meskipun tidak sebanyak dulu.

Suku Cadang yang Berlimpah

Bagi Sahabat yang ingin membeli Daihatsu Zebra, Sahabat tidak perlu ragu dengan ketersediaan suku cadangnya di pasaran. Sahabat dengan mudah bisa menemukan suku cadang Zebra di servis mobil. Mulai dari suku cadang yang memang copotan dari mobil Zebra lainnya maupun suku cadang yang memang buatan pihak ketiga.

Itulah beberapa kelebihan Daihatsu Zebra yang bisa menjadi pertimbangan Sahabat sebelum membelinya. Selain kelebihannya, Daihatsu Zebra juga pasti punya kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya.

  1. Tarikan kurang agresif jika dibandingkan dengan mobil keluaran terbaru.
  2. Panas mesin hingga terasa di jok.
  3. Sering bermasalah ketika ban terendam air hingga setengah bagian.
  4. Suspensi keras.
  5. Jika digunakan dalam tikungan yang tajam, kadang oleng.
  6. Tidak memiliki AC.
  7. Harga semakin turun, karena termasuk mobil tua. Kurang cocok jika untuk dijual lagi.

Kekurangan yang disebutkan di atas, sebenarnya hanya karena masalah umur saja. Di zamannya tentu itu bukan termasuk kekurangan yang berarti. Jika dibandingkan dengan harganya sekarang yang cuma puluhan juta saja, manfaatnya lebih besar dibandingkan hanya fokus pada kekurangannya.

Penulis: Iskael 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Perbedaan Torsi dan Horse Power dalam Dunia Otomotif

2024-01-21

Pada dasarnya, mesin kendaraan adalah mesin yang kompleks dengan dua parameter utama yang sering kali menjadi sorotan, yaitu torsi dan horsepower. Meskipun keduanya

thumbnail

Memahami Prinsip dan Cara Kerja Rem Mobil

2020-11-17

Komponen rem pasti tidak akan luput dari segala macam kendaraan. Rem sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi laju atau kecepatan kendaraan. Untuk mengatur laju kendaraa

thumbnail

4 Komponen yang Perlu Di Cek Saat Kaki-Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek

2024-02-09

Kaki kaki mobil bunyi kletek-kletek sering kali menjadi sebuah pertanda adanya kerusakan pada mesin mobil. Sebagai pemilik mobil, kondisi demikian tentu akan membuat pe

thumbnail

Rekomendasi Tape Mobil Bluetooth Terbaik dan Harganya (2023)

2023-03-16

Perkembangan tape mobil saat ini berbanding lurus dengan perkembangan teknologi. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya tape mobil bluetooth. Tape mobil jenis in