Logo Daihatsu
Menu

Beberapa Tugas Guru di Sekolah

Family

2020-11-25

tugas guru di sekolah

Guru adalah seorang pendidik yang mengajarkan ilmu. Guru memiliki jasa yang besar karena guru mengajarkan murid ilmu yang belum dipahami oleh seorang murid. Sehingga ilmu tersebut akhirnya dapat tersebar dan bermanfaat bagi banyak orang.

Guru di sekolah termasuk pendidik yang memiliki jasa besar. Mereka mengajarkan berbagai hal yang tidak diketahui, sampai Sahabat menjadi memiliki pengetahuan seperti sekarang. Seringkali seseorang baru memahami jasa-jasa guru mereka setelah mereka menjadi guru dan tahu susahnya menjadi seorang guru.

Ternyata tugas guru tidak hanya mengajarkan ilmu saja loh Sahabat. Guru punya beberapa tugas lainnya yang harus mereka kerjakan. Berikut ini beberapa tugas guru di sekolah.

Sebagai Pengajar

Mengajari murid di sekolah merupakan tugas utama seorang guru. Tugas ini sangat penting mengingat tanpa pengajaran dari guru, murid akan kesulitan untuk memahami materi pelajaran. Dengan adanya guru murid dapat dengan mudah memahami suatu materi, sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik.

Mendisiplinkan Murid

Seorang murid yang berada di sekolah diwajibkan untuk patuh dengan aturan yang ada di sekolahnya. Dan seorang guru bertugas untuk mendisiplinkan para murid untuk mengikuti aturan sekolah dan belajar dengan tertib di sekolah. Sebaiknya guru memberikan contoh yang baik dalam hal kedisiplinan.

Sebagai Wali Kelas

Di sekolah, guru tidak hanya mengajar suatu mata pelajaran tertentu. Tetapi juga bertugas sebagai pengelola kelas. Pengelolaan kelas ini termasuk memantau jumlah murid yang hadir setiap hari dan juga menyusun struktur kelas seperti ketua kelas, wakil ketua kelas, bendahara, sekretaris dan lain-lainnya.

Membimbing dan Mengarahkan Murid

Kegiatan di sekolah tidaklah sebatas belajar dan mengajar mengenai materi sekolah. Di sekolah seorang murid juga akan terbentuk karakternya. Guru bertugas untuk membimbing dan mengarahkan murid agar dapat berperilaku yang baik dan juga menaati peraturan yang berlaku.

Melatih Murid

Tidak hanya menyampaikan materi pelajaran, guru bertugas untuk memberikan latihan dan ujian kepada murid. Latihan sangat dibutuhkan bagi seorang penimba ilmu agar materi yang sudah diterima diaplikasikan dengan baik. Sedangkan ujian berfungsi untuk mengetahui sampai mana tingkat pemahamannya. Guru bertugas untuk melatih murid

Mengevaluasi Pelajaran Murid

Banyaknya murid di kelas memiliki potensi tidak meratanya pemahaman setiap murid. Apalagi setiap murid memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda. Guru bertugas untuk mengevaluasi setiap murid untuk mengetahui sampai mana tingkat pemahamannya. Evaluasi ini berguna bagi orang tua murid untuk mengetahui sejauh mana anaknya memahami pelajaran sekolah.

Memberi Penilaian

Nilai pada ujian sekolah berfungsi sebagai patokan sampai mana seorang murid memahami materi pelajaran yang diberikan. Dengan adanya nilai, murid juga mengetahui letak kesalahannya dalam memahami materi tersebut. Seorang guru berfungsi memberikan nilai yang sesuai kepada murid sebagai parameter yang dapat digunakan untuk mengevaluasi.

Peran Guru Di Sekolah

Guru di sekolah tidak hanya bertugas untuk menyampaikan materi kepada siswa. Guru di sekolah juga memiliki peran untuk merangkul para siswa yang masih dalam usia belia agar tidak terjerumus hal yang buruk.

Guru di sekolah seolah sebagai pengganti orang tuanya. Apalagi siswa menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah daripada di rumah. Sehingga guru dapat menjadi motivator bagi siswanya, sebagai penasehat dan juga pembimbing.

Mulia sekali tugas guru di sekolah, sehingga sebagai siswa tentu harus menghormati guru. Karena ini sebagai bentuk terima kasih terhadap guru yang sudah bersusah payah mengajari kita.

Baca juga: Beberapa Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Syarat dan Dokumen yang Dibutuhkan Anak Naik Pesawat Tanpa Orang Tua

2020-11-20

Pada beberapa keadaan mungkin Sahabat harus melepas anak untuk bepergian sendirian tanpa orang tua. Tentunya ini akan cukup berat, mengingat anak di bawah umur masih belum dewasa. Tapi jika memang

thumbnail

Tetap Cantik dan Modis, Ini Tips Berhijab Untuk Wajah Lonjong!

2021-06-29

Bentuk wajah orang Indonesia memang beragam. Ada yang bentuk wajahnya bulat, oval, square, hati dan lonjong. Bentuk wajah seseorang mempengaruhi cara memilih gaya rambut

thumbnail

Kumpulan Cerita Liburan Sekolah yang Menarik

2020-12-02

Liburan sekolah menjadi salah satu momen siswa yang tidak terlupakan dan selalu dinanti-nanti. Setelah sudah mulai jenuh dan lelah dengan rutinitas sekolah, Sahabat tent

thumbnail

Cara Memperoleh Kewarganegaraan Indonesia Melalui Perkawinan

2020-12-03

Menurut Undang-undang nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, seseorang dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan dengan beberapa kriteria. Pertama, orang asing yang menik