Logo Daihatsu
Menu

Bedanya Aki Drop dan Aki Soak

Otomotif

2022-05-22

Aki Drop Aki Soak

Di dunia otomotif ada banyak sekali komponen penting pendukung performa kendaraan. Aki merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam mesin kendaraan. Jika tidak ada aki atau aki mengalami kerusakan maka kendaraan tidak akan berjalan seperti seharusnya.

Seringkali orang - orang menyebut aki mobil yang bermasalah dengan sebutan aki soak atau aki drop. Tapi apakah Anda tahu apa perbedaan antara aki drop aki soak tersebut? Berikut ini telah kami siapkan ulasan lengkapnya!

Perbedaan Aki Drop Aki Soak yang Perlu Anda Ketahui!

Kendaraan Anda sering susah distarter? Lalu Anda menyimpulkan bahwa akinya soak? Tapi apa benar akinya soak? Apa bukan hanya aki yang drop saja? Agar Anda tidak salah mengerti berikut ini sudah kami siapkan perbedaan antara aki drop dan aki soak. Simaklah dengan seksama!

Aki Drop

Aki drop merupakan kondisi di mana usia aki belum mencapai dua tahun, tetapi sudah mengalami kendaraan yang susah distarter. Sebenarnya masalah tersebut bisa saja terjadi karena aki kurang setrum. Biasanya masalah aki drop ini disebabkan karena energi yang terbuang saat mesin lama gak hidup.

Aki Soak

Aki soak adalah kondisi di mana aki sudah cukup berumur, atau sudah digunakan dalam masa dua tahun bahkan lebih. Jika kendaraan Anda sulit untuk distarter karena masalah ini, maka sudah wajar terjadi karena aki soak atau aki mengalami kerusakan dan sudah tidak bisa digunakan kembali.

Untuk membedakan aki yang soak dan drop cukup mudah bukan? Anda hanya perlu mengetahui apakah kendaraan yang sulit distarter tersebut dikarenakan akinya yang sudah berusia lama ataukah karena kendaraan jarang digunakan.

Permasalahan aki sangatlah mengganggu fungsi dari kendaraan. Selain mengurangi performa juga membuat kendaraan tidak dapat digunakan kembali sebelum diganti dengan aki yang baru akibat aki yang soak, atau dilakukan pengisian kembali aki jika berada dalam keadaan yang drop.

Ada beberapa fungsi aki yang sangat penting dalam mesin kendaraan. Berikut ini fungsi tersebut!

Sebagai Penyimpan Energi

Secara umum fungsi utama aki ialah sebagai tempat penyimpan energi, karena aki merupakan baterai dari kendaraan. Energi yang tersimpan dalam aki berupa energi listrik yang berbentuk energi kimia.

Penyuplai Energi ke Starter Kendaraan

Energi yang dihasilkan untuk menghidupkan kendaraan melalui starter didapat dari aki. Jika aki mengalami masalah, sudah pasti akan sulit untuk distarter.

Penyuplai Energi ke Sistem Pengapian

Sistem pengapian merupakan sistem yang sangat penting dalam mesin. Jika terjadi masalah dengan aki, maka sistem ini tidak akan melakukan pembakaran. Dan kendaraan pun akan sulit untuk dihidupkan.

Selain itu aki juga memiliki fungsi sebagai penyuplai energi ke bagian lampu, AC, dan keseluruhan komponen mesin lainnya. Dengan kondisi aki yang soak ataukah aki drop, maka fungsi kendaraan pun akan sangat terganggu.

Lakukan Service di Bengkel Daihatsu!

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, ketika aki mengalami masalah, baik karena soak atau drop, tetaplah akan sangat menghambat fungsi mobil. Untuk mengatasinya, sangat penting Anda lakukan service secara berkala.

Mobil Daihatsu sangat kami anjurkan agar Anda service di bengkel resmi Daihatsu, yang memiliki teknisi handal dan sudah ahli dibidangnya. Dengan melakukan service di bengkel resmi, maka masalah aki drop aki soak akan mudah teratasi dan bisa dicegah sejak dini.

Anda juga bisa mengakses website resmi Daihatsu untuk mendapatkan informasi mengenai perawatan mobil. Segera kunjungi website kami dan lakukan service di bengkel resmi Daihatsu!


Tag

Otomotif

Share This