Logo Daihatsu
Menu

Begini Cara Memperbaiki ISC Mobil yang Rusak

Otomotif

2020-10-31

cara memperbaiki isc mobil

ISC atau Idle Speed Control merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting dalam pengaturan putaran idling, namun sayangnya ISC justru rentan mengalami kerusakan. Bahkan pengendara bisa merasakan beberapa gejala yang menunjukkan bahwa ISC harus mendapatkan penanganan. Berikut cara memperbaiki ISC mobil? Berikut tips yang perlu Anda tahu. 

Gejala ISC Mobil Rusak 

ISC kendaraan yang mengalami kerusakan akan memunculkan beberapa gejala yang bisa langsung dirasakan oleh pengemudinya. 

Salah satunya yaitu mesin mati beroperasi sendiri ketika idling akibat beban yang harus ditanggung terus bertambah. 

Umumnya kondisi ini terjadi ketika Anda mencoba menyalakan AC bersamaan dengan adanya peningkatan rpm mesin. 

Namun ketika ISC mati mendadak, secara otomatis rpm mesin akan drop hingga mengakibatkan mesin berhenti beroperasi sendiri. Kondisi tersebut dapat terjadi akibat minimnya suplai udara ketika beban mesin terus bertambah. 

Bahkan ketika berulang kali mencoba menghidupkan kendaraannya kembali, tidak lama kemudian mesin akan kembali drop. 

Salah satu gejala yang muncul lainnya yaitu rpm kendaraan cenderung tidak stabil. Anda bisa melakukan pengecekan ketika memposisikan kendaraan saat idling, di mana putaran mesinnya akan naik namun mendadak turun dan tidak stabil ketika pedal gas tidak diinjak sekalipun. 

Baca juga: Trik Mudah Merawat Dinamo Starter Mobil dan Motor

Sebelum mengetahui cara memperbaiki ISC mobil, Anda harus memahami faktor penyebabnya. Kondisi tersebut terjadi akibat banyaknya udara yang masuk ke dalam mesinnya hingga membuat rpm kendaraan terus mengalami peningkatan. 

Sedangkan suplai udara yang sedikit membuat rpm mesinnya menjadi turun. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan jika mesinnya mendapatkan suplai udara yang cukup agar mesin bekerja optimal.

Gejala yang muncul ketika ISC kendaraan mengalami kerusakan adalah MIL (Malfunction Indicator Lamp) tampak berkedip dengan durasi yang tidak normal. 

Kondisi ini juga disertai dengan munculnya kode DCT ketika hendak melakukan scanning. Namun tidak perlu panik, karena ISC yang rusak masih bisa diperbaiki kembali.

1. Periksa Wiring Harness ISC Valve

Cara memperbaiki ISC mobil rusak pertama yaitu memeriksa bagian wiring harness ISC valve, guna mengetahui kondisi rangkaian pada idle speed control valve. Jika ditemukan rangkaian terputus (open circuit) atau konsleting (short circuit), wajar saja jika komponen kendaraan satu ini tidak dapat bekerja optimal. 

Langkah pemeriksaan wiring harnes ISC valve cukup mudah, karena Anda hanya perlu melepas konektor kabel pada wiring ISC dan dilanjutkan melepas konektor pada electronic control module E8. Selanjutnya Anda harus memeriksa keadaan open, serta melakukan pemeriksaan keadaan short sesuai standar ketahanan. 

Baca juga: Mengenal Fungsi V Belt Beserta Cara Perawatannya

2. Periksa ISC Valve Secara Visual

Belum selesai sampai di sana, pasalnya Anda juga harus melakukan pemeriksaan ISC valve secara visual untuk mengetahui kondisi mesinnya. Pertama tama, silahkan periksa kondisi seal apakah ditemukan kerusakan atau tidak. 

Jika tidak ditemukan adanya kerusakan, silahkan periksa kondisi pintle karena komponen satu ini menjadi faktor utama kebocoran udara. 

3. Cek Bagian Pintle

Pemeriksaan kemudian dilanjutkan dengan memeriksa kinerja pintle apakah berfungsi optimal atau justru ditemukan masalah. Namun, pastikan untuk memeriksanya dengan teliti agar tidak ada satupun bagian yang terlewatkan. 

Merawat kendaraan yang dimiliki sudah menjadi tugas sang pemilik kendaraan. Ketika mendapati beberapa gejala kerusakan pada ISC, tentu saja kendaraan harus segera diperiksa agar mendapatkan penanganan. 

Baca juga: Tips Merawat Kopling Mobil Supaya Awet


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kenali Beberapa Penyebab Rem Cakram Mobil Bunyi Saat Dioperasikan

2020-12-22

Rem cakram mobil bunyi adalah salah satu masalah yang bikin rem tidak berfungsi secara seharusnya. Bila dibiarkan saja, masalah itu bisa mengganggu Sahabat saat sedang m

thumbnail

Cara Kerja Karburator Mobil

2020-12-16

Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya

thumbnail

Punya Daya Tahan Tinggi, Ini 5 Fungsi Utama Silinder Head

2021-01-07

Setiap komponen yang ada pada mesin memiliki peran penting bagi kinerjanya, termasuk kepala silinder. Penamaan head cylinder sendiri disesuaikan dengan pos

thumbnail

Hand Grip (Pegangan Tangan di Mobil). Inilah Fungsinya!

2023-01-10

Bagi Anda pemilik mobil dengan jenis Spo