Logo Daihatsu
Menu

Begini Cara Mengukur Tekanan Ban Mobil yang Bisa Sahabat Terapkan

Otomotif

2020-11-21

tekanan ban mobil

Tekanan ban mobil adalah salah satu hal yang lazim diabaikan pemilik mobil. Padahal, hal tersebut sangat krusial bagi laju sebuah mobil. Tekanan ban mobil akan mempengaruhi kenyamanan pengemudi saat berkendara.

Semakin pas sebuah tekanan ban mobil, maka semakin nyaman pengendara dalam mengemudikan mobil. Bila tekanan ban mobil kurang atau berlebih, maka mobil akan kurang nyaman dan stabil saat dikendarai.

Setiap jenis mobil punya ukuran tekanan bannya tersendiri. Mobil SUV misalnya. Jenis mobil ini punya tekanan ban mobil ideal sekitar 35 sampai 40 Psi. Selain SUV, berikut beberapa jenis mobil lainnya, beserta ukuran tekanan ban mobilnya:

  1. Mobil MPV : 30 -33 Psi.
  2. Mobil Sedan : 28 - 31 Psi.
  3. Mobil City Car : 29 - 32 Psi.

Cara Mengukur Tekanan Ban Mobil

Sahabat harus bisa mengukur sendiri tekanan ban mobil Sahabat. Kendati Sahabat sudah tahu berapa ukuran ideal tekanan ban tiap jenis mobil. Mengukur tekanan ban sendiri bisa bikin Sahabat memastikan apakah tekanan bannya pas, kurang ataupun lebih.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengukur tekanan ban mobil. Cara-cara itu adalah:

Menggunakan Alat Khusus Pengukur Tekanan Ban Mobil

Kini, sudah tersedia beragam alat khusus pengukur tekanan ban mobil. Saat ini, alat pengukur tekanan ban mobil sudah tersedia dalam dua jenis, yakni analog dan digital.

Alat pengukur ban analog punya ciri khas berupa bentuknya yang silinder, penunjuk jam, serta lingkar jarum jam yang dilengkapi satuan tekanan ban. Alat pengukur ban digital juga punya ciri khas serupa. Bedanya, alat pengukur ban digital punya fitur tambahan, yaitu perhitungan angka numerik yang mampu menampilkan ukuran hingga titik koma.

Ada beberapa langkah khusus yang bisa Sahabat lakukan, bila mengukur tekanan ban dengan alat pengukur. Terlepas apakah alat yang dipakai manual ataupun otomatis. Langkah-langkah itu adalah:

  1. Buka tutup pentil ban, lalu arahkan ujung alat ke ujung pentil ban mobil. Pastikan keduanya terpasang dengan tepat dan kuat, agar angin dalam ban tidak keluar secara sia-sia.
  2. Alat pengukur tekanan ban mobil akan secara otomatis mengeluarkan berapa ukuran tekanan ban mobil Sahabat. 
  3. Jika ukurannya ternyata lebih, Sahabat harus mengurangi angin dalam ban, hingga tekanan bannya pas. Bila ukurannya kurang, segera tambahkan angin ke dalam ban mobil.
  4. Disarankan untuk melakukan pengukuran saat ban mobil dalam keadaan dingin. Pasalnya, ukuran ban seringkali akan mengembang saat dalam keadaan panas. Hal itu tentu akan mengurangi tingkat akurasi pengukuran pada tekanan ban.
  5. Jika terpaksa melakukan pengukuran saat ban tengah panas, maka Sahabat bisa menambahkan angin pada ban sebanyak 1 Psi.

Menggunakan Indra Penglihatan

Jika Sahabat tak punya alat pengukur, Sahabat bisa menggunakan indra penglihatan Sahabat sebagai andalan. Adapun langkah untuk melakukannya adalah:

  1. Perhatikanlah bentuk ban mobil Sahabat. Jika sekiranya kembung, berarti tekanan ban mobil Sahabat tengah berlebih. Bila terlihat kurus, berarti tekanan bannya mesti ditambah. Langkah ini harus dilakukan saat kondisi tengah terang benderang.
  2. Jika dirasa kurang cukup, Sahabat bisa memukul ban mobil dengan kaki, palu, ataupun kayu balok. Jika ban berbunyi sangat keras dan memantulkan pukulan Sahabat, maka tekanan ban tersebut sudah berlebih. Bila ban berbunyi sangat lirih dan tidak menimbulkan pantulan, maka tekanan ban itu harus segera ditambahkan.

Tekanan ban mobil adalah salah satu hal yang lazim diabaikan pemilik mobil. Padahal, hal tersebut sangat krusial bagi laju sebuah mobil. Tekanan ban mobil akan mempengaruhi kenyamanan pengemudi saat berkendara. Untuk itulah, penting untuk mengetahui berapa ukuran standar tekanan pada suatu ban mobil.

Selain harus mengetahui ukuran standar tekanan ban, Sahabat juga harus tahu bagaimana cara mengukur tekanan ban itu sendiri. Untuk melakukannya, Sahabat tinggal mengikuti cara-cara yang telah kami sampaikan di atas.

Baca juga: Merk Ban Mobil Terbaik

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Membuat Garasi Mobil

2021-02-22

Garasi mobil merupakan tempat yang wajib Sahabat siapkan sebelum Sahabat membeli mobil. Jangan sampai memakan jalan umum untuk menempatkan mobil Sahabat. Hal ini akan me

thumbnail

Bahaya Memakai Selang Rem Braided Murahan

2022-05-13

Banyak yang memilih untuk memakai selang rem braided

thumbnail

Pilihan Oli Gardan Terbaik untuk Mobil Kesayangan

2020-12-22

Oli gardan merupakan salah satu komponen yang mengatur kecepatan roda saat berbelok. Fungsinya sebagai pelumas pada permukaan kontak gigi gardan dan transmisi agar tetap

thumbnail

Ini Rahasia Mengapa Transmisi CVT Lebih Irit Bahan Bakar

2022-04-23

Semua jenis kendaraan sudah seharusnya memiliki sistem transmisi. Sistem transmisi ini berfungsi untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan pada mesin dan diteruskan menuju