Logo Daihatsu
Menu

Begini Tips Memilih Oli Mobil Matic Terbaik

Otomotif

2020-12-04

oli matic terbaik

Pelumas mesin atau oli sangat dibutuhkan oleh semua jenis mobil, baik matic maupun manual. Tanpa adanya pelumas, mesin akan mengalami gesekan, yang memungkinkan terjadinya kebakaran. 

Namun, perlu Anda tahu, oli yang digunakan untuk mobil matic tentunya akan berbeda dengan manual. Berikut tips memilih oli matic terbaik yang harus Anda tahu.

1. Pilih Oli Sesuai Dengan Tipe Transmisi Atau Model Mesin

Jenis pelumas mesin yang beredar di pasaran memang sangat banyak, sehingga wajar jika Anda kebingungan untuk memilih oli yang terbaik. Meskipun begitu, disarankan untuk menggunakan oli sesuai dengan tipe transmisi atau model mesin mobil. 

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli, kenali terlebih dahulu model mesin mobil Anda. Perlu Anda tahu, berdasarkan tipe transmisinya terdapat tiga jenis pelumas untuk mobil matic, yaitu oli transmisi CVT, dual clutch, dan oli matic konvensional. 

Apabila mobil matic Anda membawakan transmisi CVT, sangat disarankan untuk menggunakan oli CVT Fluid maupun CVT. Dalam hal ini, usahakan untuk memilih merk yang berkualitas, agar mesin tetap terjaga.

Jika mobil Anda mengusung transmisi dual clutch, maka seharusnya Anda menggunakan oli matic dual clutch. Oli matic terbaik ini adalah memiliki performa yang hAndal, bahkan mempunyai akselerasi lebih cepat. 

Sedangkan, bagi Anda yang mempunyai mobil matic bertransmisi konvensional, dapat menggunakan oli Dextron III, Mercon, ATF Z1, dan sebagainya.

Baca juga: Bahaya Jika Telat Ganti Oli Mobil

2. Pilih Oli Sesuai Dengan Bahan Dan Kebutuhan Mobil

Disamping menyesuaikan dengan jenis transmisi dalam memilih pelumas mesin, juga harus berdasarkan bahan dan kebutuhan mobil. Penting untuk diketahui, berdasarkan bahannya oli dibedakan menjadi tiga, yakni oli mineral, semi sintetik, dan full sintetik. Untuk oli mineral, sangat cocok digunakan pada kendaraan yang mempunyai mobilitas rendah.

Namun, apabila menginginkan kendaraan Anda mampu berlari kencang, sangat disarankan menggunakan oli semi sintetik. Jenis pelumas tersebut merupakan campuran dari oli mineral dengan sintetik. 

Sedangkan oli full sintetik, sangat baik untuk digunakan dalam menjaga kualitas mesin agar lebih awet. Pilihan oli matic terbaik, bisa Anda sesuaikan dengan bahan dan kebutuhan.

Baca juga: Ini 5 Tanda Yang Bisa Jadi Patokan Untuk Ganti Oli

3. Sesuaikan Kekentalan Oli Dengan Medan Perjalanan

Tingkat kekentalan pelumas juga penting untuk dipertimbangkan dalam memilih oli. Untuk memilih oli yang tepat, maka sesuaikan tingkat kekentalan dengan medan perjalanan. 

Biasanya, pada setiap kemasan telah tercantum kadar kekentalannya, misalnya saja 0W-20 atau 5W-30. Perlu diketahui, untuk angka yang terletak sebelum W, menunjukkan kekentalan dan temperatur.

Semakin rendah angka yang tertera di dekat huruf W, menunjukkan bahwa pelumas dapat berfungsi meskipun di wilayah bersuhu rendah. Sementara dua angka yang terletak di  belakang penghubung, menyatakan tingkat kekentalan oli di temperature tinggi.

Semakin tinggi angka yang tercantum, menunjukkan jika oli matic terbaik sangat cocok digunakan pada daerah bersuhu panas. 

Itulah beberapa tips memilih oli terbaik untuk mobil matic. Banyak sekali pilihan jenis oli yang beredar di pasaran. Untuk performa mesin yang lebih baik, maka Anda disarankan memilih oli yang berkualitas. 

Baca juga: Rekomendasi Oli Mobil Berdasarkan Jenisnya


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini 3 Deretan Mobil dengan Harga Termurah Di Dunia

2021-01-06

Ada berbagai macam pabrikan mobil di dunia yang menyediakan mobil dengan rentan harga yang terjangkau berkisar 50 jutaan. Untuk informasi lebih detailnya, simak daftar m

thumbnail

Bagaimana Jika Pajak Mobil Mewah Dihapus?

2021-01-02

Pada tahun 2019, mulai terdengar desas-desus mengenai pajak mobil mewah dihapus oleh pemerintah Republik Indonesia. Aturan baru terkait Pajak Penjualan Barang Mewah atau

thumbnail

Apa itu Knuckle Arm Mobil? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

2023-06-30

Bicara mengenai komponen yang terdapat dalam

thumbnail

5 Pilihan Aksesoris Mobil untuk Daihatsu Xenia, Nyetir Jadi Lebih Nyaman!

2020-12-15

Aksesoris mobil merupakan suatu benda yang ditambahkan pada mobil yang sifatnya fungsional. Ada yang mampu menambah tampilan agar lebih menarik, sebagian juga berfungsi