Logo Daihatsu
Menu

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Memanaskan Mesin Mobil?

Otomotif

2022-05-20

Waktu Memanaskan Mesin

Apakah Anda memiliki kebiasaan memanaskan mobil sebelum digunakan? Kebiasaan seperti ternyata tidak semua orang melakukannya. Padahal kebiasaan memanaskan mobil sebelum digunakan memiliki dampak yang baik bagi mobil.

Kebiasaan ini dilakukan untuk mempersiapkan mobil secara sempurna sebelum digunakan. Hal ini juga bisa membuat performa mobil tetap terjaga dengan baik. Namun yang perlu Anda ketahui adalah durasi waktu memanaskan mesin mobil yang tepat.

Waktu Memanaskan Mesin Mobil yang Tepat

Memanaskan mobil sebelum digunakan akan membuat sirkulasi pelumas yang ada di ruang mesin menjadi lebih sempurna untuk menjangkau sudut mesin. Pelumasan yang dilakukan secara sempurna akan berdampak bagus untuk komponen mesin mobil Anda. Tentunya hal ini berlaku  jika Anda memanaskan mobil dengan durasi waktu yang tepat.

Sebagian masyarakat beranggapan bahwa semakin lama waktu memanaskan mesin mobil membuat performanya semakin bagus. Namun ternyata hal ini tidaklah benar. Justru semakin lama Anda memanaskan mobil bisa membuat bensin terbuang sia-sia. Selain itu juga emisi gas buang dari mobil yang terlalu banyak bisa berbahaya untuk kesehatan.

Waktu yang tepat untuk memanaskan mobil adalah sekitar 10 hingga 15 menit saja. durasi waktu tersebut berlaku untuk jenis mobil biasa. Sedangkan untuk jenis mobil dengan teknologi injeksi hanya membutuhkan waktu 30 detik hingga 1 menit untuk memanaskan mesinnya. Jika terlalu lama memanaskan mesin, maka bensin akan terbuang sia-sia.

Anda perlu tahu bahwa memanaskan waktu dengan durasi waktu hanya 5 menit sudah bisa membuat performa mobil terjaga dengan baik dan bisa langsung digunakan. Untuk memanaskan mobil juga hanya sampai kondisi mesin idle, putarannya akan cenderung turun dan stabil dari pada saat mobil pertama kami dinyalakan dalam keadaan dingin.

Hanya membutuhkan durasi waktu 5 menit sudah bisa membuat komponen mesin dapat terlumasi oli dengan baik. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir oli tidak bisa tersirkulasi dengan baik. Apabila Anda membuat menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan,  sudah pastinya kualitasnya akan bagus.

Umumnya pelumas oli akan tetap menempel pada komponen mesin walaupun kondisi mesin mati. Setelah itu Anda memanaskan mobil hingga posisi idle sudah cukup untuk memberikan tenaga listrik alternatornya. Bahkan daya aki mobil juga sudah terisi ulang dan bisa mencegah gejala soak.

Anda bisa mengetahui kapan mesin mobil sudah siap jalan atau belum. Biasanya ada bagian dasbor terdapat indikator temperatur mesin. Jika sudah siap jalan, maka jarumnya akan menuju posisi tengah. Pada awalnya memiliki warna biru, nantinya akan berganti menjadi warna merah. Kondisi seperti ini berarti mobil Anda siap untuk digunakan menempuh perjalanan.

Memanaskan mobil sebelum digunakan memang memiliki peran yang penting. Yaitu untuk membantu oli mencapai celah mesin untuk melakukan pelumasan, selain itu juga dapat mengurangi potensi adanya kebocoran pada kompresi. Untuk itu jangan lupa selalu memanaskan mobil sebelum Anda gunakan.

Tentunya durasi waktu memanaskan mesin mobil yang dibutuhkan haruslah tepat sekitar 10 hingga 15 menit saja. Jangan sampai terlalu singkat ataupun terlalu lama. durasi waktu memanaskan mesin ini haruslah dilakukan secara konsisten agar performa mobil Anda tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, selalu periksa semua komponen mobil Anda sebelum digunakan menempuh perjalanan agar mobil tetap terasa aman dan nyaman. Dapatkan juga informasi bermanfaat mengenai perawatan mobil hanya di laman ini.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Aman Mengganti Kaca Film Bagian Defogger

2022-01-20

Kaca film pada mobil penting untuk menghindari paparan panas matahari dan silau cahayanya. Cara ganti kaca film bagian defogger harus berhati-hati agar tidak rusak.

thumbnail

Daftar Merk Alarm Mobil Rekomendasi Terbaik

2020-12-04

Berbicara mengenai mobil tentu tidak cukup hanya membahas mengenai mesin yang bertenaga dan juga dapat melaju di segala medan jalanan. Membahas mengenai mobil tentunya h

thumbnail

Velg Mobil Penyok, Lebih Baik Diperbaiki atau Beli Baru?

2021-03-02

Saat mobil sedang melaju kencang dan tidak sengaja menghantam lubang, ada resiko velg mobil jadi rusak. Entah itu peyang, retak, atau pecah. Jadi, sebenarnya mana yang l

thumbnail

Apakah Aman Menaruh APAR di Mobil?

2021-04-14

APAR atau kepanjangan dari Alat Pemadam Api Ringan adalah peralatan wajib yang dijumpai di gedung-gedung untuk menanggulangi terjadinya kebakaran ringan sebelum api mere